Destinasi

Jelajah Keunikan Broken Beach, Pantai Rusak di Nusa Penida

broken beach pantai pasih uug

Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata Bali? Pastinya akan langsung terbayang pulau dengan laut biru dan Pantai Kuta atau Pantai Sanur yang eksotis. Eits, Bali nggak cuma populer dengan dua pantai itu. Ada lebih banyak lagi tempat yang menawarkan petualangan dan keindahan alam yang menarik. Salah satunya ada di Nusa Penida, tepatnya di Broken Beach.

Kenapa dinamakan Broken Beach? Apa saja yang bisa kamu lakukan di sana? Bagaimana cara sampai ke sana? Yuk, kita ulik lebih lanjut di bawah ini!

Kenapa dinamai Broken Beach?

Dari namanya, Broken Beach, sudah terdengar unik, bukan? Penduduk setempat menamai pantai ini dengan sebutan Pantai Pasih Uug. Kalau diartikan secara harfiah, dari bahasa Bali berarti “pantai yang rusak.”

Bukan hanya namanya yang unik dan membuatnya bisa disejajarkan dengan Uluwatu yang lebih terkenal. Pantai ini juga memiliki bentuk yang nggak biasa, lebih tepatnya seperti kolam atau sumur raksasa. Terletak di tengah tebing setinggi 50–200 meter, air laut lepas masuk melalui sebuah ceruk kecil berlubang. Kolam alami ini memiliki diameter hampir 100 meter. 

Lubang atau terowongan inilah yang menjadi asal muasal nama pantai ini. Abrasi selama ratusan tahun yang menjadi penyebabnya. Dengan kata lain tempat ini terbentuk karena “dirusak” oleh alam selama berabad-abad. 

Bentukan alam ini memberikan keunikan mencengangkan lainnya, yaitu air jernih biru-kehijauan yang terperangkap di tengah-tengah tebing. Kamu bisa dengan jelas melihat kehidupan biota laut di bawahnya, seperti penyu dan ikan pari manta.

Apa lagi yang unik dari pantai ini? Kalau biasanya kita disambut pasir pantai, di sini kamu akan disambut hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata dan ombak landai yang menenangkan. 

broken beach pantai pasih uug
Sumber: IG @indotravellers.co

Bagaimana menuju ke sana?

Broken Beach terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, barat daya pesisir Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus menyeberangi laut terlebih dahulu. Perjalanan dimulai dari Sanur menuju ke pelabuhan Nusa Penida. 

Bagaimana tepatnya untuk menuju ke sana? Rute berawal dari Pelabuhan Rakyat Sanur. Kamu harus membeli tiket perahu penyeberangan. 

Dari Pelabuhan Sanur

  • Ada beberapa pilihan public speed boat dengan harga mulai dari Rp60.000* sampai Rp75.000* untuk sekali jalan. 
  • Untuk tujuan Broken Beach, disarankan memilih perahu penyeberangan yang berlabuh di pelabuhan atau dermaga Banjar Nyuh atau Toya Pakeh. 
  • Jadwal keberangkatan perahu penyeberangan paling awal adalah 07.00 WITA.
  • Penyeberangan biasanya menempuh waktu kurang lebih 30 sampai 50 menit.

Di Pelabuhan Banjar Nyuh

  • Sesampainya di Pelabuhan Toya Pakeh atau Banjar Nyuh, kamu bisa melanjutkan perjalanan darat dengan menyewa kendaraan (sepeda motor atau mobil).
  • Broken Beach terletak 28 km dari Dermaga Banjar Nyuh atau kurang lebih satu jam perjalanan darat. 

Berapa tiket masuk ke Broken Beach?

Sesampainya di tujuan, kamu perlu menyiapkan Rp5.000* untuk tiket masuk, ditambah Rp5.000* untuk parkir kendaraan. Dengan tiket ini, sebenarnya kamu bisa mendapatkan akses nggak hanya ke Broken Beach, tetapi juga ke Angel’s Billabong yang lokasinya berdekatan. 

Fasilitas di Broken Beach

Pantai ini terbuka setiap hari. Hanya saja, tempat ini sayangnya belum memiliki fasilitas listrik. Tapi, jangan khawatir, ada beberapa fasilitas lain yang tersedia, seperti:

  • Area parkir 
  • Toilet
  • Warung dengan sajian lokal
  • Penginapan (kurang lebih 500 meter dari pantai)

Apa yang bisa dilakukan di Broken Beach?

Sebelum sampai di tujuan, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan langit dan laut biru yang sangat menakjubkan. 

Broken Beach sendiri sangat terkenal dengan lengkungan besar ikoniknya. Kamu bisa berjalan menyeberang di atasnya menuju ke tepi tebing, untuk benar-benar menikmati pemandangan kolam alami raksasa dengan segala biota laut di dalamnya.

Kamu juga bisa duduk bersantai menikmati angin laut, ombak, dan pemandangan laut lepas yang menjadi latar belakang pantai unik ini. Tak heran kalau tempat ini menjadi surga tersembunyi buat mereka yang menginginkan ketenangan. 

Masih belum puas? Cek beberapa kegiatan menarik di bawah ini dan jangan sampai kamu lewatkan ketika berkunjung ke Broken Beach.

  • Memotret pemandangan
  • Foto selfie
  • Berenang 
  • Melihat ikan pari dan lumba-lumba
  • Trekking tebing dan hidden spot
  • Menikmati matahari terbit dan terbenam

Kapan waktu terbaik mengunjungi Broken Beach?

Kamu bisa mengunjungi pantai ini kapan pun. Hanya saja, disarankan untuk datang ke pantai ini antara pukul 6 pagi sampai 06.30 petang.

Waktu terbaik untuk datang ke Bali dan semua tempat menarik yang ditawarkan oleh pulau ini adalah setelah bulan Maret berakhir. Ini pertanda dimulainya musim kemarau. 

Bulan-bulan antara Juni sampai September adalah yang paling ideal. Kenapa? Karena hujan belum turun terlalu sering dan udara nggak terlalu lembap.

Jadi, buat kalian yang menginginkan pengalaman yang berbeda saat berlibur ke Pulau Bali, Broken Beach di Nusa Penida bisa menjadi salah satu pilihan teratas daftar tempat yang harus dijelajahi. Tempat ini nggak hanya menawarkan keunikan, pemandangan yang luar biasa dan petualangan, tetapi juga ketenangan. Wah, paket lengkap, ya!  

Nah, buat kalian yang tertarik ke Bali lalu menjelajah Nusa Penida sekaligus, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: