Destinasi

Panduan Wisata di Jakarta

Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan serta pusat pemerintahan dan politik Indonesia adalah sebuah kota megapolitan meskipun memiliki luas wilayah relatif kecil. Deretan gedung pencakar langit dan ribuan mobil berlalu-lalang di jalan raya yang sibuk adalah pemandangan sehari-hari di Jakarta.

Secara umum, Jakarta terbagi menjadi lima wilayah, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Selain itu, Jakarta juga punya sejumlah kota satelit yang ikut menyumbangkan tenaga kerja maupun atraksi wisata.

Sebagai kota besar dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa dan ritme kehidupan yang dinamis, mungkin susah membayangkan Jakarta menjadi destinasi wisata. Tapi, jangan salah lho, Jakarta punya banyak tempat menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata kamu. Mulai dari Pantai Marina Ancol dan Kepulauan Seribu yang indah, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk yang asri, belasan museum budaya maupun sejarah yang menarik, Kota Tua yang menyisakan wajah colonial Belanda sampai puluhan pusat perbelanjaan modern dengan keunikannya masing-masing.

Jakarta juga dikenal sebagai pusat hiburan dan kuliner modern dengan pilihan nyaris tak terbatas. Beberapa diantaranya bahkan beroperasi sampai tengah malam atau dinihari lho. Nggak heran kalau Jakarta sering disamakan dengan kota New York, AS sebagai kota yang tidak pernah tidur.

 

Masyarakat di Jakarta

Sebagian besar masyarakat Jakarta menjalani kehidupan layaknya masyarakat urban yang sibuk. Jam kerja yang panjang dan kemacetan sehari-hari membuat masyarakat Jakarta bergerak cepat dan dinamis. Tingkat kejahatan yang terbilang tinggi di Jakarta mengakibatkan masyarakat ibukota lebih sering bersikap waspada sehingga sekilas terkesan tidak ramah. Tapi, umumnya masyarakat Jakarta senang kok membantu wisatawan dengan memberikan informasi berguna.

Mayoritas masyarakat Jakarta menganut agama Islam, tapi tentunya agama-agama lain seperti Katolik, Protestan, Hindu dan Buddha pun banyak ditemukan di kota ini. Warga asli Jakarta sendiri berasal dari suku Betawi, namun mayoritas penduduk Jakarta justru berasal dari suku Jawa.

Walaupun masyarakat Jakarta secara umum cukup terbuka dengan ragam budaya, sebaiknya kamu tetap berpakaian dan bertingkah laku sopan untuk menghormati mereka.

 

Budaya di Jakarta

Di tengah modernitas Jakarta yang bergerak cepat, wisatawan maupun warga lokal masih bisa menemukan bentuk budaya di Jakarta. Meskipun suku bangsa asli Jakarta, yaitu Betawi, kian terpinggirkan oleh para pendatang, wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat pelestarian budaya Betawi, salah satu yang terpopuler adalah Setu Babakan.

Beberapa bentuk budaya asli Jakarta yang bisa dinikmati wisatawan maupun warga lokal adalah Tari Lenggang Nyai yang juga dipengaruhi budaya Tionghoa, Ondel-Ondel atau boneka raksasa yang biasanya mengikuti arak-arakan hajatan seperti pernikahan atau sunatan hingga alat musik tradisional tanjidor yang konon lahir dari perkebunan Belanda, di mana para pekerja memainkan musik untuk majikan Belandanya.

Artikel terkait
budaya betawi

Menemukan Kembali Betawi di Jakarta

Ternyata masih ada beberapa tempat yang masih mempertahankan identitas dan budaya Betawi di Jakarta.
setu babakan

Bersantai dan belajar budaya Betawi di Setu Babakan

Setu Babakan adalah tempat buat kamu yang pengen belajar tentang seluk beluk budaya Betawi sambil hang out di tempat keren.

