Destinasi

Jawatan Benculuk, Wisata Lords of the Rings di Jawa Timur

Penggila film Lords of the Rings atau trilogi The Hobbit nggak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru. Cukup mampir ke Banyuwangi, Jawa Timur, kamu sudah bisa menikmati wisata alam mirip banget lokasi syuting film karya Peter Jackson tersebut di Jawatan Benculuk.

Terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, Jawatan Benculuk menjadi magnet buat para pemburu foto alam. Suasana alam yang indah dengan deretan pepohonan rindang berukuran besar mengingatkan kita akan Hutan Fangorn yang ada di film Lord of the Rings.

Dikelola langsung oleh pihak Perhutani, Jawatan Benculuk memang belum banyak yang mengenal. Akan tetapi, lokasinya yang berada di kota singgah seperti Banyuwangi memiliki potensi besar untuk menjadi ikon baru pariwisata Jawa Timur.

Nah, kira-kira kamu tertarik nggak buat singgah di Jawatan Benculuk? Pegipegi punya 5 alasan mengapa kamu harus main ke sana!

1. Pesona Pohon Trembesi

Foto: Bintang

Satu daya tarik yang menjadi “jualan” dari wisata Jawatan Benculuk adalah soal jenis pohonnya. Di sana, kamu bisa bersantai sambil foto-foto di bawah deretan pohon Trembesi. Buat yang belum tahu, pohon ini merupakan jenis tanaman peneduh, di mana ia menghasilkan banyak sekali oksigen segar buat tubuh manusia. Jadi, selain indah, pohon Trembesi juga menyehatkan.

2. Surganya Fotografi

Foto: Instagram @yudha_alcantara_29

Suasana alam yang luar biasa dengan gimik pohon Trembesi memang sangat mengingatkan kita akan Hutan Fanghorn di film Lords of the Rings. Jika ditilik lebih dalam lagi, hutan lindung yang memiliki luas 3,8 hektar ini memiliki lanskap yang mirip banget dengan hutan purba. Nggak heran, kebanyakan pengujung wisata yang datang nggak akan pulang tanpa membawa hasil fotografi Jawatan Benculuk.

3. Ada Kisah Sejarah

Foto: jwongdeso

Selain menawarkan wisata hutan lindung yang mengagumkan, Jawatan Benculuk memiliki catatan sejarah yang cukup menarik. Didirikan oleh pemerintah Indonesia di zaman penjajah, awalnya Jawatan Benculuk digunakan sebagai markas timbunan kayu jati berkualitas dari berbagai daerah di Jawa Timur. Pada tahun 1970, sempat terjadi penjarahan kayu jati besar-besaran yang membuat Jawatan Benculuk terkucilkan. Kini, Jawatan Benculuk kembali dengan tampilan yang lebih segar dan menarik.

4. Ekstra Arum Jeram

Foto: tripcanvas

Kalau kamu nggak puas cuma foto-foto di hutan, Jawatan Benculuk juga menyediakan wisata alam lainnya. Yap, kamu bisa menikmati sensasi ekstrim arum jeram di sebuah aliran sungai nggak jauh dari Jawatan Benculuk. Dengan membayar beberapa ribuh Rupiah, kamu bakal dibekali dengan sebuah ban renang untuk melibas aliran sungat yang nggak terlalu deras namun menegangkan.

5. Sunset Anti Mainstream

 

Foto: reresepan

Jika biasanya sunset cantik kalau disaksikan dari atas bukit atau di pinggir pantai, Jawatan Benculuk menawarkan format yang berbeda. Sinar matahari berwarna jingga akan menerobos masuk ke dalam celah-celah pohon untuk menciptakan efek magis yang nggak kamu temukan di sunset spot lainnya. Kamu bisa berfoto di bawah sorotan sinar sunset tanpa harus memasukkan cahaya tambahan. Keren deh Jawatan Benculuk!

Mau jalan-jalan ke Jawatan Benculuk? Sekalian liburan, deh! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah Banyuwangi di Pegipegi  buat dapatkan harga spesial. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 1,050 times, 3 visits today)

Comments

To Top