Berita

BatamIntip rencana pembangunan Eco Theme Park di Batam

Travelers, sudah dengar kalau Batam sedang membangun eco theme park? Rencananya akan jadi yang terbesar di dunia lho!

Yup, buat kamu yang hobi banget berpetualang serta menikmati keanekaragaman hayati di satu tempat, eco theme park yang tengah dibangun di Batam wajib ditunggu pembukaannya karena rencananya akan diresmikan akhir tahun 2015. Di sini kamu bisa snorkeling, diving, safari, dining, clubbbing, spa, berlayar dan bahkan wisata kuliner. Nantinya, 1 pulau di Kepulauan Riau dijadikan sebagai lokasi rekreasi ramah lingkungan: Funtasy Island.

Foto 1 Eco Theme Park di Batam

Dari namanya saja, Funtasy Island cocok banget untuk bersenang-senang. Namun masih tetap memperhatikan keanekaragaman hayati serta menjaga lingkungan di sekitar pulau. Adalah PT Batam Island Marina dan Funtasy Island Development (FID) Pte Ltd yang melakukan kerjasama dengan Seven Seas Funtasy Venture Pte Ltd untuk membangun eco theme park terbesar di dunia. Bayangkan, dengan luas 328 hektar ber-landscape alami, wisatawan yang datang akan disuguhi berbagai macam petualangan menantang dari wahana tematik.

Lokasi eco theme park ini juga sangat strategis karena berjarak 16 km sebelah selatan Singapura dan 6 km sebelah timur Batam. Nantinya, Funtasy Island dapat diakses dalam waktu 20 menit dari terminal ferry Harbourfront Singapura dengan kapal pesiar. Sangat dekat ‘kan? Pengembang memang ingin menarik wisatawan lokal dan mancanegara yang kebetulan sedang ada di negara tetangga. Pada tahap pertama, eco theme park ini membangun 8 zona hutan tropis dan bahari, yaitu :

Foto 2 Eco Theme Park di Batam

1. Avatar Habitat

Zona ini menawarkan pemandangan hijau nan rimbun seperti dalam film Avatar. Tempat ini juga akan dipenuhi berbagai spesies burung, mulai dari kakaktua, nuri, hingga burung hantu. Kelak, wisatawan juga diperbolehkan memberi makan dan menyentuh mereka. Avatar Night Vision Google juga bisa digunakan di malam hari untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Fasilitas penunjang yang dipersiapan untuk pengunjung adalah Thea Baobab Treetop Promenade, sebagai bangunan utama sebelum wisatawan berkeliling hutan.

 

2. Rainforest Paradise

Ini adalah zona dimana travelers bisa menyusuri hutan untuk menyaksikan flora dan fauna lokal serta biota yang tumbuh didalamnya.

 

3. Simia Adventure

Yaitu zona dimana travelers bisa melihat monyet sebagai penghuni tetap. Aksinya ketika bergelantungan dan berjingkat-jingkat pun bisa menghibur wisatawan.

 

4. Mangrove Safari Ride

Zona ini memungkinkan travelers bisa mengeksplorasi hutan bakau sambil naik perahu.

Foto 3 Eco Theme Park di Batam

5. Riau Jungle Explorer

Yaitu zona khas hutan Riau dengan penghuni ikan Araipama berukuran super besar serta buaya yang ditempatkan pada jarak aman. Perawatan khusus juga dilakukan pada hewan-hewan langka tersebut.

 

6. Aqua Adventure

Di zona ini wisatawan bisa diving dan snorkeling sambil dikelilingi ikan berwarna-warna dan bahkan ikan pari. Travelers juga bisa menjelajahi pulau dengan perahu atau melakukan sea walking.

 

7. Dolphin Discovery Habitat

Di zona ini, travelers dapat berenang dengan lumba-lumba, serta menyaksikan atraksi hewan lucu ini beraksi.

 

8. Deep Ocean Wonder

Zona berkapasitas 25.000 m3 yang akan dihuni oleh hampir 3.500 ikan yang biasa hidup di Selat Malaka dan Kepulauan Riau. Pengembang pun berencana menambahkan 7 spesies ikan hiu.

 

Ke depannya, eco theme park ini juga akan membangun hotel mewah dengan segala fasilitas rekreasi lengkap sehingga pengunjung bisa menikmati liburan hanya di 1 tempat. Mereka dapat menginap dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar pulau.

Foto 4 Eco Theme Park di Batam

Selama tahun 2014, pembangunan di Funtasy Island sudah meliputi Ferry Terminal, Beach Club, Ocean Front, Over the Water Villa serta Broadwalk. Pembangunan yang dilakukan secara bertahap ini diharapkan dapat selesai tepat waktu sehingga masyarakat bisa segera menjajal semua wahana yang ada. Dengan adanya eco theme park, diharapkan wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong menuju ke Batam untuk menjajal semua wahana tematik.

 

Waah…liburan ke Batam makin seru ya, travelers? Sambil menunggu Funtasy Island beroperasi, kamu bisa mulai mencari tiket pesawat murah ke Batam lewat Pegipegi

(Visited 920 times, 1 visits today)

Comments

To Top