Berita

Ini Manfaat Daun Pisang Sebagai Pembungkus Makanan

Di beberapa kedai makanan yang masih bersifat tradisional, para penjualnya masih menggunakan daun pisang untuk membungkus atau menadah makanan. Meskipun terkesan jadul, namun penggunaan daun pisang ternyata lebih memberikan efek baik untuk makanan sekaligus kesehatan kamu. Simak penjelasan Pegipegi berikut, ya!

Manfaat untuk kesehatan dan lingkungan

Daun pisang merupakan bahan food grade, karena mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan, pencegah kanker, jantung, kardiovaskuler, dan alzheimer (pengecilan otak). Dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan, kita sudah bisa mengurangi sampah anorganik, soalnya daun pisang ramah lingkungan dan setelah tidak digunakan bisa menjadi pupuk hijau.

Daun pisang ternyata masih memiliki manfaat lain yang bisa dirasakan oleh tubuh, yaitu:

  • Obat alami luka bakar. Caranya tinggal remas-remas daun pisang yang masih segar hingga lumat lalu dijadikan salep dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan hingga luka sembuh.
  • Untuk menurunkan demam. Ambil daun pisang muda lalu olesi minyak kelapa dan tempelkan pada dahi atau perut supaya demam reda.
  • Anti radang tenggorokan dan batuk. Caranya rebus daun pisang secukupnya dan minum air rebusan untuk mengatasi radang tenggorokan atau batuk.

Dampaknya pada rasa makanan

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan memberikan rasa yang lebih nikmat ketimbang makanan yang dibungkus dengan plastik dan bahan lain. Apalagi jika makanan tersebut dibungkus dalam keadaan masih hangat. Makanya daun pisang kerap digunakan untuk membungkus makanan, seperti tempe goreng, tape, lemper, nagasari, lontong, dan lain-lain. Daun pisang juga memiliki lilin alami yang bisa mencegah makanan tumpah dan merembes keluar. Lilin alami tersebut sama sekali tidak berbahaya untuk kesehatan.

Jadi, jangan ragu untuk memilih tempat makan yang masih menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan, ya! Agar traveling kamu bujetnya terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top