Berita

Kabar Terbaru Seputar Pandemi Virus Corona di Indonesia Per 13 April 2020

Wabah virus corona di Indonesia makin meluas. Tercatat angka masyarakat yang terinfeksi bertambah.

Seperti yang diperbaharui Kementerian Kesehatan lewat situs Covid19.go.id pada Senin, (13/4), terdapat 4557 kasus positif Covid-19 dengan total kematian mencapai 399 kasus.

Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus positif terbanyak. Disusul dengan Jawab Barat, Jawa Timur, Banten dan 30 provinsi lainnya di Indonesia.

Kabar baiknya, ada peningkatan 21 pasien yang sembuh dari Covid-19 menjadi total 380. Selain itu, ada beberapa hal positif selama seminggu terakhir, seputar virus Corona yang bisa kamu pantau di bawah ini.

DKI Jakarta Mulai PSBB

Sebagai kawasan yang berstatus zona merah, Pemerintah DKI Jakarta mendapatkan izin dari Pemerintah Pusat untuk menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aturan ini sudah diberlakukan mulai Jumat, (10/4) lalu hingga dua minggu ke depan.

PSBB sendiri ditujukan untuk memutus laju penularan virus Corona yang semakin meluas. PSBB ini sendiri mengatur semua yang terkait dengan kegiatan di kota Jakarta, baik kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, dan pendidikan.

Selain Jakarta, beberapa kota di Jabodetabek, seperti Bekasi, Depok dan Bogor akan memberlakukan aturan yang serupa di minggu ini.

Donasi Hydroxychloroquine dan Chloroquine

Sebagai salah satu obat untuk membantu penyembuhan pasien yang terinfeksi Covid-19, Hydroxychloroquine dan Chloroquine sangat sulit ditemukan. Bahkan, para tenaga medis kesulitan untuk dapat menghadirkannya di rumah sakit.

Kabar baiknya, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, Dexa Medica memberikan bantuan obat-obatan Hydroxychloroquine, Azithromycin dan Chloroquine kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, RS Rujukan, dan RS Pemerintah untuk kebutuhan pengobatan pasien COVID-19 di Indonesia.

Saat ini sebanyak 100.000 tablet obat Hydroxychloroquine 200 mg pada tahap pertama, telah siap disalurkan untuk kebutuhan hingga 5.000 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Rumah Sakit Pemerintah yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia. Dexa Medica juga akan mendonasikan sekitar 240.000 tablet Chloroquine 250 mg atau setara untuk kebutuhan 12.000 pasien COVID-19.

Selandia Baru Kalahkan Virus Corona

Selain China dan Korea Selatan, ada satu negara yang sukses keluar dari jeratan Covid-19, yaitu Selandia Baru. Negara yang memiliki lima juta penduduk ini sukses menekan angka infeksi. Dengan total kasus 1,064 dengan lima kematian, Selandia Baru hanya mencatatkan peningkatan 15 kasus infeksi dari awal April.

Sukses ini nggak terlepas dari kebijakan pemerintan, di bawah arahan Perdana Menteri Jacinda Ardern yang memberlakukan lockdown sejak akhir Maret dan imbauan social distancing di minggu keempat bulan Maret.

Meski belum akan diakhiri dalam waktu dekat, sebagian besar penduduk Selandia Baru setuju untuk memperpanjang masa lockdown ke depannya.

Tes PCR Diperbanyak

Dalam situasi yang pelik seperti sekarang, deteksi lebih dalam soal Covid-19 sangat diperlukan. Oleh karena itu, tes polymerase chain reaction (PCR) jauh lebih efektif ketimbang rapid tes.

Per Kamis (9/4/2020), pemerintah menyebut bahwa telah dilakukan tes polymerase chain reaction (PCR) pada lebih dari 16.500 spesimen. Ke depannya, tes PCR akan diperbanyak, hingga 10 ribu per hari seperti yang diarahkan oleh Presiden Jokowi.

Kamu rindu traveling? Jangan khawatir. Untuk sekarang, kamu di rumah dulu ya! Nanti kita bisa Pegipegi lagi, kok. Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi buat traveling nanti!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top