Tips

Itinerary Liburan 4 Hari 3 Malam ke Yogyakarta Bersama si Kecil

Buat travelers yang sudah berkeluarga, apalagi dikaruniai buah hati, lumayan repot cari waktu untuk liburan, apalagi jika si kecil terhitung masih batita. Tentunya, sebagai orangtua travelers mau memberikan perjalanan senyaman mungkin bagi si kecil.

Sebenarnya, liburan bareng anak yang masih batita itu menyenangkan lho, travelers! Selain bisa mengajak anak melihat hal-hal baru, orangtua juga masih bisa “egois” memilih tempat-tempat wisata menarik. Karena, si kecil belum bisa protes atau menuntut. Jadi, mumpung si kecil masih “pasrah”, buruan deh susun rencana liburan bersama keluarga!

Mulai aja dari tempat-tempat wisata yang umum seperti Yogyakarta atau Bali. Selain punya banyak pilihan aktivitas dan hotel, liburan di Yogyakarta dan Bali juga terbilang kids friendly. Karena, sudah banyak fasilitas umum untuk bayi atau batita.

Nah, pegipegi punya satu ide liburan ke Yogyakarta bersama si kecil berdasarkan pengalaman pribadi. pegipegi sengaja memilih weekdays untuk liburan guna menghindari tempat wisata yang penuh sesak dan harga tiket mahal. Mudah-mudahan itinerary 4 hari 3 malan di Yogyakarta bersama si kecil ini bisa menjadi inspirasi liburanmu ya!

Hari Senin

08.05 – 09.10:  Berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma dan mendarat di Bandara Adi Sucipto

09.30: Menunggu supir dari penyewaan mobil

10.00 – 11.00: Menuju jalan Wijilan untuk menikmati Gudeg Bu Lies yang terkenal

11.00 – 11.30: Wisata sejarah dan budaya di Istana Air Taman Sari

taman sari

Taman Sari

11.45 – 12.45: Wisata sejarah dan budaya di Keraton Yogyakarta

13.00: Check in, istirahat, dan menikmati sisa hari di hotel

TIPS DAN KETERANGAN

  • Menyewa mobil adalah opsi paling ideal ketika berlibur dengan si kecil. Selain bisa lebih fleksibel mengatur jadwal dan rute perjalanan, tentunya anak juga merasa lebih nyaman.
  • Pastikan mencari penyewaan mobil yang terpercaya dengan tarif yang masuk akal. Umumnya, penyewaan mobil di Jogja menyertakan supir, jadi kamu tidak bisa menyewa mobil dengan sistem lepas kunci. Tarifnya sendiri rata-rata Rp 400.000 – Rp 450.000* per hari (sudah termasuk mobil + supir + BBM).
  • Kamu juga bisa membuat paket custom seperti yang pegipegi lakukan. pegipegi memberikan itinerary terlebih dulu ke pihak penyewaan mobil. Lalu mereka akan mengkalkulasikan total harga berdasarkan lama pemakaian per hari dan jarak tempuh tempat-tempat wisatanya.
  • Sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata, lebih baik isi perut dulu dengan makanan khas Yogyakarta, yaitu gudeg. Selain melepas lelah setelah perjalanan, kamu juga bisa mengganti popok dan pakaian si kecil dengan yang lebih nyaman.
  • Jangan lupa membawa topi untuk si kecil karena cuaca Yogyakarta saat siang hari lumayan terik.
  • Kalau si kecil mulai rewel di salah satu tempat wisata, nggak usah memaksakan diri untuk melihat semua bagian tempat wisata itu, travelers. Usahakan agar anak selalu nyaman saat liburan, sehingga acara jalan-jalanmu juga menyenangkan.
  • Kebetulan saat pegipegi liburan, Yogyakarta masih sering hujan saat sore sehingga agenda sore hari terpaksa batal. Nah, kamu bisa mengantisipasi hal ini dengan memesan hotel untuk keluarga yang punya banyak fasilitas. Alhasil, kalau kamu terpaksa diam di hotel, si kecil juga nggak akan bosan karena bisa mengeksplorasi fasilitas hotel.

