Destinasi

Istanbul, Kota Cantik Di Dua Benua

Kalau membicarakan wisata religi saat bulan Ramadan, hampir semua orang menempatkan Turki, terutama Istanbul, dalam daftar wisata impian mereka. Bukan hanya karena memiliki sejarah peradaban Islam yang panjang, tapi Istanbul sendiri adalah kota dengan pemandangan menakjubkan serta memiliki sejumlah obyek wisata yang menarik.

Sempat dikenal dengan nama Konstantinopel, kota metropolitan terbesar di turki ini dulunya merupakan pusat kerajaan Byzantine dan menjadi pusat kerajaan Ottoman di masa pemerintahan Ottoman. Sebagai pintu gerbang kota, Turki memiliki dua bandara internasional yaitu Bandara Ataturk dan Sabiha Gökçen. Tapi, sebagian besar penerbangan internasional akan mendarat di Ataturk.
Transportasi umum di Istanbul sebenarnya sudah tertata dengan baik di mana kamu bisa memilih menggunakan taksi, bus, kereta bawah tanah, trem atau kapal. Tapi, sistem transportasi umum massal sedikit sulit dimengerti karena kamu harus sering berganti jalur dan kadang membayar tambahan ongkos. Kalau kamu ingin menghabiskan waktu lebih dari dua malam di Istanbul, ada baiknya membeli Istanbulkart. Ini adalah kartu yang bisa kamu gunakan sebagai tiket bus, trem ataupun kereta supaya perjalanan kamu selama di Istanbul lebih praktis.

Istanbul memang kota yang menarik karena menempati dua benua, Asia dan Eropa. Percampuran kedua budaya itu menjadikan Istanbul semakin menarik untuk dijelajahi. Mau tau tempat-tempat bersejarah apa saja yang menarik di Istanbul dan bisa menjadi referensi kamu untuk wisata di bulan Ramadan? Simak yuk!

Blue Mosque atau Masjid Biru

blue-mosque

Tidak akan lengkap membicarakan Istanbul tanpa menyebut Blue Mosque yang menjadi kebanggaan masyarakat Turki secara keseluruhan. Nama resmi masjid ini sebenarnya adalah Masjid Sultanahmet, terletak di sekitar Sultanahmet Square, wilayah Istanbul yang berada di benua Eropa. Daya tarik utama dari Blue Mosque adalah enam menaranya yang megah serta desain kubah yang seolah bertumpuk. Dibangun pada tahun 1609, dinding dalam masjid dihiasi sekitar 20 ribu keping keramik berwarna biru serta berbagai ornamen abstrak yang memiliki nilai seni tinggi.

Hagia Sophia

10.-Hagia-Sophia-1

Satu lagi bagunan yang menjadi ikon kota Istanbul adalah Masjid Hagia Sophia. Bangunan ini dulunya adalah basilika atau gereja Ortodoks. Sempat difungsikan sebagai masjid, namun sejak tahun 1935 lalu Hagia Sophia digunakan sebagai museum. Terletak berseberangan dengan Blue Mosque, arsitektur dan dekorasi cantik museum ini dijamin akan membuat kamu terpana.

Grand Bazaar

grand-bazaar-istanbul-22

Kunjungan ke Turki belum afdol kalau belum menginjakkan kaki di Grand Bazaar. Tempat belanja raksasa ini sudah berusia lebih dari 500 tahun, tapi masih saja menjadi favorit warga lokal maupun turis. Pusat perbelanjaan tertua di dunia ini dipenuhi sekitar lima ribu kios dan menawarkan berbagai pilihan barang mulai dari bumbu-bumbu dapur, kerajinan kulit, pakaian, karpet, barang antik hingga kios-kios teh dan kopi. Walaupun tidak ingin berbelanja, kamu bisa mendatangi Grand Bazaar hanya untuk sekadar menikmati suasana.

Istiklal Street

Istiklal_Street

Terletak di salah satu ujung Taksim Square, yang merupakan wilayah ‘Istanbul Baru’, Istiklal Street adalah kawasan pejalan kaki yang sangat populer dan menawarkan berbagai hiburan seperti toko-toko pakaian, toko buku, kafe, restoran, klub malam, dan sebagainya. Area ini bisa dikatakan sebagai pusat hiburan kota Istanbul di mana kamu bisa menikmati denyut kehidupan kaum muda Turki.

Beylerbeyi Palace

beylerbeyi palace

Terletak di Sultanahmet Square, istana yang terdiri dari tiga lantai ini merupakan tempat tinggal sultan dan istrinya pada masa pemerintahan Khalifah Abdulaziz. Arsitektur bagunan maupun bagian dalam istana didesain dengan gaya Eropa, termasuk perabotannya. Meskipun turis tidak diperbolehkan mengabadikan gambar di dalam istana, kamu bisa berfoto sepuasnya di Taman Beylerbeyi Palace yang berada di bawah jembatan Bosphorus.

Topkapi Palace

Topkapi-Palace-Entrance-041d1c79 (1)

Istana ini berlokasi tidak jauh dari Sultanahmet Square. Dibangun pada tahun 1478, Topkapi Palace merupakan tempat kediaman sultan pada dinasti Ottoman. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah peninggalan kekuasaan Islam yang ada di Turki.

Oya, selama berada di Turki, jangan lupa mencicipi berbagai makanan khas Turki yang lezat seperti kebab, hidangan penutup baklava, berbagai camilan manis Turkish delight sampai es krim Turki yang populer dengan atraksi menarik si penjual.

(Visited 6,091 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top