Destinasi

Inilah Daftar Negara dengan Jadwal Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia!

Jika kamu liburan di negara tertentu saat bulan Ramadhan, kamu nggak bisa menyamakan jadwal jam buka puasa dan sahur seperti Indonesia yang biasanya memakan waktu puasa 12-13 jam. Soalnya, setiap negara punya aturan sendiri. Bahkan, nggak jarang ada juga negara yang jadwal berpuasanya lama hingga 20 jam lebih. Berikut negara-negara yang memiliki jadwal puasa terlama di dunia.

1. Islandia – 22 jam

Umat Muslim di Islandia harus menuntaskan makan sahur pada pukul 2 pagi dan baru bisa berbuka pada tengah malam pukul 12 malam. Saat ini, komunitas Muslim Islandia cuma beranggotakan 770 orang. Menjadikan negara kepulauan di jantung Atlantik itu sebagai negara dengan penduduk Muslim terkecil di dunia.

masjid di islandia

universes-in-universe.org

2. Swedia – 20 Jam

Ketika bulan Ramadhan jatuh pada musim panas, Muslim di Swedia harus berpuasa lebih dari 20 jam. Saat ini, kaum Muslim Swedia berjumlah sekitar 500 ribu orang, atau sekitar 5% dari total populasi. Meskipun tergolong minoritas, tapi kaum mayoritasnya tergolong toleran terhadap warga Muslim di Swedia. Swedia tercatat memiliki 16 masjid yang tersebar di kota-kota besar.

masjid di swedia

www.foxnews.com

3. Alaska – 19,45 jam

Terdapat sekitar 3000 kaum Muslim di negara bagian Alaska, AS. Kebanyakan bermukim di Anchorage. Mereka sebenarnya harus berpuasa sekitar 19 jam jika mengikuti waktu lokal. Tapi sebagian berpuasa dengan berkiblat pada waktu Arab Saudi, yang berarti berbuka pada pukul 7 malam.

masjid alaska

www.alaskamasjid.com

4. Jerman – 19 jam

Muslim Jerman yang berjumlah jutaan dan sebagian besar berasal dari Turki dan Afrika utara berpuasa selama 19 jam, dari pukul setengah 4 pagi hingga jam 10 malam. Tradisi penganan sahur dan berbuka di sini sama seperti Timur Tengah. Serupa dengan negara lain, umat muslim di Jerman melaksanakan ibadah Sholat Tarawih pasca berbuka puasa.

masjid di jerman

blogs.reuters.com

5. Inggris – 18,55 jam

Komunitas Muslim di Inggris mewanti-wanti anggotanya agar berhati-hati selama bulan puasa. Soalnya, waktu puasa yang lama bisa menimbulkan bahaya kesehatan, terutama untuk kaum manula dan penderita kaum diabetes. Menurut data yang ada, sekitar 2,7 juta umat Muslim hidup di Inggris, 325.000 di antaranya menderita diabetes.

masjid di inggris

www.dailymail.co.uk

6. Kanada – 17,7 jam

Mulai puasa jam 3 pagi, warga Muslim Kanada harus bertahan selama 17,7 jam sebelum bisa berbuka puasa. Saat ini tercatat ada sekitar satu juta kaum Muslim di Kanada. Sebagian besar bermukim di Kota Toronto, sehingga menjadikan kota tersebut sebagai kota dengan tingkat kepadatan penduduk Muslim terbesar di Amerika Utara.

masjid di kanada

sputniknews.com

7. Turki – 17,5 jam

Suasana bulan Ramadhan di Turki serupa dengan di Indonesia. Lenggang di siang hari, ramai setelah matahari terbenam. Jelang berbuka puasa, warga terbiasa berkumpul di resto dan masjid yang dihiasi lampu warna warni, sehingga menambah kesan meriah. Negeri di dua benua ini juga punya tradisi membangunkan warga sebelum sahur dengan berkeliling sembari menabuh bedug.

masjid di turki

britishmuslim-magazine.com

8. Rusia – 17,45 jam

Rusia merupakan salah satu negara yang terletak di belahan utara bumi, sehingga pada musim panas wilayah ini disinari sinar matahari selama 22 jam. Jadi, Muslim di sana harus menjalani puasa mulai pukul 03:15 waktu setempat sampai berbuka pada pukul 21:37 waktu setempat. Kota Saint Petersburg merupakan salah satu kota di Rusia dengan waktu siang yang cukup lama.

masjid rusia

hague6185.wordpress.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Sedangkan, negara-negara yang memiliki jam puasa terpendek di dunia adalah:

1. Australia

Nggak jauh berbeda dari Indonesia, Australia memiliki jam buka puasa 11 jam 50 menit. Nggak heran jika umat Muslim di sana nggak terlalu banyak menerima tantangan ketika berpuasa. Selain itu, resto-resto berlabel halal juga mudah ditemukan di kawasan Sydney Road yang menjadi kawasan hunian banyak imigran dari Timur Tengah yang mayoritas beragama Islam.

ausi masjid

en.wikipedia.org

2. Argentina

Masyarakat Muslim di Argentina menjalani puasa dengan durasi sekitar 9 jam dan 37 menit atau sepertiga hari. Jumlah penduduk Muslim di Argentina adalah 1% dari keseluruhan penduduk atau sekitar 400 ribu – 500 ribu jiwa.

masjid argentina

www.ccislamicoreyfahd.org.ar

3. Chili – 9,12 jam

Negara yang terletak di Amerika Selatan ini berpuasa selama 9 jam dan 12 menit. Imsak di Chili jatuh pada pukul 5.31 waktu setempat dan mereka berbuka puasa pada pukul 15.00 waktu setempat. Wah, beruntung sekali, ya, buat travelers yang liburan ke Chili ketika bulan Ramadhan!

masjid chili

bujangmasjid.blogspot.com

 

 

(Visited 1,541 times, 1 visits today)

Comments

To Top