Tips

Ini Pelajaran Yang Bisa Didapat Sebagai Solo Traveler

200125647-0011-660x420

Solo traveling sepertinya menjadi tren terbaru di kalangan traveler. Melakukan perjalanan seorang diri, apalagi dalam waktu lama, memang membutuhkan keberanian dan sikap yang tepat. Selain harus melakukan segala sesuatu seorang diri, kamu juga tidak memiliki teman perjalanan untuk selalu diajak bertukar pikiran.

Wajar saja untuk merasa takut dan selalu cemas saat pertama kali melakukan solo traveling. Tapi, kabar baiknya adalah: kamu akan segera beradaptasi dan semakin nyaman melakukan perjalanan itu. Apalagi, menjadi solo traveler ternyata juga membantu kamu untuk lebih mengenal dan mengeksplorasi diri kamu lho!

Kamu menyimpan potensi lebih besar dari yang pernah kamu duga

Banyak orang takut untuk bepergian seorang diri karena berbagai kekhawatiran yang ada dalam pikiran mereka. Mereka takut tidak bisa beradatasi seorang diri di kota atau negara asing, atau khawatir tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti mencuci baju ataupun keterampilan lainnya.

Ketika melakukan solo traveling, kamu akan terkejut bahwa ternyata kamu punya kemampuan, serta keberanian, lebih banyak dari yang pernah kamu kira sebelumnya. Intinya, kamu tidak akan menyadari kemampuan dan potensi itu sebelum berada di posisi yang mengharuskan kamu menggunakannya.

Selain itu, kamu juga akan terkejut melihat keramahan orang-orang asing yang bersedia membantu kamu. Walaupun awalnya kamu merasa sungkan dan malu meminta tolong kepada orang yang sama sekali tidak dikenal, lama-lama perasaan itu akan hilang dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih berani.

Kamu memutuskan sendiri semua keputusan penting

Disadari atau tidak, beberapa keputusan dalam hidup kamu mungkin merupakan hasil kompromi atau dipengaruhi hal-hal lain. Entah dalam hal karir, kehidupan pribadi atau bahkan keputusan sepele seperti memilih film bioskop yang akan ditonton di akhir pekan.

Tapi, saat melakukan solo traveling, kamu tidak punya rekan perjalanan yang bisa diajak bertukar pikiran atau rekan yang mengharapkan kompromi dari kamu. dalam perjalanan ini, hanya kamu yang berhak memutuskan apa saja yang akan kamu lakukan: di mana kamu akan menginap, obyek wisata mana yang ingin kamu kunjungi, dan sebagainya.

Selain bebas mengambil keputusan, kamu juga belajar bertanggung jawab karena apapun hasil keputusan itu, kamu juga yang akan merasakan dampaknya, baik maupun buruk. Dan kamu tidak punya orang lain untuk disalahkan.

Kamu bisa melakukan banyak kegiatan seorang diri dan menikmatinya

Apakah kamu sering mengurungkan niat menonton film atau mencoba restoran baru di kota kamu hanya karena tidak ada teman untuk melakukannya? Saat solo traveling, kamu tidak punya pilihan lain. Mau tidak mau kamu harus menghilangkan rasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan-kegiatan sosial seorang diri.

Ketika kamu melakukannya, kamu akan terkejut mengetahui sebenarnya pergi ke bioskop atau makan di restoran sendirian tidaklah terlalu menakutkan seperti kekhawatiran kamu sebelumnya.

Kamu akan berkenalan dengan banyak orang baru

Bukan hanya mendapat kenalan baru, kamu mungkin juga bisa menemukan sahabat baru saat melakukan solo traveling. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan merasa kesepian ketika bepergian seorang diri. Alih-alih kesepian, kamu justru akan sering berinteraksi dengan traveler lain dan berpeluang menjalin persahabatan dengan mereka.

Kuncinya, tentu saja, kamu harus berani memulai percakapan dengan orang-orang asing. Selain menambah teman, kamu juga bisa mendapat ilmu baru dengan mendengarkan pengalaman-pengalaman mereka.

Kamu akan bersikap lebih spontan

11.08.10-ces_ft_solo-female-travel_3499738_582_388

Ketika melakukan solo traveling, spontanitas adalah hal yang tidak bisa kamu hindari. Meskipun kamu sebenarnya memiliki kepribadian kaku dan menyukai rencana yang jelas, saat bepergian seorang diri, apalagi dalam waktu yang lama, kamu akan menghadapi banyak situasi yang tidak sesuai dengan rencana. Apakah terkait transportasi yang terlambat, hotel yang tidak sesuai ekspektasi atau bahkan rute transportasi yang tidak bisa memenuhi itinerary perjalanan kamu.

Saat melakukan solo traveling, kamu akan menemukan sisi spontan yang mungkin selama ini tersembunyi dalam diri kamu. Jadi, jangan terlalu keras berpikir, dan nikmati saja perjalanan serta semua situasi yang bisa terjadi.

(Visited 222 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top