Kuliner

Intip Menu Buka Puasa Di Berbagai Negara Yuk!

gullac

Salah satu hal yang paling seru saat membicarakan bulan Ramadan tentu saja adalah menu berbuka puasa. Biasanya, di bulan Ramadan muncul makanan dan jajanan yang jarang dikonsumsi di bulan-bulan lainnya seperti kolak pisang, es timun suri, bubur candil dan sebagainya. Setiap daerah tentu punya menu khas yang berbeda satu sama lain, mengingat Indonesia memang kaya akan kuliner.

Tapi, bukan hanya Indonesia saja lho yang punya kebiasaan dan menu khusus di bulan puasa. Kali ini PegiPegi mau membagi sejumlah menu khusus berbuka puasa dari berbagai negara. Siapa tahu bisa jadi ide untuk kamu berbuka puasa nanti nih travelers!

Turki

gullac

Sebagai salah satu negara yang memiliki mayoritas umat Muslim, bulan Ramadan tentu menjadi momen khusus bagi warga Turki. Di kota-kota besar seperti Istanbul, hampir semua restoran dan rumah makan memberikan penawaran khusus selama bulan Ramadan. Nah, biasanya tajil yang disajikan restoran maupun rumah-rumah tangga adalah set menu sup iftariye, roti pide (roti panggang yang memang hanya dijual selama Ramadan), pastirma, sujuk serta ragam kue yang disebut börek. Selain itu, Turki juga punya menu pencuci mulut populer yang disebut güllaç yang terbuat dari air mawar.

Lebanon

fried cauli with pine nuts, capers and chilli

Lebanon juga punya banyak menu khas berbuka puasa. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah salad mezze yang menggunakan kacang kering, houmous (saus untuk dimakan bersama menu lainnya) serta berbagai macam daging panggang. Ada juga menu populer lain seperti falafel, yang menyerupai kroket. Meskipun makanan ini diyakini berasal dari Mesir, tapi kini sudah terkenal di berbagai negara Timur Tengah dan menjadi menu yang sangat digemari.

Yordania

qatayef

Masyarakat Yordania punya menu khas berbuka puasa seperti mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania berupa daging domba dibumbui rempah-rempah. Sedangka qatayef adalah makanan yang menyerupai pancake dengan kayu manis diisi kenari dan gula. Untuk melengkapi kelezatan qatayef, biasanya warga Yordania akan menambahkan sirup madu.

Mesir

medames

Hampir semua umat Muslim di Mesir terbiasa berbuka puasa dengan medames, yaitu hidangan berupa kacang tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay serta jus lemon. Biasanya, hidangan lengkap medames juga menyertakan telur rebus. Hidangan lain yang juga ‘wajib’ ada di Mesir adalah molokheya, yang terdiri dari ayam dan nasi.

India

Haleem

Meskipun didominasi oleh umat Hindu, bulan Ramadan termasuk istimewa di India, karena negara ini memiliki populasi umat Muslim lebih dari 100 juta jiwa. Beberapa daerah yang memiliki penduduk Muslim dalam jumlah besar adalah Hyderabad. Di sini, warga setempat biasa menikmati makanan khas yang disebut Hyderabad Haleem. Ini adalah hidangan yang menyerupai bubur gandum tradisional dan memiliki rasa pedas dan gurih, biasanya disajikan dengna daging domba.

Pakistan

samosa

Berbuka puasa di Pakistan sepertinya kurang lengkap jika tidak mengonsumsi samosa. Ini adalah makanan khas Pakistan yang punya bentuk menyerupai pastel dan biasanya diisi dengan kentang pedas, bawang bombay, kacang-kacangan, daging domba cincang atau daging sapi dan ayam cincang.

Bangladesh

dal puri

Umat Muslim Bangladesh punya menu khas Ramadan yang mirip dengan India dan Pakistan  seperti samosa, dal puri (penganan ringan dari roti goreng puri) dan jilapi (penganan manis seperti pretzel kering yang juga populer di Sri Lanka, Nepal dan Pakistan serta beberapa negara Timur Tengah. Selain itu, warga Bangladesh juga sering menyajikan minuman segar seperti rooh afza, yang memiliki beragam citarasa, dan sorbet lemon.

(Visited 752 times, 1 visits today)

Comments

4 Comments

Comments

To Top