Destinasi & Aktivitas Populer di Jakarta

Jakarta punya banyak pilihan destinasi wisata dan aktivitas yang bisa kamu ikuti. Wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja sampai wisata kuliner bisa kamu lakukan selama berlibur di Jakarta. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota, kamu pun bisa mengeksplorasi Kepulauan Seribu yang menjadi andalan wisata bahari di Jakarta.

Menjamurnya pusat perbelanjaan modern atau mall di Jakarta menjadikan mall sebagai salah satu pilihan atraksi wisata menarik di ibukota. Selain menawarkan pilihan belanja, beberapa mall juga punya atraksi unik untuk menarik minat pengunjung.

Artikel terkait
waterpark

4 Tempat hangout keren di sekitar Jakarta

Kamu yang tinggal di Jakarta termasuk beruntung karena ada banyak tempat wisata asik buat rekreasi.
museum fatahillah

Kota Tua Jakarta, wisata untuk pecinta fotografi dan sejarah

Untuk kalian yang mengaku pecinta sejarah dan juga fotografi, wisata ke Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat bagi kalian!
ancol

Taman Impian Jaya Ancol, wisata primadona segala usia

Kata siapa Jakarta cuma identik dengan kemacetan dan polusi udara? Jakarta masih punya lokasi indah yang enak dilihat, kok.
bubur

Surga kuliner Jakarta di malam hari

Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara sering dijadikan destinasi wisata warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati nuansa pantai.
coffee shop jakarta

Cari tempat ngadem yang asyik? Ya di Hutan Mangrove PIK!

Kamu pasti nggak menyangka ya travelers kalau ternyata Jakarta punya hutan. Tapi bukan sembarangan hutan karena hutan yang satu ini begitu nyaman dikunjungi.

Event & Festival di Jakarta

Setiap tahun, Jakarta menawarkan banyak event dan festival menarik bagi warga maupun wisatawan. Festival budaya, musik hingga teknologi dan otomotif bisa kamu temukan saat liburan di Jakarta. Beberapa festival tahunan terbesar yang digelar di Jakarta antara lain adalah Pekan Raya Jakarta yang merupakan pesta rakyat selama satu bulan penuh pada bulan Juni hingga Juli; festival musik jazz terbesar Java Jazz Festival serta Jakarta Great Sale yang memungkinkan masyarakat Jakarta menikmati berbagai promo dan diskon ketika berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan yang berpartisipasi.

 

Kuliner di Jakarta

Jakarta menawarkan banyak sekali pilihan kuliner, mulai dari masakan Indonesia, Jepang, Cina, Amerika hingga rasa yang lebih eksotis seperti Yunani, India, bahkan Peru. Kamu bisa mencari restoran mewah dengan dekorasi cantik ataupun tempat makan kaki lima yang murah meriah dengan rasa tak kalah lezat dari restoran.

Para pecinta kopi juga akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan kedai kopi di Jakarta. Bukan hanya menyediakan biji kopi lokal maupun impor pilihan, kafe-kafe di Jakarta juga terus menawarkan konsep unik dengan desain mempesona yang membuat siapapun tertarik untuk datang dan mencicipi.

Begitu juga dengan opsi pencuci mulut dan pastry atau roti. Kamu tidak akan sulit menemukan kafe pencuci mulut dan toko roti yang menyuguhkan menu lezat dengan tampilan memukau. Atau, kalau sekedar ingin menyesap minuman segar di sore hari, Jakarta punya banyak lounge dan bar yang bisa menghibur kamu.

Artikel terkait
three buns

Tempat Makan Hip Jakarta Yang Patut Kamu Coba

Setiap bulan hampir selalu ada restoran atau kafe baru yang dibuka di Jakarta. Ini beberapa diantaranya.
bakmi ayam jakarta

Bakmi ayam terlaris di Jakarta yang wajib kamu coba!

