Berita

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Lidah Kepedasan

Bagi penggemar masakan nusantara, rasa pedas adalah hal yang biasa. Bahkan, ada ujaran kalau makan itu nggak lengkap kalau belum pedas!

Seiring berjalannya zaman, kuliner pedas makin berinovasi. Seperti oseng-oseng mercon, mie instan pedas, hingga hingga nasi goreng mafia menawarkan sensasi pedas yang nggak kira-kira!

Tapi, apakah kamu tahu kalau rasa pedas yang dirasakan oleh lidah hanya sebatas sensasi saja?

Berbagai penelitian menyebutkan ketika cabai, yang mengandung senyawa kimia, capcaisin, menyentuh dinding lidah, reseptor rasa pada lidah terpancing untuk menciptakan rasa sakit dari panas yang ditimbulkan.

Otak yang menerima pesan bahaya, mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk “memadamkan” rasa panas dengan memacu metabolisme. Tubuh yang terpacu dengan sinyal bahaya tersebut, melepaskan keringat untuk memadamkan sensasi panas yang dirasakan.

Rasa sakit yang timbul turut melepaskan zat endorphine yang berfungsi sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit. Sehingga, sensasi panas yang menggerayangi tumbuh dengan otomatis berangsur menghilang.

Air Hangat

Banyak orang tergoda untuk meredakan rasa pedas dengan meminum air dingin. Sayangnya, cara tersebut salah.

Justru, rasa pedas sangat efektif diredakan dengan air hangat. Kenapa? Ada alasannya, lho!

Senyawa kimia capcaisin lebih mudah larut dengan air panas. Sedangkan, air dingin justru berfungsi untuk mengikat senyama kimia agar nggak mudah terlepas, sehingga sangat berguna untuk mengawetkan cabai.

Kepingin berburu kuliner pedas? Sekalian liburan! Supaya bujet liburan kamu tetap terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: mentalfloss

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top