Tips

Jika Paspor Hilang, Jangan Panik! Lakukan Langkah-langkah Berikut Ini!

Siapa sih yang mau kehilangan paspor? Pastinya, kita selalu menyimpan paspor di tempat yang aman, apalagi saat berkunjung ke luar negeri! Tapi, jika sampai hal itu terjadi, jangan panik, travelers! Tetaplah tenang dan lakukan langkah-langkah berikut ini.

Jika kehilangan paspor di Indonesia

paspor hilang

www.traveldocs.com

Jika kamu kehilang paspor di Indonesia, kamu bisa mengajukan permohonan pembuatan paspor baru. Tapi, prosedurnya lebih panjang karena harus melalui proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terlebih dahulu. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah:

1. Lapor ke pihak kepolisian. Segara lapor ke kantor polisi terdekat. Kalau bisa, mintalah pihak kepolisian untuk membuatkan dua salinan asli dari surat keterangan kehilangan tersebut.

2. Laporkan kehilangan paspor ke kedubes pemberi visa. Laporkan juga kehilangan paspor yang kamu alami tersebut ke kedutaan besar negara-negara yang pernah memberikan visa kepada kamu.

3. Datangi kantor imigrasi untuk meminta jadwal pembuatan BAP. Jangan lupa membawa berkas asli berikut ini beserta fotokopiannya.

  • KTP
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran/ijazah/buku nikah
  • Fotokopi paspor yang hilang jika ada
  • Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian

4. Ambil nomor antrean di kantor imigrasi. Ambil nomor antrean seperti pembuatan paspor baru. Setelah dipanggil ke loket, semua berkas diserahkan kepada petugas untuk melakukan permohonan BAP. Kemudian petugas akan memberitahu kamu kapan harus datang kembali ke kantor imigrasi tersebut untuk menghadap ke pejabat Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) dan membuat BAP. Biasanya, kamu akan diminta datang tiga hari kemudian.

5. Datangi Kembali Kantor Imigrasi untuk Proses BAP. Pada hari yang telah ditentukan, datanglah kembali ke kantor imigrasi tempat kamu mengurus paspor yang hilang. Di sana kamu akan melakukan proses wawancara dengan pejabat Wasdakim. Kamu akan ditanya kenapa paspor bisa hilang atau rusak. Jika alasan yang kamu kemukakan diterima, kamu akan mendapatkan dokumen BAP untuk dibawa ke kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM.

6. Datangi Kanwil Kementrian Hukum dan HAM. Selanjutnya, dokumen BAP serta berkas lainnya harus kamu bawa ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM. Di sana, berkas kamu akan diproses dan jika disetujui, kamu akan diberikan surat persetujuan untuk penggantian paspor hilang kepada kantor imigrasi.

7. Datangi Kembali Kantor Imigrasi untuk Pembuatan Paspor Baru. Dengan membawa surat persetujuan dari Kanwil dan berkas kelengkapan lainnya, Anda kembali ke Wasdakim Kantor Imigrasi. Biasanya Anda akan diberikan slip untuk pembayaran denda dan pembuatan paspor baru. Besarnya denda sekitar Rp 300.000*, sementara biaya pembuatan paspor baru saat ini Rp 355.000*. Pembayaran biaya denda dan pembuatan paspor baru dilakukan melalui Bank BNI. Setelah menyelesaikan pembayaran biaya denda dan biaya pembuatan paspor baru di Bank BNI, Anda kembali ke Kantor Imigrasi untuk mengambil nomor antrean foto dan wawancara untuk pembuatan paspor baru.

Jika kehilangan paspor di luar negeri

paspor hilang2

http://www.oncallinternational.com/

Meskipun sudah dijaga dengan baik, paspor bisa aja hilang di luar negeri saat traveling. Bisa aja kamu meninggalkan tas yang berisi paspor di suatu tempat atau mengalami pencurian. Yang bisa kamu lakukan jika kehilangan paspor di luar negeri adalah:

1. Laporkan kehilangan ke pihak kepolisian setempat. Lalu, laporkan paspor kamu yang hilang. Pihak kepolisian akan memberikan kamu formulir yang harus diisi dan dilengkapi dengan data diri. Kamu juga akan diminta menuliskan kronologi kejadian hilangnya paspor secara jelas.

2. Hubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)/Konsulat Jenderal RI. Selesai urusan dengan pihak kepolisian, selanjutnya kamu perlu menghubungi pihak KBRI untuk melaporkan paspor yang hilang. Sebaiknya kamu menghubungi pihak Kedubes RI melalui telepon saat kamu masih berada di kantor polisi karena jika ada kesulitan, kamu bisa langsung meminta bantuan kepada pihak kepolisian. Setelah itu, kamu harus mendatangi kantor KBRI. Tanyakan alamatnya terlebih dahulu, jika kamu nggak tahu tempatnya.

3. Di kantor KBRI, kamu akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). SPLP berfungsi sebagai paspor sementara untuk menggantikan paspor kamu yang hilang. Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi agar bisa mendapatkan SPLP tersebut. Kelengkapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SPLP sesuai aturan KBRI adalah:

    • Kartu identitas dari Indonesia, yaitu:
      – KTP
      – Akta kelahiran/Buku Nikah
      – Kartu Keluarga
    • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat
    • Salinan atau fotokopi paspor jika ada
    • Formulir permohonan SPLP yang telah diisi lengkap dan ditandatangani
    • Pasfoto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna terang
    • Membayar biaya pembuatan SPLP.

Biaya pembuatan SPLP bervariasi, namun di beberapa negara ditetapkan sebesar US $5 atau sekitar Rp 55.000*. Seluruh kelengkapan tersebut harus kamu bawa ke KBRI setempat untuk pengajuan SPLP. Lama prosesnya tergantung pada KBRI di masing-masing negara, bisa hanya satu hari namun juga bisa sampai beberapa minggu. Proses penerbitan SPLP bisa memakan waktu yang lama jika pemohon tidak dapat menunjukkan kartu identitas dan status kewarganegaraan.

4. Segera urus pembuatan paspor baru begitu kembali ke Indonesia. Setelah menyelesaikan seluruh proses di atas, SPLP sudah berada di tangan kamu. Tapi, begitu kamu kembali ke Indonesia, jangan lupa untuk segera mengurus pembuatan paspor baru.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Kalau sudah tahu langkah-langkah di atas, pastinya kamu nggak perlu khawatir dan tetap semangat untuk traveling. Yuk, rencanakan traveling kamu selanjutnya dengan pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di pegipegi.com! Selamat traveling!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 2,857 times, 1 visits today)

Comments

To Top