Destinasi

Istana Ratu Boko: Saksi Perjalanan Asmara Cinta dan Rangga di Yogyakarta

Buat yang sudah nonton film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2), pasti terpesona dengan keindahan Istana Ratu Boko, Yogyakarta. Istana Ratu Boko menjadi salah satu tempat yang menjadi saksi kisah asmara Cinta dan Rangga. Mungkin kamu masih asing sama Istana Ratu Boko. Kenalan dulu, yuk!

Permaisuri cantik yang diusir dari istana

Belum afdol rasanya mengulik keindahan obyek wisata Istana Ratu Boko tanpa membahas sejarah bangunan ini. Konon katanya pada zaman dulu Istana Ratu Boko dihuni oleh seorang raja bernama Prabu Dewatasari. Sang raja memiliki seorang permaisuri cantik dan berpostur tinggi bernama Prabu Boko yang merupakan titisan raksasa Buto Nyai.

Namun, semenjak sang istri melahirkan buah hati mereka, Prabu Dewatasari justru malah mengusir Prabu Boko dari istana. Sang raja mengusir sang ratu karena murka, lantaran wanita yang selama ini dicintainya gemar memakan daging manusia (punya sisi kanibal). Hal tersebut jelas tidak dapat diterima sang raja, sehingga ia mengusir sang ratu. Untuk mengenang sosok sang ratu, Prabu Dewatasari mendirikan sebuah patung dari batu yang membentuk sosok sang ratu.

Semoga kisah asmara Rangga dan Cinta nggak berakhir tragis, ya, seperti yang dialami raja dan ratu di Istana Ratu Boko. Hihihi…

ajiraksa.blogspot.com

ajiraksa.blogspot.com

Istana megah yang kurang populer

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan peninggalan warisan budaya yang terkenal hingga mancanegara seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tentunya, nggak hanya Candi Borobudur atau Candi Prambanan yang menarik untuk dijadikan obyek wisata, tapi juga Istana Ratu Boko yang nggak kalah autentik. Sayangnya, popularitas Istana Ratu Boko di kalangan masyarakat luas tergolong cukup tenggelam dibandingkan Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

Istana Ratu Boko terletak di Desa Dawung dan Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, atau berjarak sekitar 3 km dari Candi Prambanan. Istana seluas 250 meter persegi ini terdiri dari gerbang utama, candi pembakaran untuk jenazah, paseban (tempat untuk menghadap raja), pendapa (ruang tamu), keputren (tempat pemandian raja dan wanita), serta gua. Kebayang kan, betapa megahnya istana ini saat masih berpenghuni.

Situs-Ratu-Boko2

www.wisataku.id

Cocok untuk kencan

Suasana tenang dan sejuk di Istana Ratu Boko memang pas banget buat kamu yang pengin menghabiskan waktu seharian bersama kekasih. Jika pasangan kamu baru pertama kali berkunjung ke Istana Ratu Boko, dijamin bakal langsung jatuh cinta dengan keindahan alamnya.

Beredar mitos bahwa tiap pasangan yang berkunjung ke Istana Ratu Boko bakal berakhir atau putus. Ehm, tapi kok Rangga malah nekat mengajak Cinta ke Istana Ratu Boko, sih? Buat yang belum nonton, pasti penasaran kan, kira-kira hubungan mereka bakal happy ending atau sad ending, ya, setelah kencan di sini?

www.cumicumi.com

www.cumicumi.com

Tempat sempurna menyaksikan matahari terbenam

Siapa sangka bahwa Istana Ratu Boko bahkan diklaim sebagai spot terbaik untuk menikmati senja di kota Yogyakarta. Keindahan matahari terbenam di Istana Ratu Boko memang nggak ada duanya, suasana super romantis di sini cocok buat kamu yang pengin nembak gebetan atau melamar kekasih asalkan kamu nggak peduli dengan mitos-mitos negatif.

Buat kamu yang pengin menikmati pesona alam di Istana Ratu Boko, kamu bisa kunjungi obyek wisata ini saat sore hari. Biaya masuk untuk menyaksikan sunset di Istana Ratu Boko memang lebih mahal tiga kali lipat. Jika harga tiket masuk pada pagi hingga siang hari Rp 30 ribu*. Saat sore hari (di atas jam tiga), biaya masuk obyek wisata menjadi Rp 100 ribu*.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan gambar. Pokoknya kamu nggak bakal menyesal, deh. Pemandangan super cantik ini cuma bisa kamu dapatkan di Istana Ratu Boko.

www.pesonawisatajogja.com

www.pesonawisatajogja.com

Destinasi wisata yang instagenic

Meskipun Istana Ratu Boko cuma tinggal sisa-sisa bangunan, tempat ini cantik banget buat berfoto. Justru bangunan yang sudah terbengkalai malah memiliki nilai seni yang tinggi. Nggak heran kalau Istana Ratu Boko menjadi destinasi favorit bagi para fotografer. Jika kamu hobi bermain media sosial, obyek wisata ini wajib banget kamu kunjungi. Kamu bisa berfoto dan unggah di media sosial, dijamin teman-teman kamu bakal kagum dengan hasil fotonya, hihihi…

Selain itu, obyek wisata Istana Ratu Boko kerap menjadi lokasi favorit untuk melangsungkan foto pre-wedding. Sepertinya, banyak juga pasangan yang memang nggak peduli dengan mitos putus setelah pulang dari Istana Ratu Boko. Nah, kalau kamu berencana pengin foto pre-wedding bareng pasangan di Yogyakarta, lokasi ini pas banget buat mempercantik hari pernikahan kamu nanti.

www.idntimes.com

www.idntimes.com

Istana ratu boko dihuni makhluk tak kasat mata?

Istana Ratu Boko memang merupakan bangunan tua dan kuno yang sudah ada sejak abad ke-9 masehi pada masa Dinasti Syailendra. Cerita berbau mistis pun mulai membanjiri obyek wisata autentik ini. Apalagi, masih ada masyarakat yang melakukan ritual bersemedi dan bertapa di malam hingga pagi hari sambil membakar dupa. Hal ini semakin memperkuat dugaan adanya makhluk halus di tempat ini.

Desas-desus tersebut rupanya memang dibenarkan oleh pegawai operasional Istana Ratu Boko. Menurut pengakuan para karyawan, penghuni lain di tempat ini, ada makhluk yang berwujud binatang seperti macan hingga manusia berjubah, yang seringkali menimbulkan suara-suara aneh. Beberapa pengunjung juga sempat mengaku pernah melihat makhluk tak kasat mata. Misalnya, saat pertunjukan tari tradisional berlangsung, pengunjung mengaku melihat jumlah penari ada lima orang, padahal jumlah penari cuma ada empat orang.

Tapi, kamu nggak perlu takut dan khawatir selama kamu tetap menjaga sikap dan tata tertib selama berada di lokasi wisata.

www.panoramio.com

www.panoramio.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Biar nggak penasaran, kamu bisa datang langsung ke Istana Ratu Boko di Yogyakarta. Kamu bisa ajak keluarga, kerabat, juga pasangan kamu. Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah, serta hotel murah di Yogyakarta melalui pegipegi.com. Bakal banyak diskon menarik buat kamu pelanggan setia pegipegi. Selamat traveling!

pesan tiket pesawat murah

pesan tiket kereta api murah

cari hotel murah di yogyakarta

*harga berlaku saat artikel dibuat.

(Visited 2,492 times, 1 visits today)

Comments

To Top