Destinasi

Itinerary Liburan di Pangelangan, Bandung: Petualangan Seru 2 Hari 1 Malam!

Mau ajak keluarga liburan tapi nggak punya waktu banyak? Arahkan kemudi kendaaraan kamu ke Bandung, yuk! Nah, jika pusat kotanya sudah terlalu padat buat kamu jelajahi, mending main ke kawasan wisata di sekitarnya, seperti Pangalengan.

Dengan cuaca yang sejuk, cenderung basah, Pangalengan cukup popular di kalangan turis lokal, khususnya yang bawa keluarga. Layaknya kawasan Puncak di Bogor, Pangalengan menawarkan pesona keindahan alam khas pegunungan. Di sini, kamu bisa menyusuri kebun teh, menantang adrenalin dengan arum jeram hingga wisata ke rumah hantu!

Dengan bujet nggak sampai Rp500 ribu per orang, kamu bisa dapat banyak lokasi wisata yang seru dan juga menarik. Belum lagi, kamu dapat ajak keluarga menjelajah wisata kuliner khas Pangalengan yang dikenal dengan ayam bakar sambal kencurnya!

Cukup kosongkan dua hari di akhir pekan ini, kamu bisa bertualang sambil ajak keluarga liburan ke sana. Tenang, Pegipegi sudah bikin itinerary perjalanan buat kamu yang ingin liburan di Pangalengan, Bandung buat 2 hari 1 malam! Simak di bawah ini.

Hari Pertama

Sabtu pagi menjadi waktu yang ideal untuk memulai perjalanan kamu ke Pangalengan, Bandung. Khusus kamu yang dari Jakarta, kamu harus menempuh perjalanan selama lima jam melalui Tol Cipularang dengan kendaraan pribadi.

Nah, spot pertama yang cocok kamu kunjungi saat pertama kali tiba adalah Pemandian Air Panas Cibolang. Di sini, kamu bisa berendam sambil melepas penat di dalam kolam air yang hangat. Kolam air panas ini punya khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat dan rematik, lho.

Cukup dua jam di sana, kamu bisa lanjutkan petulangan kamu ke Perkebunan Teh Malabar. Sesuai dengan namanya, para turis bakal dibuai dengan hamparan perkebunan teh yang sangat hijau. Dengan latar belakang Gunung Malabar yang menawan, kamu bisa bertualang sambil berburu foto selfie.

Jelang sore, sempatkan diri buat main ke Situ Cileunca. Nggak hanya bisa menikmati keindahan danau, namun banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana. Misalnya, berkemah karena di sana banyak camping ground yang disediakan oleh banyak pihak. Lokasi camping pun berbeda dan kamu bisa memilih ingin camping dengan view seperti apa. Untuk yang hobi memancing, kamu bisa menyewa perahu nelayan dan bisa memancing seharian.

Selain teh dan kopi, Situ Cileunca juga memiliki kebun stroberi. Untuk mencapai kebun stroberi, kamu tinggal menyebrang menggunakan perahu. Dan bagi yang gemar mentang adrenalin, kamu bisa mencoba main arung jeram yang bakal dikulik habis di hari kedua.

Hari Kedua

Usai bangun dan sarapan pagi, kamu bisa langsung merapat ke kawasan Situ Cileunca buat bermain arung jeram. Soalnya, Situ Cileunca merupakan muara dari Sungai Palayangan yang memiliki permainan arung jeram dengan tingkat kesulitan sedang.

Sungai Palayangan memiliki arus deras serta bebantuan licin. Dengan lebar sungai yang hanya lima meter, kamu dituntut ekstra konsentrasi saat mengendalikan perahu kamu. Tapi tenang, keselamatan kamu selama bermain arung jeram bakal dijamin oleh penyedia wahana yang sudah profesional.

Buat yang nggak terlalu suka dengan arum jeram, kamu bisa ajak keluarga hiking ke Wayang Windu. Dikenal dengan Kawah Sabit yang luas, Wayang Windu adalah gunung berapi kembar yang masih aktif. Gunung ini memiliki pemandangan menakjubkan dengan view hamparan perkebunan teh dan gugusan gunung-gunung di sekitarnya. Untuk mendaki gunung ini, wisatawan disarankan melalui titik start yang berlokasi di dekat Pembangkit Panas Bumi Wayang Windu.

Turun dari gunung, kamu bisa langsung berkunjung ke wisata Rumah Pengabdi Setan. Yap, rumah ini menjadi lokasi syuting film horor garapan sutradara Joko Anwar yang rilis pada 2017 dan menggemparkan jagat perfilman Tanah Air.

Meski terkesan tua, rumah Pengabdi Setan punya fondasi yang sangat kokoh. Arsitektur gaya art deco membuat bangunan ini punya penampakan klasik dan gagah. Memiliki dua lantai, rumah ini hadir dengan banyak lorong di dalamnya, khas rumah Belanda, deh.

Sebelum pulang, kamu bisa menutup perjalanan kamu di Puncak Giri yang memesona. Yap, Puncak Giri menawarkan spot foto di atas bukit dengan latar lanskap luas kebun teh khas Pangalengan. Cocok buat berburu sunrise maupun sunset, pengelola menyediakan gimmick berupa spot foto yang keren banget.

Buat kamu yang khusus ingin berlibur di Pangalengan bisa menginap di sini. Dengan harga mulai dari Rp227,273* di Pegipegi, hotel yang satu ini memiliki pilihan kamar yang lengkap dan pas untuk liburan bareng keluarga atau teman segeng.

Foto oleh: Wisnu Wardono dan Shutterstock

Mau main ke Pangalengan? Sekalian liburan ke Bandung! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Bandung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top