Hari Selasa

07.30 – 09.00 : Sarapan di hotel

09.15 – 10.30: Menikmati fasilitas-fasilitas hotel

10.45 – 11.30: Bersih-bersih dan menunggu dijemput supir

12.00 – 13.00: Menuju Museum Ullen Sentalu Kaliurang

13.15 – 14.15: Menikmati tur berpemandu di Museum Ullen Sentalu

14.20 – 15.30: Makan siang di Restoran Beukenhof

15.45: Kembali ke pusat Yogyakarta

16.00 – 17.30: Beli oleh-oleh

18.00: Kembali ke hotel, istirahat

TIPS DAN KETERANGAN

  • Ketika bepergian dengan batita, sebaiknya batasi tempat wisata yang mau dikunjungi hingga 3 atau 4 per hari supaya si kecil nggak kelelahan. Itu pun dengan catatan tempat wisatanya masih berdekatan, ya. Kalau tempat-tempat wisatanya berjauhan, mungkin dua tempat wisata per hari sudah cukup.
  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu saat pegipegi datang ke sana adalah Rp 30.000* untuk pengunjung dewasa domestik. Anak-anak (5-16) dikenakan tarif Rp 15.000, sedangkan anak di bawah usia 5 tahun boleh masuk gratis.
  • Kalau kamu mengunjungi Yogyakarta sekitar bulan September – Maret, sebaiknya persiapkan payung dan jas hujan karena Museum Ullen Sentalu punya bagian outdoor. Tapi, kalau kamu nggak mau repot, kamu bisa membeli jas hujan di loket karcis Museum Ullen Sentalu seharga Rp 5000* per buah.
  • Museum Ullen Sentalu mewajibkan semua pengunjung mengikuti tur berpemandu, jadi kamu nggak bisa sembarangan melihat-lihat museum. Tapi, nggak perlu khawatir, travelers. Para pemandu tur ini sudah punya jam terbang tinggi sehingga kamu nggak akan dibuat bosan mendengar penjelasan dan informasinya.
  • Jangan mengambil foto sembarangan di Museum Ullen Sentalu ya! Pemandu akan memberitahu spot-spot mana yang boleh difoto, jadi sebaiknya ikuti petunjuk pemandu.
museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu

  • Restoran Beukenhof berada tepat di pintu keluar Museum Ullen Sentalu. Restoran ini mengusung desain kolonial untuk interiornya sehingga jadi spot yang asyik banget untuk foto-foto dengan keluarga tercinta. Harga makanannya sendiri nggak bisa dibilang murah (Rp 300.000* untuk dua orang), tapi rasa makanannya emang enak banget kok! Porsinya juga lumayan banyak, jadi cukup sebanding dengan harganya.
  • Mau beli oleh-oleh Bakpia Patuk yang populer? Kamu bisa datang langsung ke pabriknya di Jl. K.S Tubun untuk beli bakpia yang masih hangat, baik untuk oleh-oleh atau kamu makan sendiri. Walaupun terbilang kecil, tapi tempat ini hampir selalu ramai oleh pengunjung, lho.
  • Kalau kamu mencari batik untuk oleh-oleh yang lumayan banyak, kamu bisa mencarinya di kawasan Malioboro atau Pasar Beringharjo yang memang punya banyak pilihan dengan harga terjangkau. Tapi, kalau kamu mencari untuk koleksi pribadi atau hadiah istimewa, coba kunjungi toko Batik Rumah di jalan Nogosari Lor no. 8, Kadipaten, Keraton. Di sini, kamu bisa menemukan kain batik atau pun baju batik dengan kualitas premium.

Hari Rabu

03.00: Siap-siap untuk Sunrise Tour Borobudur

03.30 – 04.30: Check out, menuju Candi Borobudur

04.45 – 06.00: Menikmati Sunrise Tour

06.30 – 07.30: Menikmati snack di Hotel Manohara

08.00 – 10.00: Sarapan lengkap dan istirahat di Patio Restaurant, Plataran Borobudur

10.30 – 12.00: Menuju MesaStila Resort and Coffee Plantation

12.30: Check in dan menikmati sisa hari di resort

TIPS DAN KETERANGAN

  • Untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Candi Borobudur, satu-satunya cara adalah dengan membeli paket Sunrise Tour Borobudur di Hotel Manohara, yang memang punya akses langsung ke candi. Tapi, kamu juga bisa menikmati sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur dari atas bukit Punthuk Setumbu.
sunrise tour borobudur

