Destinasi

Negara-negara favorit studi pelajar Indonesia

Foto 1 Negara Tujuan Belajar Pelajar Indonesia

Tawaran beasiswa dari berbagai perguruan tinggi luar negeri memberi kesempatan pada pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi. Selain bisa mengenyam sistem pendidikan berbeda, belajar di luar negeri juga cukup prestisius karena kini banyak perusahaan yang melirik lulusan luarnegeri untuk bekerja di tempat mereka. Sebenarnya, negara mana saja sih yang jadi favorit pelajar Indonesia? Pegipegi punya informasinya buat kamu. Yuk, kita cari tahu sama-sama.

 

1. Australia

Foto 1 Negara Tujuan Belajar Pelajar Indonesia

Dengan menetapkan standar dan kualitas sangat ketat, Australia menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia untuk mendalami berbagai disiplin ilmu. Tidak hanya itu, Negeri Kanguru juga memberi kesempatan pada tenaga kerja asing untuk bekerja sehingga mahasiswa yang baru lulus pun bisa segera memulai karir. Kesempatan untuk bisa bekerja selama 20 jam per minggu selama kuliah per semester dan full time saat libur tentu jadi pertimbangan menarik pelajar luarnegeri. Jaraknya yang relatif lebih dekat dibanding dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat menjadi salah satu pertimbangan. Bahkan, biaya hidup di Australia lebih bersahabat daripada di Inggris. Tak heran banyak pelajar yang melirik negara ini.

 

2. Amerika Serikat

Foto 2 Negara Tujuan Belajar Pelajar Indonesia

Selain sebagai pusat perfilman dunia, ternyata Amerika Serikat juga jadi salah satu tujuan belajar mahasiswa Indonesia. Peminatnya juga cukup besar mengingat negara ini punya berbagai macam program studi yang variatif. Baik untuk ekonomi, seni, maupun ilmu pengetahuan. Untuk masalah kualitas pendidikan juga tidak diragukan lagi karena mahasiswa benar-benar dituntut mandiri dan aktif. Mahasiswa pasif akan ‘ketinggalan kereta’ dan malu sendiri karena ‘live discussion’ dengan dosen dan profesor menjadi hal yang lumrah. So, mau tidak mau semua mahasiswa harus berani mengeluarkan pendapat. Berani mengungkapkan pendapat berarti dia sudah membaca banyak literatur sehingga argumen yang dimiliki dapat dipertahankan.

 

3. Malaysia

Foto 3 Negara Tujuan Belajar Pelajar Indonesia

Negara serumpun ini pun menjadi target belajar sebagian mahasiswa Indonesia. Selain lebih dekat, ternyata biaya hidup serta biaya pendidikan di negara ini lebih ramah dengan kantong orangtua mahasiswa dibanding negara-negara lain. Sebagai pusat pendidikan di Asia Tenggara, perguruan tinggi di negara ini juga menawarkan banyak program studi yang cukup komplit sehingga mahasiswa yang datang punya banyak pilihan.

 

4. Jepang

Foto 4 Negara Tujuan Belajar Pelajar Indonesia

Negeri Sakura juga masuk dalam daftar negara yang jadi incaran mahasisawa Indonesia untuk meneruskan jenjang pendidikan. Sebagai salah satu negara Asia yang sudah sangat modern, sistem pendidikan di Jepang juga cukup menjanjikan karena punya standar tinggi. Selain karena beasiswa yang diberikan pemerintah Jepang, banyak pelajar yang sedari kecil sudah bercita-cita bisa pergi ke sana, suka dengan apa saja tentang Jepang, baik anime, budaya, kebiasaan, adat, atau bahkan karena suka dengan keramahtamahan orang Jepang. So ketika kesempatan itu datang, mahasiswa Indonesia tidak akan berpikir 2 x dan segera menyetujuinya. Di sana, mereka bisa belajar tentang ekonomi, budaya, bahasa, hingga teknologi.

 

5. Jerman

Leipzig - Vorlesung im Anatomie-Hörsaal an der Uni

Buat para calon insinyur, Jerman pasti jadi tujuan utama pelajar Indonesia. Dikenal dunia sebagai salah satu pusat teknik terbaik dunia, Jerman menawarkan banyak program studi yang terbilang sulit bagi sebagian orang karena terlalu berbau sains. Lulusan insinyur Jerman yang jadi panutan pelajar Indonesia tidak lain adalah BJ Habibie. Kehebatannya dalam mengotak-atik pesawat memang terlihat keren dan di Jerman-lah ia menimba ilmu teknik hingga menjadi sosok yang disegani oleh dunia. Konon, biaya pendidikan di Jerman juga lebih murah dibanding dengan negara-negara Eropa lain karena hampir 90 persen universitas milik pemerintah dimana dana yang digunakan diambil dari pajak masyarakat.

 

Selain negara-negara di atas, Singapura, Inggris, Belanda, Mesir, dan Cina juga menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia. Bagaimana denganmu? Negara mana yang kamu tuju ketika ingin melanjutkan pendidikan?

(Visited 1,670 times, 3 visits today)

Comments

To Top