Destinasi

Jalan-Jalan ke 6 Kota Santri di Indonesia yang Damai dan Religius

“Suasana di kota santri asik senangkan hati. Suasana di kota santri asik senangkan hati” Begitulah penggalan lirik dari lagu Kota Santri yang terkenal didendangkan oleh grup qoisah, Nasida Ria.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia memiliki banyak sekali kota santri. Sesuai dengan namanya, deretan kota-kota ini menjadi rumah bagi banyak pondok pesantren (ponpes), di mana para santri menuntut ilmu agama Islam.

Selain itu, kota-kota santri juga menawarkan destinasi wisata religi yang cukup menarik untuk dikulik. Mulai dari masjid yang megah hingga kawasan pondok pesantren yang terasa sejuk dan damai.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya 6 kota santri di Indonesia yang cocok kamu kunjungi pas liburan nanti. Simak, yuk!

Kendal

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kendal sudah lama mengemban status sebagai kota santri teladan di Indnesia. Khususnya di kecamatan Kaliwungu. Di kota ini, tersebar puluhan pondok pesantren yang memiliki ribuan santri di dalamnya. Bahkan, rata-rata kecamatan di Kendal memiliki minimal 10 pondok pesantren. Soal wisata, Kendal menawarkan Jabal sebagai spot utamanya. Di sini, kamu bisa berziarah ke makam para penyebar agama Islam di Kendal seperti makam Kyai Guru.

Jombang

Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memang cukup tersembunyi dari keramaian. Namun, sebutan kota santri yang terus melekat membuat Jombang terasa dekat dengan para pencari wisata religi. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pondok pesantren terkenal dan juga modern yang biasa terdengar di telinga seperti Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso). Deretan pesantren ini melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh kenamaan, salah satunya wakil presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

Gresik

Berada di kawasan Pantai Utara Jawa Timur, Gresik kerap menjadi destinasi wisata religi favorit. Maklum, Gresik menjadi rumah bagi makan dua tokoh penyebar Agama Islam paling penting, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim. Nggak heran, di sana kamu bisa menemukan beragam pondok pesantren yang cukup berpengaruh. Dari banyaknya pesantren, maupun taman pendidikan al Quran di Gresik menjadikan Gresik menjadi kota yang religius. Terdapat salah satu budaya religius di Gresik yang sudah sejak lama di ikuti masyarakat sekitarnya, yaitu pendidikan Al-Quran yang harus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan.

Situbondo

Bagi sebagian besar traveler, Situbondo merupakan kota singgah yang cukup nyaman. Namun, bagi masyarakatnya, kota yang berada di Jawa Timur ini adalah kota santri yang penuh kedamaian. Di kota inilah berdiri salah satu pesantren paling berpengaruh di Indonesia, Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Pondok pesantren ini pun dianggap yang pertama mengenalkan pembelajaran klasikal seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah.

Martapura

Nggak cuma Aceh yang menyandang status kota Serambi Mekkah. Martapura di Kalimantan Selatan juga hadir dengan predikat yang sama. Kota santri yang masuk dalam Kabupaten Banjar ini hadir dengan banyak sekali pondok pesantren yang bagus dan juga modern, salah satunya Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Telah banyak alumni atau lulusan pondok pesentren ini yang menjadi ulama atau tokoh agama Islam di penjuru Kalimantan Selatan, bahkan luar Kalimantan Selatan Di kota ini pula, kamu bisa berkunjung ke Masjid Al Karomah. Masjid yang dulunya dibangun oleh para alim ulama kota Martapura dengan keikhlasan dan perjuangan untuk menegakkan sendi-sendi Islam di Martapura pada khususnya, dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

Sukabumi

Lokasinya cukup dekat dijangkau dari Jakarta dan Bogor membuat Sukabumi menjadi kota santri yang strategis. Kehadiran Tugu Asmaul Husna di tengah kota seakan mengokohkan status Sukabumi sebagai salah satu kota santri teladan di Indonesia. Bahkan, sejak berdiri pun, Sukabumi memiliki banyak pondok pesantren dengan masyarakatnya yang menuntut ilmu sebagai santri. Salah satu destinasi religi yang wajib kamu kunjungi saat main ke Sukabumi adalah Makom Karomah Karamatjaya.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top