Berita

Ini Dia Tarif Baru Taksi Online di Indonesia!

Hadirnya taksi online di Indonesia jelas sangat memudahkan kita buat berpergian. Apalagi buat kamu yang sedang berpergian ke tempat-tempat wisata dalam kota seperti Ancol atau Taman Mini Indonesia Indah.

Tapi, ada kabar yang cukup menyita perhatian, nih. Mulai bulan Juli ini, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan tarif baru taksi online.

Tarif baru ini ditetapkan berdasarkan Peraturan PM Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Dengan harapan, kompetisi sehat antara taksi online dan konvesionanal tetap terjaga.

Foto: setara

Dilansir CNN, untuk rinciannya, kini kamu harus membayar Rp 3.500 dengan maksimal tarif Rp 6.000 per kilometer yang kamu tempuh dengan taksi online di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali. Untuk wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, tarif batas bawahnya berkisar antara Rp 3.700 sampai Rp 6.500 per kilometer.

Tarif batas bawah berlaku untuk semua penyedia layanan taksi online, seperti Uber, Grab dan Gojek di seluruh Indonesia. Keputusan ini sudah disetujui segala pihak dan mulai berlaku pada 1 Juli lalu.

Masih Lebih Murah

Jika ditilik, jelas ada peningkatan yang cukup signifikan dengan tarif baru taksi online. Jika biasanya kamu hanya membayar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilometer, kini kamu harus merogoh kocek dua kali lipatnya.

Akan tetapi, tarif dasar taksi online masih lebih murah ketimbang konvesional. Sebagai perbandingan, kamu harus merogoh kocek Rp 6.500 sekali buka pintu taksi konvesional di Jakarta dengan tarif per kilometer Rp 3.500.

Sedangkan, dengan taksi online, kamu cukup membayar Rp 6.000 saja tiap kali buka pintu, dengan tarif per kilometer yang sama. Ya, lumayan lebih murah Rp 500 perak!

Tentu saja, tarif baru atas bawah taksi online tetap mengikuti situasi lalu lintas. Terlebih jika kamu melintas jalur pada jam-jam sibuk atau rush hour, tarifnya jelas akan melambung.

Yang jelas, keberadaan taksi online masih sangat diminati masyarakat Indonesia. Khususnya buat yang sedang traveling tanpa kendaraan pribadi.

Foto utama: fivestarsandamoon

Daripada pusing mikirin tarif baru taksi online, meding liburan, yuk! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 350 times, 1 visits today)

Comments

To Top