Tips

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam Menyenangkan di Semarang

Susah ambil cuti terlalu banyak di kantor? Kamu bisa cobain liburan ke Semarang selama 3 hari 2 malam aja di hari Jumat sampai Minggu bersama keluarga, teman, atau pasangan. Jadi, kamu hanya tinggal mengambil cuti di hari Jumat. Meskipun waktu liburan terbilang tidak terlalu lama, kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan mengikuti itinerary yang Pegipegi berikan berikut ini.

Hari 1:

Biar liburan kamu lebih maksimal, sebaiknya ambilah penerbangan di pagi hari.

6.00 – 6.30: Check in bagasi

07.20 – 8.35: Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Ahmad Yani

08.35 – 09.00: Baggage claim

09.00 – 09.30: Bandara Ahmad Yani – Toko Oen

09.30 – 10.30: Ngopi dan belanja snack di Toko Oen.

Toko Oen yang masih menggunakan resep asli dari Oma Oen memang cuma ada di Semarang. Di sana kamu bisa menikmati suasana kolinial di Semarang dan icip-icip roti dan kue kering yang lezat. Beli oleh-oleh di sana juga boleh banget, lho!

10.30 – 10.45: Toko Oen – Rumah Makan Semarang

10.45 – 13.15: Break Zuhur dan makan siang di Rumah Makan Semarang.

Rumah Makan Semarang dikenal dengan nama Semarang Heritage Cuisine. Resto ini memiliki interior serba jadul dan masih terasa unsur tradisionalnya. Makanan yang kudu dicoba di sana adalah Siomay Gulung, Nasi Langgi, Lontong Cap Gomeh, dan Es Cao!

13.15 – 13.30: Rumah Makan Semarang – Hotel (Rooms Inc)

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

Rooms Inc menjadi pilihan Pegipegi, karena hotel ini letaknya strategis, yaitu di Semarang Tengah. Interiornya juga sangat kekinian dan instagenic. Setiap sudutnya sangat cantik untuk foto-foto.

13.30 – 14.00: Menunggu check in hotel

14.00 – 16.30: Check in dan istirahat di Rooms Inc

16.30 – 16.45: Rooms Inc – Simpang Lima

Simpang Lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu di Semarang, yaitu Pahlawan, Pandanaran, Ahmad Yani, Gajah Mada, dan Ahmad Dahlan. Kawasan ini merupakan pusat keramaian di Semarang, terutama ketika Sabtu dan Minggu. Ketika Minggu pagi, Simpang Lima hanya digunakan untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda.

16.45 – 19.00: Icip-icip di Simpang Lima sekaligus menikmati suasana malam yang tenang di Semarang

Yang harus didatangi ketika berada di Simpang Lima adalah Pujasera Simpang Lima, di mana di dalamnya terdapat aneka kuliner lezat yang harus diicip. Makanan di sana diklaim tidak menggunakan MSG, namun rasanya tetap lezat dan gurih. Yup, makanan Semarang rata-rata memang lezat, namun tetap memerhatikan gizi.


Di sana kamu bisa menikmati makanan lezat, seperti nasi goreng, sate kambing, seafood, pecel, wedang, dan lain-lain. Harganya juga bersahabat di kantung, lho.

Sudah menginjakkan kaki di Simpang Lima, jangan lupa foto di depan tulisan Simpang Lima.

19.00 – 19.15: Simpang Lima – Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

19.15 – 20.15: Makan malam di Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Kalau kamu penggemar berat babat, harus banget ke Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok! Meskipun tempatnya hanya berupa tenda dan sangat sederhana, namun kedai ini selalu ramai akan pengunjung. Soalnya, makanan yang disajikan kaya akan rempah dan tekstur babatnya empuk.

Salah satu menu yang harus dipesan adalah Babat Gongso. Gongso di sini berarti ditumis. Meskipun menu ini mirip semur, tapi rasanya berbeda jauh dengan semur. Perpaduan antara rasa manis dan gurih di dalamnya begitu pas. Semakin lezat karena ada telur dadar goreng dan nasi putih hangat.

