Kuliner

Jika Susu Kental Manis Hilang, 7 Kuliner ini Terancam Cita Rasanya!

Susu kental manis sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas. Produk minuman yang cukup merakyat ini dianggap bukan pengganti dari susu murni.

Adalah temuan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang memancing kehebohan tersebut. Lewat surat edaran, BPOM melarang produsen, importir, dan distributor menggunakan visualisasi susu cair atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman pada label.

Kementerian Kesehatan pun telah mengeluarkan susu kental manis dari dalam kategori produk susu bernutrisi. Kandungan lemak susu yang sangat minim serta gula yang cukup tinggi, hingga 45 persen menjadi faktor yang menginisiasi langkah dari pemerintah.

Kecaman dari berbagai banyak pihak perihal susu kental manis pun disuarakan. Bahkan, ada yang meminta produksi susu kental manis disetop alias dibekukan!

Isu susu kental manis ini pun menjadi sinyal bahaya bagi banyak pedagang makanan di Indonesia. Berbagai kuliner lezat dan nikmat bakal terancam cita rasanya jika produksi susu kental manis tiba-tiba dibekukan.

Nah, kira-kira kuliner apa saja sih yang terancam cita rasanya? Pegipegi sudah punya daftarnya, nih. Simak, yuk!

1. Martabak Manis

Kudapan lezat ini nggak bakal pernah ditolak kehadirannya. Apapun topping-nya, martabak manis selalu dapat tempat dihati masyarakat Indonesia. Susu kental manis pun memegang peran penting dalam penyajian martabak manis. Disiram sebagai pelengkap topping, susu kental manis menguatkan rasa legit dan padat pada permukaan martabak. Jadi, tanpa susu kental manis, rasa martabak manis bakal berubah drastis.

2. Es Teler

Tiap kali dessert ini disebut, bawaannya pasti kepingin banget! Yap, sebagai sajian yang akrab di lidah masyarakat Indonesia, es teler sangat kaya akan buah-buahan serta kuah yang manis banget! Nah, rasa manis pada es buah ini datang dari susu kental manis. Disiram di atas serutan es, susu kental manis menghadirkan cita rasa padat dan pekat di tiap sajian es teler. Dessert yang satu ini pun jadi salah satu kuliner yang terancam jika susu kental manis disetop produksinya.

3. Roti Bakar

Penikmat roti bakar patut waspada. Jika susu kental manis dibekukan, maka cita rasa roti bakar sudah pasti berubah. Hadir sebagai pelengkap, susu kental manis disiram di atas roti bakar dan taburan kejunya. Susu kental manis pada roti bakar pun sangat cocok dengan topping apapun sebenarnya. Mulai dari cokelat, pisang bakar, hingga kornet, makin nikmat dengan susu kental manis, lho!

4. Puding Susu

Puding susu adalah dessert yang cukup dicintai masyarakat Indonesia. Biasanya disajikan usai makan malam maupun makan siang. Rasanya yang manis dan lembut menjadikan puding susu penutup yang sempurna. Peran susu kental manis pun terasa vital banget pada puding susu. Dicampur pada adonan utamanya, susu kental manis juga kerap disiram sebagai toppingnya. Wah, lezat ya!

5. Jasuke

Siapa sih yang nggak doyan jasuka. Camilan yang memadukan jagung, susu, dan keju ini adalah penyelamat saat perut keroncongan, lho. Disajikan hangat, jasuke makin nikmat disantap dengan minuman santai seperti jus, smothie dan lain-lain. Nah, agar rasa manisnya terasa, jasuke menggunakan campuran susu kental manis di dalam adonannya. Biar manisnya makin menggigiit!

6. Teh Tarik

Minuman khas Malaysia ini sangat digandrungi masyarakat Indonesia. Hadir dengan berbagai varian, teh tarik sangat nikmat disajikan dingin maupun hangat. Nah, susu kental manis pun menjadi campuran yang vital di dalam teh tarik, lho. Bahkan, susu kental manis adalah komponen pertama yang masuk sebelum susu cari dan gula pasir pada saat proses pembuatannya. Selain menjadi pemanis, susu kental manis pada teh tarik juga berguna sebagai pemacing aroma yang menarik.

7. Es Kepal Cokelat

Hidangan terakhir yang bakal terancam eksistensinya adalah es kepal cokelat. Dessert yang lebih dikenal dengan nama Es Kepal Milo ini tengah diburu para netizen lantaran menggiurkan. Bisa kamu bayangkan, dalam satu porsi Es Kepal Milo, kamu dapat mencicipi manisnya cokelat yang dibalut dengan es serut. Selain itu, topping Es Kepal Milo mulai dari meses, kacang hingga bubuk green tea siap membuat lidah bergoyang. Nah, susu kental manis adalah salah satu komponen utama dari sajian es kepal cokelat ini. Nggak cuma untuk pemanis, tetapi juga aromanya.

Sudah tahu kulinernya? Daripada pusing, mending liburan! Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top