Yuk, cobain 10 bakmi ayam terlaris di Jakarta ini. Kelezatannya tidak usah diragukan lagi.
nasi uduk

5 Nasi Uduk di Jakarta yang Nggak Pernah Sepi

Makanan khas Jakarta ini rasanya gurih dan bikin ketagihan. Langsung aja deh ke lima kedai nasi uduk yang pegipegi rekomendasikan!
bubur

Surga kuliner Jakarta di malam hari

Pagi hingga malam banyak sekali tempat jajanan yang dibuka untuk disantap oleh warga ibukota. Pilihannya pun semarak, mulai dari jajanan pinggir jalan atau restoran.
coffee shop jakarta

Secuil Pilihan Menikmati Kopi di Jakarta

Ingin menikmati kopi di tempat yang menarik dan nyaman? Berikut beberapa kafe atau kedai kopi pilihan di Jakarta.

Transportasi di Jakarta

Untuk mengakomodir kebutuhan lebih dari 10 juta penduduk, Jakarta punya sistem transportasi umum yang sangat lengkap. Mulai dari kereta listrik, bus kota, taksi hingga angkutan umum dan ojek. Tidak terlalu susah untuk mengeksplorasi kota Jakarta menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa memilih jenis transportasi yang sesuai dengan budget dan preferensi.

Namun, perlu dicatat, meskipun pilihan transportasi di Jakarta terbilang lengkap, kualitas beberapa jenis transportasi belum terlalu baik, khususnya angkutan umum dan bus kota. Armada yang kurang terawat serta sikap pengemudi yang kurang disiplin membuat transportasi umum ini sering terasa tidak nyaman.

Kalau kamu ingin transportasi yang lebih fleksibel dan privasi, kamu juga bisa menyewa mobil selama berlibur di Jakarta.

 

Hotel di Jakarta

Pilihan hotel di Jakarta sangat beragam. Kamu bisa menemukan hostel dan wisma sederhana dengan tarif sekitar Rp 100 ribu-an per malam, atau hotel bintang 5 yang menawarkan fasilitas serta layanan spektakuler dengan tarif belasan juta per malam.

Rata-rata hotel berbintang empat dan lima terletak di kawasan bisnis dan komersial yang strategis dan mudah dijangkau. Tapi, tidak jarang juga kamu bisa menemukan hostel atau wisma yang memiliki akses mudah menuju jalan raya ataupun tempat-tempat wisata di Jakarta.

Artikel terkait
kosenda rooftop

Hotel-Hotel Ini Dilengkapi Restoran Terbaik di Jakarta

Beberapa dari restoran yang berada di hotel di Jakarta sudah memiliki nama besar sejak lama. Mereka bahkan punya ciri khas yang hanya bisa didapatkan di restoran tersebut.
hotel dekat wiskul

Rekomendasi Hotel Dekat Pusat Kuliner Jakarta

Ada baiknya ketika ke Jakarta kamu memilih hotel dekat dengan para penjual makanan atau pusat kuliner.
veranda hotel

Veranda Hotel Pakubuwono, Pilihan Akomodasi Asyik di Jakarta Selatan

Buat kamu yang mau mengunjungi Jakarta atau warga Jakarta yang mau staycation buat weekend, Veranda Hotel bisa jadi opsi akomodasi yang asyik lho!
hotel bisnis

10 Hotel Murah di Kawasan Bisnis Jakarta Pusat, Tarif Mulai dari Rp 200 Ribuan

Buat para profesional, pegipegi punya 10 rekomendasi hotel murah di kawasan bisnis Jakarta Pusat yang bisa kamu booking.
hotel kemang

Hotel Murah di Kemang, Jakarta Cuma Rp 300 Ribuan

Lewat pegipegi, kamu bisa memesan hotel murah di Kemang dengan modal hanya Rp 300 ribuan. Lumayan banget kan?

Pertama Kali ke Jakarta?

Sebelum mengepak koper dan memutuskan liburan ke Jakarta, ada baiknya kamu cari tahu lebih banyak soal Jakarta. Mulai dari destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jakarta sampai tips selama berlibur di ibukota. Misalnya, imbauan memakai pakaian dan perhiasan sederhana untuk perempuan guna menghindari tindak kejahatan, apalagi di malam hari. Atau larangan menyetir mobil dengan penumpang kurang dari 3 orang pada jam-jam tertentu di beberapa kawasan.

