Tips

Jika Kamu Kehabisan Uang Saat Travelling, Ini Dia 8 Tips Selamatnya

Travelling sangatlah mengasyikkan kalau finansial kita terjamin. Selain nggak perlu khawatir nggak bisa pulang karena tiket, keperluan kita buat jajan hingga penginapan bisa terpenuhi.

Nah, bagaimana kalau kondisinya kamu kehabisan atau paling apes kehilangan uang? Mimpi buruk semua travelers, kayaknya! Ibarat mendaki puncak Himalaya, kamu nggak bawa persediaan oksigen cukup, deh.

Tapi jangan panik dulu, deh karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Yang penting, kamu harus bisa jaga sikap di lokasi wisata dulu baru memikirkan bagaimana bisa dapatkan uang dengan cepat.

Nah, Pegipegi punya beberapa tips selamat buat kamu jika sedang kehabisan uang saat travelling. Yuk, simak!

1. Hubungi Keluarga

Foto: dailymail

Ini jadi alasan mengapa kamu harus kasih tahu keluarga soal perjalanan travelling kamu. Kamu tinggal hubungi mereka untuk minta transfer uang secukupnya, minimal buat balik deh. Kalau di luar negeri, maksimal kamu harus menunggu sehari untuk mendapatkan uang yang dikirim dengan wesel.

2. Pinjam Masyarakat Sekitar

Foto: friskanotes

Perlu keberanian sih tapi manusia kalau sudah terdesak pasti nekat. Kamu bisa minta tolong masyarakat sekitar buat meminjamkan kamu sepeser uang untuk minimal balik ke rumah. Ingat, kamu juga harus lihat situasi dan mengenal sedikit budaya masyarakat di sana. Komunikasikan urgensi yang kamu hadapi dengan bahasa yang sopan. Sebagai jaminan, kamu bisa tinggali beberapa barang berharga kamu atau fotokopi kartu identitas.

3. Jual Barang Bawaan

Foto: meininger-hotels

Dalam keadaan darurat seperti ini, nggak ada cara yang lebih bijak selain menjual beberapa barang bawaan kamu. Bingung mau jual kemana? Coba komunikasikan dengan pegawai di hotel kamu menginap. Biasanya, kamu bisa menjual beberapa barang bawaan seperti baju, celana hingga handphone di pasar tradisional. Nggak usah berekspektasi tinggi dengan jumlah uangnya, yang penting bisa jadi modal pulang.

4. Royalti Fotografi

Foto: http://epicureandculture.com/

Jika kamu masih bisa bertahan dan suka banget fotografi, cara ini tepat, deh! Kamu bisa jual beberapa foto hasil jepretan kamu tentang lokasi wisata yang kamu kunjungi ke beberapa situs foto seperti Thinkstock, Getty Images, Shutterpoint. Dengan meng-upload foto ke situs tersebut, kamu akan mendapatkan royalti yang lumayan. Tapi perlu diingat, seleksi fotonya ya karena nggak semua foto bisa dijual.

5. Kerja Part Time

Foto: wisebread

Cara ini ampuh banget dipraktikan di luar negeri sih. Jika kamu kehabisan uang dan nggak punya koneksi keluarga tapi malu pinjam uang ke warga, part time saja! Kafe, restoran, hotel kamu menginap hingga toko kelontong bisa kamu mintai kesediaannya merekrut kamu buat kerja part time. Terserah mau ngepel, cucu piring, semampu kamu saja.

6. Jadi Musisi Dadakan

Foto: thejournal

Punya suara bagus? Bisa main instrumen? Bisa kali jadi musisi dadakan alias mengamen. Seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang Irlandia, mengamen bisa menghasilkan uang yang cukup buat makan sehari, deh. Biar nggak kena masalah, kamu bisa dekati beberapa komunitas musik atau pengamen di sekitar lokasi wisata. Hitung-hitung cari pengalaman dan kenalan.

7. Mendonorkan Darah

Foto: cbsnews

Kamu harus memiliki fisik yang sehat buat melakukan cara ini. Yap, banyak rumah sakit di dunia ini membutuhkan darah untuk didonorkan. Nah, kamu bisa mendonorkan darah kamu ke rumah sakit. Namun biasanya mereka akan membeli darah kamu dan sebagai imbalannya mereka akan bayar, walaupun nggak banyak sih. Cari uang sambil menolong sesama, deh!

8. Polisi/Kedutaan/Badan Keamanan

Foto: tipskiatberbagi

Opsi ini bisa dibilang yang terakhir kalau cara-cara di atas gagal menghasilkan uang. Kamu bisa datang ke kantor polisi, kedutaan hingga badan keamanan setempat untuk membuat laporan tentang kehilangan atau kehabisan uang. Meski akan memakan proses yang cukup pelik, ya nggak ada cara lain deh selain menyerahkan diri kamu ke pihak yang berwajib dalam arti yang positif.

Foto utama: thenorwichradical.com

Sudah mempersiapkan sisi finansial buat liburan dengan baik? Nah, lewat Pegipegi,  ada tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah yang bisa kamu booking sesuai dengan bujet dan kebutuhanmu! Yuk, rencanakan liburanmu sekarang juga!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 254 times, 1 visits today)

Comments

To Top