Kuliner

Jeruk Pontianak, si Manis yang Lebih Mahal Daripada Jeruk China

Travelers suka dengan jeruk pontianak? Jeruk ini dikenal dengan nama jeruk siam atau Citrus nobilis var microcarpa yang berkulit tipis dan licin mengkilat. Rasanya yang manis membuat jeruk Pontianak banyak disukai. Jeruk ini mirip dengan jeruk medan, namun warna kulitnya dominan hijau.

Ternyata, aslinya jeruk ini bukan dari Pontianak, lho. Namun, berasal dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Malahan, di Pontianak sebenarnya tidak ada jeruk. Awalnya, jeruk ini memang bernama Jeruk Sambas. Namun, Menteri Pertanian di tahun 2003 memperkenalkan jeruk ini dengan nama jeruk pontianak.

Harga jeruk pontianak lebih mahal ketimbang jeruk dari China. Salah satu penyebabnya adalah mahalnya biaya transportasi. Biaya untuk mendatangkan jeruk dari Pontianak lebih mahal ketimbang dari China. Mahalnya harga jeruk pontianak di dalam negeri juga disebabkan masalah logistik nasional yang belum maksimal. Pemerintah harus lebih bisa menata pelabuhan, transportasi laut, dan sistem logistik yang lebih baik juga efisien.

Berbicara tentang manfaat dan khasiat dari jeruk pontiana, tidak lepas karena kandungan di dalamnya. Yaitu, vitamin A, B6, C, protein, kalori, karbohidrat, lemak, serat, niacin, magnesium, kalium, zat besi, sodium, kalsium, dan lain-lain. Yuk, rajin makan jeruk pontianak! Bagi yang pengin liburan, ayo rencanakan liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top