Kalau ini kali pertama kamu ke Jakarta, cari tahu tips dan informasi penting untuk memastikan liburan kamu di Jakarta berjalan lancar.

Artikel terkait
kota tua

5 tempat wajib kunjung di Jakarta

Di tengah kerasnya kehidupan di Jakarta, ibu kota Indonesia ini tetap menyimpan potensi wisata yang layak dikunjungi traveler.
taksi jakarta

Mau Naik Taksi di Jakarta? Ini Tips Yang Harus Diperhatikan

Taksi adalah angkutan umum kerap menjadi pilihan travelers untuk bepergian. Berikut tips memilih atau naik taksi di Jakarta.
bundaran HI

Jelajahi Ibukota Jakarta Yuk!

PegiPegi sudah merangkum beberapa obyek wisata yang menarik di seluruh penjuru Jakarta untuk referensi kamu.
city tour

Asyiknya City Tour Keliling Jakarta

Buat traveler maupun warga Jakarta, ikutan city tour Jakarta gratis bisa jadi opsi wisata alternatif yang asyik lho.

Liburan Murah di Jakarta

Liburan murah di Jakarta? Memang bisa? Eits, jangan salah, walaupun dikenal sebagai kota metropolitan yang penuh gemerlap, kamu masih bisa kok menikmati liburan murah di Jakarta. Pasalnya, Jakarta punya beragam pilihan aktivitas untuk para wisatawan, mulai dari backpacker sampai turis dengan budget puluhan juta.

Masih banyak kok tempat wisata di Jakarta yang tidak membutuhkan biaya besar. Kamu bisa menikmati arsitektur kolonial sambil belajar sejarah di Kota Tua, atau bersantai di taman-taman asri kota Jakarta secara gratis. Buat kamu yang liburan bersama anak kecil, Taman Mini Indonesia Indah atau Planetarium bisa jadi tempat wisata yang menyenangkan lho. Selain dihibur dengan atraksi menarik, si kecil juga bisa menambah wawasan tentang budaya maupun ilmu pengetahuan alam. Kebun Binatang Ragunan yang murah meriah juga bisa jadi destinasi wisata menyenangkan untuk semua anggota keluarga.

 

Liburan Keluarga di Jakarta

Bingung mencari aktivitas yang menyenangkan untuk liburan keluarga di Jakarta? Nggak usah khawatir. Jakarta punya banyak tempat wisata yang aman dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Pilihan paling mudah adalah mendatangi satu dari puluhan mall yang unik di Jakarta. Kamu bisa mengajak adik atau si buah hati bermain skating di Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat, atau mempraktekkan profesi layaknya orang dewasa di Kidzania.

Taman hiburan seperti Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah atau Kebun Binatang Ragunan masih menjadi tujuan wisata keluarga favorit dan ramai dikunjungi wisatawan. Tapi, kalau kamu mencari kegiatan yang lebih santai, coba deh ajak si kecil ke area-area bermain dalam ruangan seperti KidSpace atau Miniapolis. Kamu juga bisa memanjakan diri dan si kecil dengan spa khusus untuk ibu dan anak yang mudah ditemui di beberapa tempat di Jakarta.

Artikel terkait
waterpark

Liburan Cuma di Jakarta? Main ke Waterpark Aja!

Waterpark di Jakarta juga nggak kalah seru dibandingkan waterpark di kota lain. Cari aja yang letaknya paling dekat sama rumah kamu.
cycling jakarta

7 Tempat Bersepeda Sambil Rekreasi di Jakarta

Jalanan macet dan polusi udara di Jakarta bukan jadi alasan malas berolahraga. Masih ada kok tempat menarik di Jakarta yang asyik buat bersepeda.
cutie cat

Bersantai bersama kucing di Cutie Cat Cafe Kemang

Buat kamu yang tinggal di Jakarta; khususnya daerah Kemang, yuk nongkrong seru sambil melihat kucing-kucing lucu di Cutie Cat Cafe.
ocean eco park

Ocean Ecopark Ancol, wisata edukasi asyik di utara Jakarta

Di Ocean Ecopark Ancol kamu bisa ajak adik atau ponakanmu jalan-jalan ke tempat wisata keren dengan nuansa alam dan ngga jauh dari pusat Kota Jakarta.

