Event & Festival

Jathilan, Tarian Tradisional Jawa yang Sarat Atraksi Ekstrem

Sebagai negara dengan kebudayaan yang beragam, Indonesia memiliki banyak sekali seni tari tradisional yang unik. Salah satu tarian legendaris yang patut dilestarikan adalah Jathilan.

Dikenal juga dengan nama Jaran Kepang atau Kuda Lumping, Jathilan merupakan salah satu tarian tradisional tertua di Pulau Jawa. Besar di Temanggung, Jawa Tengah, tarian ini justru menjadi salah satu prosesi adat bagi masyarakat Yogyakarta.

Yang unik dari tarian ini adalah penggunaan kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu. Diiringin lantunan gamelan, para penari menggunakan make-up seram, seolah menggambarkan sosok prajurit yang gagah di medan perang.

Kostumnya sendiri terbilang spesial. Para penari mengenakan celana pendek dan kemeja lengan panjang dengan aksesoris layaknya prajurit Jawa di zaman Kerajaan Majapahit dulu kala.

Kisah yang coba disampaikan sendiri cukup seru. Para karakter prajurit seperti Panji dan Ario Penangsang coba melewati gangguan dari dua tokoh antagonis, Gondoruwo (setan) atau Barongan (singa) saat tengah menuju ke medan perang.

Aksi Ekstrem Para Penari

Jika kamu menganggap Jathilan adalah tarian yang membosankan, salah besar, deh! Pasalnya, tarian ini memasukkan banyak sekali unsur magis dan klenik yang sudah turun temurun bergema di Jawa Tengah.

Para penari bakal terus bergerak dan berputar hingga mereka kesurupan. Dalam proses tersebut, mereka akan mulai memakan apapun yang ada di hadapannya, termasuk pecahan kaca, kulit kelapa hingga memakan rumput dan kembang tujuh rupa.

Bahkan, sebelum tarian ini digelar, para sesepuh desa akan melakukan beberapa ritual penting yang nggak boleh dilewatkan. Seperti, menyuci baju dan kuda anyam pada hari yang sudah ditentukan demi membangkitkan energi mistis.

Menariknya, Jathilan nggak berkembang di Jawa Tengah dan Yogyakarta saja. Beberapa kota di Jawa Barat dan di Jawa Timur turut memiliki lakon Jathilan dengan sedikit perubahan.

Lantaran menampilkan atraksi ekstrem, tarian ini hanya boleh dilakukan oleh mereka yang sudah terlatih. Bahkan, latihannya pun mengabiskan waktu selama sebulan atau lebih demi memaksimalkan gerakannya.

Penasaran dengan tarian ini? Sekalian liburan! Yuk, rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawathotel murah dan tiket kereta api di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Foto: Shutterstock

Comments

To Top