20.15 – 20.30: Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok – Kota Lama

20.30 – 21.00: Menikmati suasana Kota Lama

Bisa dibilang, Kota Lama Semarang mirip Kota Tua Jakarta. Di sana kamu bisa menikmati suasana kolonial, karena dulunya Kota Lama adalah pusat perdagangan pada abad 19 sampai 20.

21.00 – 21.15: Kota Lama – Rooms Inc

21.15: Mandi dan istirahat

Hari 2:

7.30 – 9.00: Sarapan pagi di hotel, mandi, dan siap-siap

9.00 – 9.20: Rooms Inc – Sentra Bandeng Presto, Tambakrejo

9.20 – 10.20: Melihat proses pembuatan bandeng presto dan belanja bandeng

Liburan ke Semarang, rasanya nggak lengkap kalau nggak icip-icip bandeng presto yang menjadi salah satu kuliner andalan di sana. Di Sentra Bandeng Presto, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan bandeng presto. Ternyata, selain dipresto, bandeng juga bisa dipepes atau dibuat jadi otak-otak, lho. Buat yang ingin belanja bandeng untuk diri sendiri atau dijadikan oleh-oleh bisa banget sekalian belanja di Sentra Bandeng Presto. Harga yang ditawarkan lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan tempat lain. Bandeng Presto Goreng di sana bisa kamu peroleh dengan harga Rp 80 ribu per kg.

10.20 -10.35: Sentra Bandeng Presto – Gang Lombok

10.35 – 12.05: Aktivitas di Gang Lombok

Gang Lombok berada di kawasan Pecinan Semarang. Di sana kamu ada kelenteng yang bisa kamu manfaatkan untuk wisata religi, juga ada jajanan Lumpia Gang Lombok dan Moaci Gemini yang hits. Liburan kamu nggak bakal lengkap kalau kamu nggak borong Lumpia Rebung khas Semarang dan kue moaci.

Kelebihan dari Lumpia Rebung Semarang di Gang Lombok adalah sayur rebungnya yang tidak berbau pesing seperti di tempat lain.  Soalnya mereka bisa mengolah rebung dengan tepat. Usaha lumpia yang dilakukan oleh Pak Untung sebagai pemilik kedai sudah dilakukan selama ratusan tahun di mana dimulai dari nenek dari ayahnya Pak Untung. Soal rasa nggak usah diragukan lagi deh! Kulit lumpianya renyah dan isinya cukup beragam, ada rebung, telur, dan udang.

12.05 – 12.25: Gang Lombok – Soto Bangkong

12.25 – 13.25: Makan siang di Soto Bangkong

Meskipun namanya Soto Bangkong, namun bukan berarti soto ini terbuat dari daging kodok. Soto Bangkong terdiri dari suwiran daging ayam kampung, irisan tomat, bihun, tauge, taburan bawang merah, dan bawang putih. Kuahnya agak cokelat karena mengandung bawang putih dan kecap asin yang diproduksi sendiri. Karena kuahnya mengandung kaldu ayam kampung, Soto Bangkong pun makin terasa nikmat. Biasanya, Soto Bangkong dinikmati bersama nasi hangat, sate tempe, perkedel, sate kerang, dan lain-lain.

13.25 – 13.40: Soto Bangkong – Tahu Pong

13.40 – 13.15: Jajan Tahu Pong

13.15 – 13.35: Tahu Pong – Lawang Sewu 

13.35 – 15.00: Aktivitas di Lawang Sewu

Sejarah Lawang Sewu nggak lepas dari sejarah perkeretaapian di indonesia karena dibangun sebagai Het Hoofdkantoor Van de Nederlandsch – Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), yaitu perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia dan menghubungkan Semarang dengan “Vorstenlanden” (Surakarta dan Yogyakarta), dengan jalur pertamanya, jalur Semarang Temanggung 1867.

Setelah cukup lama Lawang Sewu seperti tak terurus, akhirnya Lawang Sewu dilakukan pemugaran yang memakan waktu cukup lama. Akhirnya pemugaran selesai pada akhir Juni 2011 dan kembali dibuka untuk umum setelah tanggal 5 Juli 2011. Lalu diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan dilanjutkan dengan event Pameran Kriya Unggulan Nusantara yang menampilkan produk-produk tradisional dari seluruh nusantara. Eksotisme Lawang Sewu membuat tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Lawang Sewu kabarnya juga menyimpan berbagai cerita mistis di dalamnya.

