Destinasi

Jadi Raja dan Ratu Sehari di Istana Maimun, Medan

Medan dikenal dengan pesona wisata kota yang luar biasa. Kota yang menjadi sentral pemerintahan Provinsi Sumatera Utara ini memiliki bangunan megah dengan arsitektur yang cukup unik, yaitu Istana Maimun.

Terletak di jalan Brigjen Katamso, Sukaraja, Istana Maimun selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Maklum, di sinilah, Kesultanan Deli di bawah arahan Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah menggerakkan roda aktivitasnya pada akhir 1800-an.

Berada di tanah yang sangat luas, wisatawan bisa bebas berkunjung ke Istana Maimun. Tapi, hal apa saja sih yang menarik dari Istana Maimun ini?

Pegipegi punya 5 hal seru yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Istana Maimun. Yuk, disimak!

Khas Eropa

Foto: backpackerjakarta

Saat pertama kali tiba di gerbang, kesan WAH! bakal terasa saat melihat keseluruhan bangunan. Arsitektur Eropa yang kental terlihat di berbagai bagian istana seperti jendela dan pintu yang cukup lebar hingga oranamen perabotnya. Maklum, Istana Maimun sendiri didesain langsung oleh arsitek dari Negeri Pizza, Italia. Jadi, cocok banget deh buat kamu berselfie ria di sini.

Telusur Peradaban Islam

Foto: initempatwisata

Dengan warna dasar kuning yang mendominasi seluruh bangunan, kesan Melayu pun terasa di Istana Maimun. Namun, yang jadi hal paling menarik di sini adalah kamu bisa merasakan bagaimana peradaban Islam masuk ke kota Medan. Hal ini bisa dilihat dari bentuk lengkung di bagian atap yang bentuknya menyerupai perahu terbalik yang biasanya dijumpai pada bangunan-bangunan di kawasan Timur Tengah.

Penampakan Meriam Puntung

Foto: wisatapriangan

Jika kamu sering mendengar kisah Malin Kundang yang dikutuk jadi batu, kalau di Istana Maimun ada kisah dari Mambang Khayali. Diceritakan, adik dari Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua berubah menjadi sebuah meriam lantaran mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh. Lantaran serangan yang digencarkan bertubi-tubi, meriam yang merupakan jelmaan Mambang Khayali tersebut pecah menjadi dua. Nah, salah satu bagian dari meriam tersebut disimpan apik di Istana Maimun.

Lanskap Luas

Foto: panduanwisata

Istana Maimun memiliki lahan tanah yang cukup luas, lho! Meski nggak seluas Istana Bogor, Istana Maimun yang terletak di atas tanah seluas 2.772 m2 ini memiliki 30 ruangan penting di dalamnya. Nggak cuma itu, istananya sendiri terbagi dari tiga bagian yaitu, induk, sayap kiri dan kanan. Di sekelilingnya, terdapat pepohonan rindah dan tanah rumput hijau yang sangat asri. So, buat kamu yang ingin bersantai sejenak, bisa datang ke Istana Maimun.

Foto Ala Raja dan Ratu

Foto: majalahasri

Dengan karcis masuk yang hanya Rp 5.000, kamu bisa mendapatkan fasilitas ekstra. Istana Maimun menawarkan pengalaman jadi ratu dan raja sehari buat kamu dan pasangan. Dengan menyewa pakaian adat khas Melayu, kamu bisa berfoto eksklusif di atas singgasana raja. Kalau perlu, kamu ajak keluarga kamu ke sini buat foto kerajaan. Hasil fotonya, bisa kamu pajang di rumah atau pamer di medsos, deh!

Mau ke Istana Maimun? Sekalian liburan di Medan! Kamu bisa pesan tiket pesawat lewat Pegipegi, ya! Jangan lupa buat cari hotel murah di Medan juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke Medan  pesan tiket kereta api murah Medan  cari hotel murah di Medan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 513 times, 1 visits today)

Comments

To Top