Destinasi

Jembatan Barelang, Ikon Kota Batam yang Memesona

Kalau liburan ke Batam, rasanya nggak lengkap kalau nggak mampir ke Jembatan Barelang yang menjadi ikon Batam. Jembatan Barelang sendiri adalah singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini menghubungkan banyak pulau, seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Diprakarsai oleh Habibie

Selain disebut Jembatan Barelang, jembatan ini juga sering disebut Jembatan Habibie, karena Pak Habibie yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk memfasilitasi pulau-pulau tersebut, juga dirancang untuk mengembangkan industri di Kepulauan Riau.

Jembatan Barelang dikerjakan sejak 1992,  saat Habibie masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Melalui ide briliannya, beliau merancang sebuah jembatan yang mengadopsi bangunan jembatan legendaris Golden Gate yang terdapat di wilayah San Fransisco, Amerika Serikat.

Ada enam rangkaian jembatan

Jembatan Barelang mempunyai panjang 2.264 meter serta membutuhkan waktu 20 menit untuk menempuh panjang jembatan tersebut. Terdapat enam rangkaian pada jembatan tersebut, di mana setiap masing-masing rangkaiannya mengambil nama dari enam raja yang pernah menguasai Melayu – Riau dari abad 15 M hingga 18 M.

Ke enam rangkaian jembatan tersebut adalah Jembatan Tengku Fisabilillah yang merupakan Jembatan yang paling ramai dikunjungi baik dari Warga Batam sendiri maupun dari Wisatawan. Selain itu da Jembatan Nara Singa, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecik.

Suasana asyik saat pagi dan sore hari

Di pagi hari dan menjelang sore, banyak para wisatawan yang berkunjung ke jembatan ini untuk melepas penat dengan menghirup udara segar sambil menikmati panorama alam yang terbentang luas di sekitar jembatan. Apalagi ada hamparan laut tanpa ujung yang menjadi panorama unik nan menawan.

Bagi pengunjung yang hobi menelusuri alam dengan menggunakan perahu, di Pelabuhan Rakyat disediakan fasilitas sewa perahu untuk sekedar berkeliling, bahkan bisa juga digunakan untuk berkunjung ke Pulau Akar yang letaknya cukup dekat dengan Jembatan Barelang.

Pengin main ke Jembatan Barelang? Yuk, pesan tiket pesawat murah untuk perjalananmu ke Batam dan cari hotel murah di Batam lewat Pegipegi!

cari tiket pesawat murah ke Batam cari hotel lain di Batam

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top