Sunrise Tour Borobudur

  • Harga tiket Sunrise Tour Borobudur di Hotel Manohara adalah Rp 270.000* per orang dewasa (domestik). Harga ini sudah termasuk peminjaman senter, snack untuk sarapan dan souvenir. Bagi warga asing, tarifnya adalah Rp 400.000* per orang dewasa. Sementara, kalau kamu memilih Punthuk Setumbu, kamu cukup membayar Rp 15.000* per orang dewasa (domestik) atau Rp 30.000* (asing).
  • Penjualan tiket baru dimulai pukul 04.00, sedangkan turnya sendiri dimulai pukul 04.30.
  • Perjalanan dari Yogyakarta menuju Candi Borobudur yang terletak di Magelang sekitar satu jam. Tapi, karena kamu berangkat pagi, kondisi lalu lintas masih sangat lancar dan kamu bisa tiba lebih cepat. Supaya si kecil nggak menunggu terlalu lama, sebaiknya kamu mengatur waktu keberangkatan dari Yogyakarta. Saran pegipegi adalah berangkat pukul 04.00 supaya tiba di Candi Borobudur pukul 05.00. Jadi, kamu nggak perlu menunggu matahari terbit terlalu lama dan meminimalisir kemungkinan si kecil menjadi rewel.
  • Kalau kamu masih punya waktu luang, coba deh sarapan di Patio Restaurant yang berada di resort Plataran Borobudur, sekitar 10 menit dari Hotel Manohara. Resort mewah ini membebaskan tamu luar untuk menikmati hidangan lezat di restoran mereka. Ini adalah tempat yang ideal untuk istirahat sejenak setelah lelah beraktivitas sejak dinihari. Harga makanan dan minuman di Patio Restaurant memang tidak bisa dikatakan murah, namun masih terjangkau kalau dibandingkan restoran-restoran serupa di Jakarta.
suasana patio restaurant

Suasana Patio Restaurant

  • Opsi lain yang bisa kamu ikuti adalah mengunjungi Gereja Ayam yang menjadi salah satu lokasi syuting sekuel film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta 2. Kebetulan lokasi Gereja Ayam ini nggak jauh dari Plataran Borobudur, travelers.
  • pegipegi memutuskan menghabiskan malam terakhir liburan di MesaStila Resort and Coffee Plantation. Resort ini terletak di Desa Losari, Magelang, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Candi Borobudur dan 3 jam perjalanan dari pusat Yogyakarta.
  • MesaStila Resort and Coffee Plantation adalah salah satu resort mewah di Magelang yang menawarkan pemandangan indah serta fasilitas melimpah, jadi sangat cocok buat si kecil bersantai setelah mengikuti banyak agenda wisata. Seperti namanya, resort ini punya kebun kopinya sendiri dan semua tamu yang menginap bisa mengikuti tur kebun kopi secara gratis.
  • Rate MesaStila Resort di pegipegi.com mulai dari Rp 1.751.652* per malam, bergantung pada jenis vila yang dipesan. Walaupun terbagi menjadi beberapa tipe vila, nggak perlu khawatir travelers, semua villa di resort ini terbilang sangat luas. Jadi, si kecil bisa bebas bermain di kamar tanpa khawatir merusak barang-barang milik akomodasi. Yuk langsung booking MesaStila Resort di pegipegi.com!
lihat mesastila resort
mesastila resort

MesaStila Resort

Hari Kamis

06.30 – 07.00: Berjalan-jalan di sekeliling kompleks MesaStila Resort

07.15 – 08.15: Sarapan di restoran MesaStila Resort

08.20 – 09.50: Mandi dan istirahat

10.00 – 11.00: Tur kebun kopi MesaStila Resort

11.15 – 12.00: Packing

12.00 – 14.30: Check out, kembali ke Yogyakarta

15.00: Tiba di Bandara Adi Sucipto, bersiap untuk flight pulang

TIPS DAN KETERANGAN

  • MesaStila Resort memiliki lahan seluas 22 hektar, terdiri dari 11 hektar untuk vila dan 11 hektar untuk kebun kopi. Ajak si kecil untuk jalan-jalan di kompleks resort yang sangat asri dengan udara sejuk khas pedesaan.
kompleks mesastila resort

MesaStila Resort

  • Pastikan mengikuti tur kebun kopi gratis yang disediakan pihak resort. Pada tur ini kamu akan dikenalkan dengan jenis-jenis tanaman kopi, mulai dari Robusta, Arabica, maupun kopi Jawa. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat proses penggilingan biji kopi serta mencicipi kopi hasil produksi MesaStila Resort.
testing kopi mesastila

Kopi MesaStila

Nah, nggak terlalu susah kan liburan bareng batita? Jadi, sudah siapkan rencana jalan-jalan bareng si kecil, travelers?

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Supaya menghemat bujet transportasi, kamu bisa sekalian pesan tiket pesawat ke Yogyakarta lewat pegipegi.com. Dijamin harganya lebih murah ketimbang tempat lain! Selama liburan bersama si kecil!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta cari hotel murah lain di yogyakarta cari hotel murah lain di magelang

Sumber gambar dan tulisan: Defanie Arianti

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 18,823 times, 32 visits today)

Comments

To Top