Destinasi

Itinerary Liburan Seru 4 Hari 3 Malam di Labuan Bajo, Flores

Refreshing sekalian liburan, yuk! Kalau merasa Bali terlalu mainstream buat dikunjungi, saatnya kamu main ke destinasi wisata jauhan sedikit, Labuan Bajo.

Berada di Pulau Flores, Labuan Bajo menyimpan sejuta kejutan wisata berkelas dunia, lho. Dari distrik ini, kamu bisa berkelana ke berbagai desa wisata khas Manggarai, main ke Taman Nasional Komodo hingga berburu sunset dan sunrise cantik di gugusan Kepulauan Flores.

Selain itu, kamu juga bisa berburu kuliner laut yang lezat sambil berburu oleh-oleh khas Labuan Bajo. Dengan perkiraan bujet antara Rp 3-4 jutaan per orang, kamu sudah bisa menjelajahi Labuan Bajo dan isinya selama 4 hari 3 malam.

Nah, kira-kira tertarik nggak? Nah, buat kamu yang baru pertama kali ke Labuan Bajo dan butuh referensi main ke sana, Pegipegi sudah siapkan itinerary ke Labuan Bajo buat 4 hari 3 malam. Simak, yuk!

Hari Pertama

Penerbangan menuju Labuan Bajo dari Bandara Soekarno-Hatta dengan berbagai maskapai mulai dari Citilink, Batik  Air, NAM Air, hingga Garuda Indonesia memakan waktu sekitar 2,5 jam. Tiba di Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo, kamu bisa langsung menuju ke lokasi penginapan. Labuan Bajo menawarkan berbagai hotel nyaman mulai dari bintang satu hingga empat dengan range Rp200 ribu hingga Rp600 ribu.

Sempatkan diri buat berburu sunset cantik di kawasan Kampung Ujung sekalian berburu kuliner lautnya yang lezat, lho. Buat kamu yang menggemari dunia malam, Labuan Bajo hadir dengan berbagai klub malam yang kekinian banget. Deretan klub-klub tersebut dapat ditemu di sepanjang jalan Soekarno-Hatta.

Hari Kedua

Mulai pukul 06.00 WITA, arahkan destinasi wisata pertama kamu ke Kampung Todo di Manggarat Barat. Perjalanan darat dengan mobil bakal memakan waktu sekitar empat jam. Jadi, persiapkan fisik serta kebutuhan utama seperti stok makanan hingga obat-obatan. Sesampainya di Kampung Todo, kamu bakal disambut perwakilan kepala adat yang bakal mengajak kamu berkeliling. Berada di kaki Gunung Anak Ranaka, Desa Todo adalah pusat Pemerintahan Kerajaan Manggarai.

Manggarai sendiri merupakan kerajaan terbesar yang menguasai Pulau Flores sebelum akhirnya harus pindah ke kota Ruteng karena invasi Belanda. Cukup dua jam di sana, kamu bisa lanjutkan perjalanan darat ke Kampung Melo yang berada di jalur balik menuju Labuan Bajo. Di sana, kamu bakal disambut dengan tarian-tarian khas suku Manggarai hingga perjamuan makan dari warga setempat sebelum balik ke Labuan Bajo

Hari Ketiga

Liburan ke Labuan Bajo nggak lengkap jika belum berlayar mengarungi lautan Flores. Dengan tujuan utama Pulau Padar, kamu bisa menumpang kapal wisata yang disewakan berbagai agen travel di kawasan Labuan Bajo. Dengan fasilitas layaknya hotel, kamu bakal dijamu dengan pelayanan terbaik serta kuliner lezat di atas laut.

Demi mengejar matahari tenggelam, usahakan berangkat dari Dermaga Labuan Bajo pada pukul 10.00 WITA. Sepanjang jalan, kamu berkesempatan buat berkunjung ke beberapa destinasi wisata cantik seperti Pulau Rinca dengan wisata komodo serta snorkeling di Pulau Manjerite.

Selama empat jam perjalanan, kamu disuguhkan oleh panorama alam yang mengagumkan, terlebih saat kapal melintasi banyak gugusan pulau khas Labuan Bajo. Namun, semuanya berubah drastis kala matahari mulai tenggelam di Pulau Kalong sebelum kapal bersandar satu malam di dermaga Pulau Padar.

Hari Keempat

Penantian untuk turun dari atas kapal berakhir. Sekitar pukul 05.00 WITA, kamu dipersilahkan turun dari kapal untuk melanjutkan perjalanan dengan hiking. Sekitar 600 anak tangga dengan durasi hiking 30-40 menit harus ditaklukan sebelum matahari terbit pada 05.30 WITA. Sampai di puncak Pulau Padar, rasa lelah bakal terbayar tuntas saat matahari muncul di horizonnya secara perlahan, melepas sinar berwarna jingga ke atas langit.

Suhu udara pagi di Pulau Padar yang berkisar antara 18-20 derajat celcius berpadu dengan ciutan burung-burung gagak yang melayang menjadi teman kamu menikmati keindahan Pulau Padar dari puncak. Jangan lupa untuk mengabadikan foto dengan latar belakang teluk kembar khas Pulau Padar. Cukup 2 jam berada di atas puncak Pulau Padar, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Long Beach untuk menikmati pantai pasir merah muda sebelum kembali ke Labuan Bajo.

Mau liburan ke Labuan Bajo? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Labuan Bajo lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo  cari hotel murah di Labuan Bajo

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top