15.00 – 15.05: Lawang Sewu – Rooms Inc

Dari Lawang Sewu ke Rooms Inc sangat dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki aja.

15.05 – 17.00: Istirahat di Rooms Inc

17.00 – seterusnya: acara bebas

Hari 3:

07.00 – 8.30: Sarapan pagi, mandi, dan packing

08.30 – 08.45: Proses check out dari hotel

08.45 – 10.00: Rooms Inc – Kampoeng Kopi Banaran

Untuk menuju Kampoeng Kopi Banaran, diperlukan waktu yang cukup panjang, kurang lebih 1 jam berkendara. Letaknya berada di jalan Raya Semarang – Bawen km 1,5. Kampoeng Kopi Banaran menawarkan argo wisata ke kebun kopi seluas 400 hektar.

10.00 – 12.30: Aktivitas di Kampoeng Kopi Banaran dan makan siang

Tidak perlu trekking untuk menuju kebun kopi, karena ada kereta wisata yang bisa dimanfaatkan. Tempat ini bukan hanya cocok untuk para pecinta kopi, tapi juga untuk semua umur dan cocok juga untuk liburan keluarga. Ditambah lagi suasananya sangat sejuk dan hijau. Jangan lupa untuk belanja kopi hasil perkebunan di sana, ya!

Untuk mengisi perut, kamu bisa makan siang di Banaran 9 Resort Hotel & SPA. Di depan restonya juga ada spot foto dengan latar belakang gunung dan danau cantik!

12.30 – 14.00: Kampoeng Kopi Banaran – Kelenteng Sam Poo Kong

14.00 – 15.00: Aktivitas di Sam Poo Kong

Kelenteng ini memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan Laksamana Cheng Ho (Sam Po Tay Djien), seorang pelaut Muslim dari Tiongkok yang terkenal dengan perjalanannya yang membawa misi damai. Saat ia berlayar melewati Laut Jawa, awak kapalnya yang bernama Wang Jinghong (Dampo Awang) jatuh sakit. Kemudian Cheng Ho memerintahkan untuk membuang sauh dan merapat ke pantai utara Semarang dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai.

Awalnya tempat ini cuma berupa goa dan di dalamnya terdapat sebuah altar yang digunakan Cheng Ho dan pengikutnya sebagai tempat sholat. Ketika Cheng Ho melanjutkan perjalanan, goa tersebut tertimbun tanah longsor pada tahun 1704. Sebagai penghormatan terhadap Cheng Ho, masyarakat setempat menggali kembali serta membagun altar yang dilengkapi dengan patung Cheng Ho beserta pengawalnya.

Bangunan itu sekarang berada di tengah kota Semarang karena Pantai Utara Jawa selalu mengalami pendangkalan akibat sendimentasi. Sehingga, daratan makin bertambah luas ke arah utara. Kini, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat pemujaan, bersembahyang, dan berziarah. Banyak hal yang bisa dilakukan di Sam Poo Kong, yaitu mencicipi aneka kuliner yang dijajahkan di luar kelenteng, foto selfie, berfoto dengan menggunakan kostum yang disewakan, dan diramal.

15.00 – 15.30: Sam Poo Kong – Bandeng Juwana

15.30 – 16.00: Belanja di Bandeng Juwana

Kalau masih kurang dengan belanjaan camilan dan oleh-oleh, kamu bisa mampir sebentar ke Bandeng Juwana. Tapi, belanjanya jangan terlalu lama. Karena jika kamu harus melakukan penerbangan sore, kamu harus buru-buru menuju bandara supaya tidak ketinggalan pesawat.

16.00 – 16.20: Bandeng Juwana – Bandara Ahmad Yani

16.20 – 17.00: Proses check in bagasi di bandara

17.00 – 18.00: Menunggu pesawat

18.00: Bandara Ahmad Yani – Bandara Soekarno Hatta

Seru banget kan itinerary-nya? Yuk, ajak orang yang kamu cintai liburan ke Semarang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat Pegipegi, ya! Jangan lupa cari hotel murah lain di Semarang, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top