Kuliner

Inspirasi Menu Berbuka Puasa Ala Pescatarian

Istilah vegetarian tentu sudah nggak asing lagi di telinga kamu kan, travelers? Hmm gimana dengan pescatarian? Bagi sebagian orang tentu belum mengenal istilah ini, tapi bagi sebagian lainnya mungkin ada yang sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sebenarnya apa sih pescatarian itu?

Kalau dilihat dari namanya, pescatarian merupakan kombinasi dari bahasa Italia, ‘pesce’ yang berarti ikan dan ’vegetarian’. Memiliki konsep yang mirip dengan vegetarian, yakni mengonsumsi sayur dan buah-buahan, namun pescatarian menambahkan ikan dan seafood dalam list makanan yang dikonsumsi. Bahkan, masih ada pula yang mengonsumsi telur dan susu, lho.

Nah, untuk kamu yang sudah menjalani pola diet ini atau justru ingin mencobanya, bulan puasa seperti sekarang ini bisa menjadi momen yang tepat banget. Kamu bisa mengatur makanan apa aja yang bisa dikonsumsi saat sahur maupun berbuka, supaya tubuh bisa lebih sehat. Berikut ini Pegipegi kasih inspirasi menu berbuka puasa ala pescatarian buat kamu!

1. Buah-buahan

Saat berbuka puasa, buah-buahan bisa menjadi pilihan utama. Kamu bisa mengonsumsi buah potong, es buah, jus buah, kolak pisang, dan lain-lain. Bagi pola diet ini tidak ada pantangan untuk buah-buahan, namun, untuk berbuka puasa, beberapa jenis buah seperti kurma, pisang, melon, semangka, blewah, pepaya, apel, atau jeruk akan lebih baik kamu konsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang komplet untuk mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa.

2. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan wajib saat berbuka puasa. Kira-kira, seorang pescatarian boleh nggak ya mengonsumsi gorengan? Boleh kok! Tapi, jangan terlalu sering ya, karena minyak yang terkandung di dalam gorengan juga bisa membahayakan kesehatan kamu lho, travelers. Oh ya, kamu juga wajib memerhatikan kandungan hewani dalam gorengan yang kamu pilih. Saat berbuka puasa, kamu bisa menyantap risoles isi udang, bakwan jagung, lumpia sayuran, tahu isi, tempe goreng, ubi goreng, dan pisang goreng.

3. Olahan Ikan dan Seafood

Nah, untuk makanan utamanya, kamu bisa menggabungkan sayur-sayuran dengan ikan dan seafood, seperti sup ikan, sup seafood sayuran, fish and chips, balado kentang dan udang, tumis brokoli dan bakso ikan, dan masih banyak yang lainnya. Kamu juga bisa menambahkan tempe dan tahu sebagai pelengkap.

Untuk makanan utama ini akan lebih baik kalau kamu memasaknya sendiri, supaya kamu bisa lebih berinovasi dengan bahan-bahan makanan yang ada. Nggak cuma buat berbuka puasa, hasil masakan kamu juga bisa kamu santap lagi saat waktu sahur tiba. Jadi lebih praktis kan?

Gimana, nggak sulit kan menemukan makanan yang bisa dikonsumsi saat menjalani pola diet pescatarian? Selain mudah, diet ini juga bisa mengurangi resiko obesitas dan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes, jadi, cocok banget buat kamu yang pengin beribadah sekaligus diet di bulan puasa ini. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi air putih yang cukup selama berpuasa ya!

Oh ya, supaya momen liburan kamu semakin menyenangkan, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Foto artikel: Pixabay

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top