Destinasi

Jembatan Merah Putih, Ikon Wisata dan Perdamaian Maluku di Ambon

Indonesia punya banyak sekali jembatan megah yang menjadi ikon wisata menarik. Salah satunya adalah Jembatan Merah Putih yang berada di kota Maluku.

Layaknya Jembatan Ampera di Palembang atau Jembatan Suramadu di Surabaya-Madura, Jembatan Merah Putih sangat ikonik. Membetang gagah di atas Teluk Ambon, Jembatan Merah Putih punya panjang 1140 meter, terpanjang di Indonesia Timur, lho.

Ditopang sistem cable stayed yang konon tahan gempa besar, Jembatan Merah Putih pun menghabiskan dana yang nggak sedikit saat dibangun, total Rp416,75 milyar. Meski demikian, keberadaan Jembatan Merah Putih memudahkan warga Ambon untuk memangkas waktu tempuh dari Bandara Internasional Pattimura ke kota Ambon.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2016 lalu, Jembatan Merah Putih menawarkan panorama pesisir yang cukup cantik. Apalagi kalau kamu berkesempatan melintasinya di sore hari. Tampak, sunset cantik menghiasi Jembatan Merah Putih dengan elegannya.

Banyak warga datang Jembatan Merah Putih di malam hari untuk bersantai sambil mengabadikan foto-foto Instagrammable. Apalagi, dari atas jembatan, kamu bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota yang tampak menari-nari.

Penamaan Jembatan Merah Putih sendiri diambil dari warna bendera nasional Indonesia, Merah Putih. Jadi, bisa dibilang, selain jadi ikon wisata, Jembatan Merah Putih menjadi simbol perdamaian dan kebersamaan warga Maluku.

Pengin main ke Ambon? Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Ambon lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top