Tips

Jalan-jalan ke Jogja di bawah 1 juta. Mau?

Kamu ingin melarikan diri sejenak dari ruwetnya rutinitas kantor atau aktivitas harian? Kalau kamu orang yang sibuk, refreshing sepertinya jadi satu kewajiban ya karena kalau nggak stress dan uban bisa nongol di kepala. Jangan khawatir, Jogjakarta alias Kota Gudeg siap menyambut kamu. Dua hari satu malam dengan budget kurang dari 1 juta. Nggak percaya? Nih, Pegipegi punya rekomendasinya!

Tiket pesawat

Travelers, mungkin budget terbesar yang harus kamu keluarkan ada di tiket pesawat. Kalau dihitung-hitung, biaya untuk pesawat Jakarta – Jogjakarta ±Rp700.000. Cukup besar, kan? Jadi cari maskapai yang menawarkan tarif murah ya biar bisa mengurangi anggaran.

Tempat Wisata

1.      Candi Prambanan ( – 11.00)

Foto 1 Tempat Wisata Jogja

Ini tempat pertama yang bisa kamu datangi. Buka mulai pukul 06.00 – 17.00 dengan tiket masuk Rp30.000 per orang. Dari bandara, kamu bisa mencari bus kecil ke arah Prambanan dengan tarif Rp5.000. Indahnya tumpukan candi dalam satu kawasan di Prambanan bisa jadi target kamera. Karena sudah waktunya makan siang, kamu bisa sekalian menikmatinya di luar candi. Tarifnya standar kok, sekitar Rp12.000 plus air minum.

2.      Benteng Vredeburg (13.30 – 14.30)

Foto 2 Tempat Wisata Jogja

Selepas dari Candi Prambanan, kamu bisa langsung mencari bus kecil menuju ke arah kampus UGM. Karena lumayan jauh, kamu harus bayar Rp8.000 lalu menyambung ke jalur 4 (Rp3.000) ke arah Malioboro. Di Museum Vredeburg, kamu bisa lihat diorama perjuangan masyarakat Jogjakarta untuk mengusir Belanda. Tiket masuknya hanya Rp2.000. Murah kan, travelers?

3.      Pasar Beringharjo (14.30 – 15.30)

Foto 3 Tempat Wisata Jogja

Kayaknya nggak afdol kalau ke Jogja tapi tidak mampir ke sini. Ya, Pasar Beringharjo. Pusat batik murah berkualitas. Travelers, kamu bisa lihat-lihat dulu kok. Kalau ada yang cocok, kamu bisa beli kemeja. Harganya murah sekali asalkan mahir menawar. Bahkan kalau kamu sedikit nekat, kamu bisa dapat kemeja dengan harga Rp40.000.

Check in hotel (16.00 – 19.00)

Hotel murah di sekitar Malioboro lumayan banyak lho travelers. Harganya juga bersaing. Karena kamu cuma butuh tidur dan MCK, cari saja losmen yang murah. Bahkan kalau kamu beruntung kamu bisa dapat sewa Rp120.000 per malam. Setelah bersih-bersih dan mandi, kamu bisa menikmati suasana Jogjakarta di malam hari.

4.      Menikmati Malioboro (19.00 – 21.00)

Foto 4 Tempat Wisata Jogja

Menjelang sore, suasana Malioboro benar-benar berubah. Penjual jagung rebus, kacang, ubi, dan wedhang ronde mulai bermunculan. Buat mengganjal perut, kamu bisa mampir ke angkringan yang terkenal dengan menu super murah. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp10.000 dan perut pun kenyang. Terkejut? Itulah Jogjakarta. Setelah itu, kamu bisa kembali ke hotel dan berisitirahat untuk mengumpulkan energi buat esok hari.

Next Day

1.      Titik nol km Malioboro ( – 09.00)

Foto 5 Tempat Wisata Jogja

Setelah check out dari hotel, kamu bisa mencari sarapan pagi. Biar suasananya beda, kamu bisa mencari bubur ayam yang banyak dijajakan oleh abang-abang dengan gerobak. Murah kok, paling cuma Rp5.000. Setelah itu, kamu bisa langsung menuju ke titik no km di ujung Malioboro. Tepatnya di perempatan kantor pos besar. Kamu bisa duduk-duduk santai sambil melihat geliat masyarakat Jogja untuk memulai aktifitas.

2.      Keraton Jogjakarta (09.30 – 10.30)

Foto 6 Tempat Wisata Jogja

Ini dia tempat wajib yang harus kamu kunjungi saat di Jogja. Dengan tiket masuk Rp7.000 per orang kamu bisa lihat tempat Sultan dan keluarganya tinggal. Kamu bisa berkeliling menyaksikan bangunan keraton yang unik dan tradisional, serta pernak-pernik kerajaan yang dipamerkan.

3.      Tamansari (11.00 – 12.00)

Foto 7 Tempat Wisata Jogja

Travelers, Tamansari menjadi spot terakhir kamu di Jogjakarta. Dengan tiket masuk Rp5.000 per orang, kamu bisa mengintip kolam pemandian yang dulu sering digunakan oleh Sultan dan keluarga. Bangunannya sangat artistik dan menarik sehingga suasana sejuk begitu kental terasa.

Travelers, menarik kan jalan-jalan kita ke Jogja? Kalau kamu berencana plesiran ke Kota Gudeg, coba saja intip website Pegipegi. Siapa tahu lagi ada promo. Ini berarti kamu bisa lebih menghemat budget. Selamat berlibur!

(Visited 13,555 times, 3 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top