Kuliner

Jelajahi Pulau Jawa dan Nikmati 5 Sajian Mie yang Lezat Ini, Yuk!

Kamu termasuk penggemar berat mie? Rasanya pas banget! Karena Pulau Jawa dihuni banyak sekali kuliner dengan bahan baku mie yang lezat, lho.

Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, kamu bisa mencicipi beragam sajian mie dengan cita rasa yang berbeda. Kehangatan yang ditawarkan terasa berpadu dengan rempah yang dicampur ke dalam kuah makin bikin hati makin tentram.

Penasaran sajian mie apa saja yang wajib kamu coba sekalian menjelajah Pulau Jawa? Simak di bawah ini, yuk!

Mie Ongklok

Bisa kamu ditemukan di kawasan Banyumas atau tepatnya di kota Wonosobo, Mie Ongklok terasa spesial. Diracik dengan potongan kol dan daun kucai, mie yang satu ini disiram dengan kuah kental berwarna kecoklatan yang membuat tampilannya sangat menggoda lidah. Sebagai temannya, kamu bisa menyantap sate sapi serta tempe kemul yang menjadi pelengkap sajian sehingga semakin nikmat saat disantap.

Bakmi Godog

Bagi kamu yang menyukai kuliner khas Yogyakarta, tentu sudah nggak asing dengan mie satu ini. Disajikan dalam beberapa versi, yakni rebus, goreng dan setengah basah atau nyemek, mie jawa punya cita rasa khas karena dimasak memakai anglo. Isiannya pun lengkap, mulai dari suwiran ayam, telur, kol, tomat serta daun bawang. Rasanya dijamin lezat dan ngangenin! Yang menarik, mie yang satu ini nggak cuma ada di Yogyakarta, lho. Daerah-daerah seperti Malang atau Surabaya di Jawa Timur juga punya versi mie godog yang berbeda.

Mie Kocok Bandung

Hujan-hujan nikmatnya menyantap mie kocok khas Bandung. Namanya sendiri berasal dari proses pengolahannya yang dimasukkan dalam air panas dan dikocok-kocok hingga matang. Bayangkan lezatnya mie kuning yang disajikan bersama tauge, bakso serta irisan kikil sapi. Makin nikmat karena disajikan bersama perasan jeruk nipis dan taburan seledri yang memberikan rasa segar

Soto Mie

Sesuai dengan namanya, sajian soto yang satu ini menggunakan mie kuning sebagai salah satu bahan bakunya. Di dalamnya, kamu bisa menikmati beragam lauk yang lezat, mulai dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat. Nggak lupa, biar makin kenyang, soto mie menambahkan risol, kentang hingga lobak rebus. Biar makin segar, kuah soto mie juga dipadukan dengan tomat, kol hingga daun bawang, penambah sedap. Nah, yang bikin beda soto mie khas Bogor dengan soto pada umumnya adalah kuahnya. Jika biasanya soto punya kuah bening dan pakai santan di dalamnya, soto mie Bogor berkuah merah yang datang dari campuran cabai merah.

Mie Koclok Cirebon

Main-main ke Cirebon, belum lengkap kalau nggak berburu mie koclok-nya. Sajian berbahan dasar mie dengan kuah kental tersebut tak pernah gagal membuat para penggemarnya untuk datang dan mencoba lagi. Mi Koclok memiliki kuah kental terbuat dari santan kelapa dan isiannya berupa suwiran ayam, potongan telur, tauge, kol, dan daun bawang. Makin nikmat disajikan dengan jeruk hangat atau teh panas, mie koclok khas Cirebon bisa bikin mood kamu makin bahagia.

Wah, lagi mau traveling? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top