Destinasi

Ini Dia Travel Guide Untuk yang Pertama Kali Datang ke Jakarta

Belum pernah ke Jakarta dan berencana main ke sana dalam waktu dekat? Jangan khawatir, karena Pegipegi siap menemani kamu!

Dengan status kota metropolitan, Jakarta menjadi rumah bagi 10,5 juta orang dengan beragam kebudayaan di dalamnya. Sebagai ibukota dari Indonesia, Jakarta pun menjadi pusat dari Pemerintahan Indonesia dengan keberadaan Istana Merdeka dan Gedung MPR-DPR.

Sehingga, ada banyak hal yang bisa kamu temukan kala berkunjung ke Jakarta. Mulai dari paket wisata yang lengkap, spot perbelanjaan yang seru hingga moda transportasi canggih bisa kamu nikmati selama berkunjung ke Jakarta.

Nggak cuma itu, Jakarta yang bakal menjadi tuan rumah bagi gelaran Formula E 2020 ini juga melengkapi diri dengan kawasan kuliner lezat. Kamu bisa mencicipi kelezatan jajanan tradisional hingga hidangan fushion yang beragam.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi sudah menyiapkan guide atau informasi mendalam mengenai apa saja yang bisa ditemukan di Jakarta buat yang baru pertama kali ke sini. Selengkapnya, simak di bawah ini!

Lalu Lintas

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki lalu lintas yang sangat padat, khususnya pada jam sibuk. Mulai dari kawasan Medan Merdeka Barat, Sudirman-Thamrin hingga ke kawasan suburban seperti Kemang maupun Bintaro nggak luput dari kemacetan. Pemerintah kota pun memberlakukan sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda empat atau lebih dari hari Senin hingga Jumat di 25 ruas jalan dari jam 06.00-10.00 dan 16.00-21.00 WIB.

25 ruas jalan tersebut antara lain:

– Jl. Pintu Besar Selatan
– Jl. Gajah Mada;
– Jl. Hayam Wuruk;
– Jl. Majapahit;
– Jl. Medan Merdeka Barat;
– Jl. M.H. Thamrin;
– Jl. Jenderal Sudirman;
– Jl. Sisingamangaraja;
– Jl. Panglima Polim;
– Jl. Fatmawati (mulai dari Sp. Jl. Ketimun 1 s.d Sp. Jl. TB Simatupang);
– Jl. Suryopranoto;
– Jl. Balikpapan;
– Jl. Kyai Caringin;
– Jl. Tomang Raya;
– Jl. Jenderal S. Parman (mulai dari Sp. Jl. Tomang Raya s.d Sp. Jl. KS.Tubun);
– Jl. Gatot Subroto;
– Jl. M.T. Haryono;
– Jl. H.R. Rasuna Said;
– Jl. D.I. Panjaitan;
– Jl. Jenderal A. Yani (mulai dari Sp. Jl. Perintis Kemerdekaan s.d Sp. Jl. BekasiTimur Raya);
– Jl. Pramuka;
– Jl. Salemba Raya Sisi Barat;
– Jl. Kramat Raya;
– Jl. St. Senen;
– Jl. Gunung Sahari

Selain aturan ganjil-genap, Jakarta juga melengkapi diri dengan sistem tilang elektronik yang mengawasi pengguna kendaraan di 69 titik. Hal ini diberlakukan untuk meminimalisir pelanggaran berlalu lintas.

Transportasi

Jakarta memiliki beragam moda transportasi dalam kota yang lengkap. Mulai dari KRL Commuterline yang melayani rute ke 79 stasiun hingga bus Transjakarta yang sudah hadir dengan 13 koridor. Yang paling muktahir adalah kehadiran MRT (Mass Rapid Transit) yang melayani rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Dengan sistem pembayaran cashless, ketiga moda transportasi utama Jakarta tersebut sangat memudahkan mobilitas warga maupun wisatawan yang ingin beraktivitas.

Selain itu, Jakarta juga dihuni beragam jenis angkutan umum, bus kota, taksi konvesional hingga transportasi online seperti Gojek dan Grab.

Wisata dan Rekreasi

Main ke Jakarta, belum lengkap buat keliling berwisata, lho. Nah, sebagai ibukota dari Indonesia dan menjadi saksi sejarah Kemerdekaan RI pada 1945, Jakarta memiliki banyak sekali museum bersejarah. Mulai dari Museum Gajah, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Wayang hingga Museum Kebangkitan Nasional.

Selain itu, Jakarta juga menjadi rumah bagi Monumen Nasional atau Monas yang menjadi ikon kota. Dari atas monumen, kamu bisa menikmati pemandangan Jakarta secara menyeluruh, lho.

Nah, buat kamu yang ingin ajak keluarga bertamasya, Jakarta memiliki kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang bisa dikunjungi. Di dalamnya, terdapat berbagai taman hiburan seperti Dunia Fantasi hingga Seaworld.

Pusat Perbelanjaan dan Hiburan

Di Jakarta, mau cari apa aja, ada! Apalagi soal belanja. Tercatat, Jakarta memiliki total 130 mall, menjadikan kota ini sebagai pemilik mall terbanyak di dunia. Jika ditambah dengan pusat perbelanjaan seperti pasar, Jakarta memilki 708 unit pusat perbelanjaan yang tersebar di lima kotamadya.

Kamu bisa menemukan banyak sekali barang, mulai dari fashion, elektronik, hingga makanan dan minuman di deretan pusat perbelanjaan. Senayan City, Plaza Indonesia, Gandaria City, Mall of Kelapa Gading hingga Grand Indonesia menjadi mall favorit yang wajib dikunjungi. Jika kamu ingin nuansa tradisional, kamu bisa main ke Pasar Senen, Mayestik, Jatinegara atau Kebayoran Lama.

Selain itu, Jakarta juga dihuni berbagai kawasan hiburan seperti Kemang, Senopati, hingga SCBD. Mulai dari kafe-kafe gaul hingga klub malam bisa kamu kunjungi untuk melepas stress.

Kuliner

Bagi penggiat wisata kuliner, Jakarta bisa jadi salah satu surga yang ada di Indonesia. Di kota ini banyak bertaburan berbagai kawasan wisata kuliner yang diisi restoran modern dan mewah hingga kawasan makanan murah meriah.

Salah satu yang wajib kamu sambangi adalah Wisata Kuliner Jalan Sabang. Di sana, kamu bisa mencicipi kenikmatan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih hingga Soto Mercon. Kalau belum puas, kamu bisa main ke kawasan Senopati atau Kemang untuk menikmati kuliner yang modern dan fancy.

Buat pecinta snack, Pasar Kue Pagi Senen atau Blok M bisa jadi alternatif kamu berburu kuliner. Atau yang ingin mencicipi hidangan laut, Bandar Jakarta di kawasan Ancol siap menggoda lidah kamu.

Mau main ke Jakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di  Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top