Tips

Travel Ala Backpacker Yuk!

shoes backpacking

Bepergian ala backpacker semakin digandrungi wisatawan, dalam maupun luar negeri. Apalagi untuk mereka yang memang tidak memiliki budget besar untuk bepergian. Selain hemat biaya, bepergian ala backpacker juga dirasa tidak merepotkan dan efisien dalam waktu sehingga kamu bisa mengunjungi lebih banyak tempat.

Tapi, travel ala backpacker bukan sekadar melancong dengan membawa ransel di punggung, lho. Ada beberapa hal yang harus kamu ingat dan pertimbangkan sebelum memulai perjalanan sebagai backpacker supaya liburan kamu maksimal. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang sudah dirangkum PegiPegi untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ala backpacker. Yuk, disimak!

Riset

Research_Travel

Ini hal paling penting sebelum kamu mulai bepergian ala backpacker. Kamu harus mencari informasi seputar kota atau negara yang akan kamu kunjungi seperti bahasa yang digunakan, mata uang, akses transportasi, dan yang paling penting, etiket atau norma-norma setempat. Jangan sampai liburan kamu ternoda karena kamu menyinggung warga setempat. Bagaimanapun, menambah teman selalu lebih baik daripada mencari musuh, kan? 🙂

 Ajak Teman

yamnuska-backpacking

Traveling rame-rame pasti lebih seru daripada sendirian.  Kamu bisa memangkas biaya penginapan atau transportasi karena bisa ‘patungan’ dengan teman-teman. Tapi, untuk menghindari bentrokan-bentrokan saat backpacking, ada baiknya kalau kamu hanya mengajak dua hingga tiga orang teman. Dan pastikan teman kamu tipe orang yang kooperatif dan tidak ‘ribet’ saat bepergian.

 Bawa Barang Seperlunya

backpacker

Ini yang terkadang sulit dilakukan pelancong, terutama mereka yang sudah terbiasa bepergian dengan fasilitas kelas satu.  Tapi, kepraktisan dan kemudahan adalah hal paling penting dalam backpacking. Bawalah pakaian-pakaian dasar yang bisa kamu padu padankan selama perjalanan. Selain itu, untuk keperluan seperti sabun, pasta gigi, atau sampo , kamu cukup membawa dengan ukuran travel atau mini. Hal lain yang tampak sepele tapi  cukup krusial, ‘kosongkan’ dompet kamu. Keluarkan semua struk belanja, foto atau kartu nama kolega dan sisakan kartu kredit atau debit, kartu identitas serta uang tunai secukupnya.

Sepatu Yang Nyaman

shoes backpacking

Pastikan kamu membawa sepatu yang nyaman dibawa berjalan jauh, berdiri lama atau berlari. Setidaknya, kamu butuh tiga pasang sepatu: sandal tahan air, sepatu datar untuk mengunjungi tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan atau klub dan sepatu sneaker atau keds yang nyaman.

Bawa Keperluan Sanitasi dan Obat-Obatan

AYNTK-Med-Unpacked-250x250

Namanya juga backpacking, bukan tidak mungkin kalau kamu menemui tempat-tempat yang kurang memadai kebersihannya, terutama toilet. Atau mungkin kamu hanya mendapatkan penginapan yang tidak memiliki pendingin udara sehingga harus diganggu dengan nyamuk di malam hari. Jadi, pastikan kamu selalu membawa tisu sanitasi untuk menjaga kebersihan, obat anti nyamuk agar tidur kamu tidak terganggu dan, tentunya, obat-obatan.

Keluar Dari Zona Nyaman

liburan lokal

Jauh-jauh bepergian ke daerah eksotis di dalam maupun luar negeri tapi selalu memesan nasi goreng atau makan masakan fast food? Apa serunya? Bagian paling menarik dari traveling justru adalah mencoba hal-hal baru. Cobalah kuliner khas daerah itu (tentunya selama tidak melanggar kepercayaan kamu ya), atau tanya ke warga setempat tentang obyek-obyek wisata yang masih jarang didatangi turis. Pasti akan menjadi kenangan manis dalam catatan perjalanan kamu.

(Visited 618 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top