Kuliner

Itinerary Berburu Kuliner di Yogyakarta: 3 Hari Cuma Rp100 Ribu!

Mau wisata kuliner di Yogyakarta tapi bujetnya terbatas? Tenang, kamu dan sahabat bisa keliling Yogyakarta berburu makanan enak dengan modal uang Rp100 ribu saja!

Selain punya beragam jenis kuliner lezat, Yogyakarta dihuni banyak sekali tempat nongkrong anak muda yang asyik, lho. Mulai dari Kopi Joss dekat Stasiun Tugu hingga Mie Ayam Bu Tumini yang lezat bisa kamu cicipi.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya itinerary berburu kuliner murah di Yogyakarta dengan modal Rp100 ribu saja selama 3 hari. Tertarik? Simak di bawah ini, yuk!

Hari Pertama

1. Nasi Pecel Bu Yamtini

Kalau pagi-pagi gini, enaknya cari pecel segar di Pasar Beringharjo. Di sana, ada kedai pecel yang legendaris banget, lho, Nasi Pecel Bu Yamtini. Dengan bujet Rp10,000, kamu bisa menikmati kelezatan nasi pecel dengan sambal kacang yang pedas. Makin mantap, ditambah rempeyek kacang buat jadi temannya.

2. Soto Bathok Mbah Katro

Jika kamu main ke kawasan Purwomartani, jangan lupa mencicipi kelezatan Soto Bathok Mbah Katro. Cukup dengan bujet Rp5.000 saja, kamu bisa menikmati semangkuk soto sapi yang disajikan dalam sebuah bathok kelapa. Temannya, kamu juga bisa mencicipi kelezatan sate usus dan telur puyuh hingga tempe goreng.

3. Tempo Gelato

Sambil keliling kota Yogyakarta, enaknya cari es krim, nih! Nah, kedai Tempo Gelato di kawasan Jakal bisa jadi referensi buat kamu. Dengan bujet mulai Rp20 ribu, kamu bisa bebas pilih dua rasa gelato yang ditawarkan. Varian rasanya mulai dari mint, Oreo, choco strawberry hingga sarbet. Nggak bakal rugi, deh!

Hari Kedua

4. Kopi Klotok

Ada rencana bertualang ke Kaliurang, sempatkan diri buat mampir ke Kopi Klotok. Terletak di jalan Kaliurang KM.16, Pakem, Sleman, Kopi Klotok merupakan kedai nasi yang sangat sederhana. Letaknya di kawasan perkampungan warga, sang penjaja menjual makanan dan minumannya di sebuah rumah joglo yang cukup luas. Cukup dengan bujet Rp6,500, kamu bisa puas makan nasi dengan varian sayur, mulai dari sayur sop, lodeh hingga sayur ayam. Makin seru, karena kamu cukup bayar sekali buat makan sepuasnya di sini!

5. Mie Ayam Bu Tumini

Yogyakarta memang surganya kuliner lezat. Selain gudeng yang tersohor itu, kota Pelajar memiliki kedai mie ayam terlezat, Mie Ayam Bu Tumini. Label “terlezat” yang tersematkan kepada kedai yang satu ini bukan tanpa alasan. 700 mangkuk mie ayam terjual tiap hari jadi bukti kalau Mie Ayam Bu Tumini spesial. Hadir di jalan Imogiri Timur No. 187, Umbul Harjo, kedai ini menawarkan mie ayam dengan engan kuah kaldu berwarna coklat yang gurih manis. Makin spesial, potongan daging ayam empuk menghiasi topping dari mie ayam yang satu ini. Kamu cukup merogoh dana sebesar Rp8,000 buat makan di sini.

6. Kopi Joss

Nah, sambil menikmati suasana malam di Yogyakarta, mampir ke pinggiran Stasiun Tugu, yuk! Di sana berjejer kedai kopi joss yang terkenal. Kopi joss sendiri merupakan sajian kopi hitam yang dipadukan dengan charcoal atau arang. Hadirnya arang di dalam kopi tersebut memberikan cita rasa yang lebih pekat dan berbeda. Buat mencicipi kopi joss, kamu cukup merogoh kocek sedalam Rp5,000 saja.

Hari Ketiga

7. Gudeg Yu Djum

Kalau ke Yogyakarta, jangan lupa berburu kelezatan gudeg ayamnya. Salah satu kedai yang cukup laris dan populer adalah Gudeg Yu Djum. Bisa kamu temukan di kawasan Wijilan, Gudeg Yu Djum punya varian yang menarik, mulai dari yang hemat hingga varian buat dibawa sebagai oleh-oleh dalam kendi. Nah, kalau kamu mau makan langsung, cukup dengan bujet Rp23 ribu untuk dapat menu gudeg telur plus ayam suwir!

8. Bakso Bethesda 74

Selain mie ayam yang lezat, Yogyakarta juga punya kedai bakso yang enak, lho. Salah satunya berada dekat Rumah Sakit Bethesda, Bakso Bethesda 74. Sudah ada sejak 1960-an, Bakso Bethesda 74 punya menu andalan yang wajib kamu cicipi, bakso kriuk dan tahu bakso. Dipadukan dengan kuah rempah yang gurih banget, kelezatan Bakso Bethesda 74 bisa kamu nikmati dengan bujet Rp19,000 per porsi.

Total: Rp 96,500

Pengen liburan ke Yogyakarta? Bisa banget! Bareng Pegipegi aja! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top