Tips

Ini Dia Tips Mudah Mengajukan Aplikasi Visa Schengen ke Eropa

Travelers, kamu sudah dapat tiket promo dari maskapai yang akan mengantarkanmu ke Eropa? Asyik ‘kan, jadi punya kesempatan mengintip modernitas dan tempat wisata di Benua Biru. Kalau sudah membuat jadwal kapan pergi dan juga apa yang harus dibawa, satu hal yang wajib dan kudu ditenteng kemana pun kamu pergi tentu adalah visa, khususnya visa schengen.

visa shengen

Visa jenis ini bisa digunakan ke-26 negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Negara-negara tersebut adalah Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Perancis, Yunani, Italia, Luxemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Malta, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia, Slowakia, Ceko, Swiss, dan Liechtenstein. Nah kali ini, Pegipegi mau kasih tips mudah saat kamu mengajukan visa schengen. Yuk disimak bareng-bareng.

 

  • Siapkan Semua Dokumen Jauh-jauh Hari

Travelers, jangan pernah mengajukan aplikasi visa schengen dalam waktu singkat. Bukannya apa-apa, persiapan yang tidak mencukupi dan cenderung mepet hanya akan membuat kamu sport jantung alias kagetan dan shock karena dari berbagai pengalaman, bila seseorang terburu-buru biasanya melupakan hal-hal kecil yang justru sangat diperlukan ketika mengajukan aplikasi. So, siapkan dan alokasikan waktu semaksimal mungkin untuk mengumpulkan semua dokumen biarpun pengajuan visa bisa dilakukan 3 bulan – 2 minggu sebelum keberangkatan.

 

  • Penuhi Semua Persyaratan Yang Diminta Kedutaan

paspor indonesia

Menyiapkan semua dokumen secara lengkap juga harus dilakukan. Dari yang paling kecil, seperti akte kelahiran anak bila berencana liburan dengan mereka serta foto dengan postur tegak tanpa menunjukan gigi. Memang kelihatannya sepele tapi ada beberapa negara yang tidak menyetujui foto seperti ini. Untuk amannya, kamu bisa melampirkan foto dengan wajah tersenyum tanpa kelihatan gigi atau datar-datar saja.

 

  • Bawa Semua Dokumen Ini Ya!

Lalu, dokumen apa saja sih yang harus dibawa? Paspor yang masih berlaku minimal 3 bulan dari tanggal saat keluar wilayah schengen; KTP asli dan fotokopi; fotokopi kartu keluarga; pas foto sesuai ketentuan; formulir yang dapat di-download di website kedutaan kemudian diisi lengkap dan ditandatangani; pembayaran tiket pesawat pulang-pergi; pembayaran hotel; asuransi perjalanan, polis asli serta fotokopi; surat pernyataan perusahaan; slip gaji 3 bulan terakhir buat para karyawan; fotokopi buku tabungan; serta dokumen penerimaan atau surat rekomendasi asli dan fotokopi yang ditandatangi oleh kampus, perusahaan atau instansi sponsor. Kalau kamu tidak punya uang puluhan juta di rekening tabungan, kamu juga boleh menggunakan bukti keuangan orangtua (ayah) dengan syarat melampirkan akta kelahiran dan kartu keluarga asli dan fotokopi untuk membuktikan hubungan keluarga.

 

  • Coba Ajukan Aplikasi Ke Kedutaan Belanda

kedutaan belanda

Travelers, konon kedutaan Belanda sangat ‘friendly’ dengan turis dari Indonesia. Entah karena ada kedekatan sejarah atau memang ingin meningkatkan kerjasama, bila semua dokumen yang kamu miliki lengkap, hanya dalam hitungan jam, visa schengen bisa dikantongi. Beda dengan kedutaan lain yang kebanyakan 1 minggu atau 3 hari kerja. Itu kalau diterima ya, dan kalau ditolak kamu harus mulai dari awal. Namun karena antrian di kedutaan Belanda cukup banyak, kamu harus rajin-rajin mengintip slot appoinment lewat website. So, kamu harus standby di depan laptop atau komputer yang terhubung internet. Biasanya, ‘tradisi’ pembukaan slot appointment di negara ini mulai pukul 18.00 untuk 2 minggu berikutnya dimana 1 hari hanya tersedia 5 slot appointment saja.

 

  • Kenali Puncak Pengajuan Aplikasi Visa Schengen

Travelers, biar tidak terjebak antrian, kamu juga harus tahu kapan waktu puncak pengajuan visa schengen ke Eropa. Konon waktunya adalah antara bulan April – September. Masuk akal juga ya, ‘kan dalam jangka waktu tersebut mau summer dan akhir tahun. Jadi, kamu harus ambil ancang-ancang dan menghindari bulan-bulan tersebut.

Kunci sukses mendapatkan visa schengen sebenarnya mudah, yaitu kelengkapan semua dokumen. So, kalau kamu merasa semua dokumen sudah lengkap, tak perlu khawatir lagi karena visa schengen ini bisa segera kamu dapatkan.

 

Lagi punya rencana liburan bareng keluarga? Yuk cek promo tiket pesawat terbaru di Pegipegi!

 

(Visited 3,147 times, 2 visits today)

Comments

To Top