Liburan Romantis di Jakarta

Dibandingkan Bali atau Bandung, Jakarta mungkin kurang diperhitungkan sebagai destinasi liburan romantis. Tapi, kalau kamu tahu tempatnya, kamu bisa kok melakukan liburan romantis bersama pasangan di Jakarta.

Kamu dan pasangan bisa mengunjungi kompleks Taman Impian Jaya Ancol untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Ancol, atau melihat keindahan kerlip lampu yang memukau di Ocean EcoPark. Kalau kamu punya budget lebih, coba ajak pasangan bersantap malam romantis di Segarra Restaurant.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sore romantis di Kota Tua sambil menikmati hidangan lezat di restoran Batavia. Atau makan malam romantis beratapkan langit malam sambil menyaksikan pemandangan kota dari rooftop café atau bar yang semakin banyak bertebaran di Jakarta.

Tuh, banyak juga kan opsi aktivitas untuk liburan romantis di Jakarta bersama pasangan tercinta?

Artikel terkait
dinner

Dinner date dengan pasangan di 5 restoran romantis, Jakarta

Restoran-restoran romantis di Jakarta berikut bisa jadi inspirasi kamu untuk dinner date bersama pasangan.
mangrove pik

5 Lokasi Foto Pre-Wedding Terbaik di Jakarta

Kota Jakarta sendiri memiliki banyak lokasi yang bisa dijadikan pilihan untuk pre-wedding kamu dan pasangan. Di mana aja ya?
instagenic jakarta

10 Lokasi Foto Outdoor yang Instagenic di Jakarta

Buat kamu yang hobi fotografi dan suka difoto, main-main aja ke enam lokasi outdoor di Jakarta berikut ini.

Liburan Petualangan di Jakarta

Siapa bilang kamu nggak bisa liburan petualangan di Jakarta? Memang, pilihan wisata petualangan di Jakarta lebih terbatas dibandingkan daerah-daerah wisata lain seperti Bali atau Yogyakarta. Tapi, kamu juga bisa kok menikmati liburan sambil bertualang di tengah keramaian kota Jakarta.

Buat kamu yang suka kegiatan outbound, Kampung Main Cipulir bisa jadi pilihan destinasi seru bersama keluarga. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai rintangan outbound untuk anak maupun dewasa.

Untuk pecinta laut, jangan lewatkan kesempatan mengeksplorasi Kepulauan Seribu yang mempesona. Kamu bisa melakukan trekking, snorkeling atau sekedar bersantai di tepi pantai  Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Semak Daun dan pulau-pulau indah lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Cara mencapai kepulauan ini adalah dengan menumpangi kapal cepat atau kapal kayu dari Muara Angke, Muara Kamal maupun Pelabuhan Marina Ancol.

Artikel terkait
kepulauan seribu

5 Aktivitas seru di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu masih jadi primadona buat para backpacker, khususnya mereka yang tinggal di sekitar DKI Jakarta karena letaknya yang strategis.
pulau putri

Dengan One Day Tour, nikmati keindahan Pulau Putri hanya sehari!

Ada wisata pulau cantik yang bisa ditempuh dengan waktu cepat dari Jakarta, salah satunya adalah Pulau Putri.
waterboom jakarta

Uji nyali di Waterboom Jakarta

Di tengah menjamurnya wisata air belakangan ini, Waterboom Jakarta menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan. Cari tau ada keseruan apa aja di sana.
pulau sepa

Nikmatnya menyepi di Pulau Sepa, Kepulauan Seribu

Pulau Sepa adalah salah satu dari gugusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu biarpun namanya nggak begitu populer seperti teman-temannya yang lain.
(Visited 1,153 times, 5 visits today)

Comments

To Top