Destinasi

Ini Dia, Spot Surfing Terbaik di Indonesia

surfing_sumatra_utara-432x288

Seandainya travelers tercinta adalah pecinta olahraga surfing, pasti penasaran dan ingin segera berangkat detik ini juga untuk mengejar ombak di lokasi surfing terbaik di Indonesia, seperti yang kami rangkum di bawah ini. Eits, sabar dulu travelers. Sambil menunggu proses ticketing kamu tuntas, yuk kita baca sama-sama!

Kita patut bersyukur dan berbangga hati karena dilahirkan di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan dengan sekitar tujuh belas ribu pulau besar dan kecil yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Nama Indonesia telah terkenal di kalangan peselancar internasional sebagai salah satu surga olahraga surfing, karena menyimpan beberapa titik yang menggugah para surfer untuk mengendarai deburan ombaknya.

1. Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat

mentawai

Kepulauan Mentawai yang terletak di lepas pantai Padang, Propinsi Sumatra Barat diketahui memiliki 400 spot surfing dengan tingkat kesulitan yang berbeda. 49 titik diantaranya merupakan favorit para peselancar asing, dimana salah satunya adalah spot surfing yang terletak di Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai. Pulau Sipora yang masuk dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel sempat luluh lantak akibat terjangan tsunami tahun 2010 lalu. Namun berkat bantuan sejumlah kalangan di tanah air maupun internasional (dan SurfAid Internasional adalah salah satu diantaranya) kini Pulau Sipora bangkit dan mengukuhkan kembali posisi sebagai lokasi yang pantas dikunjungi para surfer.

2. Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur

pantai-plengkung

Pantai Plengkung terletak 20 kilometer dari Desa Grajagan dan termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Pantai yang juga dikenal di kalangan sufer sebagai G-Land ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 meter sepanjang 2 kilometer.  Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan.  Selain ombak, G-Land berhasil memikat hati para peselancar asing berkat suasana alam yang masih rimbun dan belum terjamah tangan manusia.

 3. Pantai Uluwatu, Bali

pura-uluwatu-bali

Rasanya tak berlebihan kalau Bali mendapat predikat sebagai ibu kota surfing Asia, karena terdapat 50 titik surfing yang tersebar di beberapa pantai di sekitar Pulau Bali. Jika Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan menjadi tujuan utama para surfer yang menyukai privasi saat melakukan olahraga surfing, maka Pantai Uluwatu menjadi pilihan mereka yang menyukai gabungan antara bermain ombak dengan pemandangan indah. Pantai Uluwatu dikelilingi tebing tinggi dengan sejumlah pura yang didirikan di atasnya, salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang didirikan sekian ratus tahun yang lampau. Ketinggian ombak di Pantai Uluwatu sendiri mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 8 meter dan terkenal di kalangan para surfer dengan gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan. Keunikan ini membuat Pantai Uluwatu menempati peringkat ke-3 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel.

4. Pulau Nihiwatu, Sumba Barat

nihiwatu

Satu lagi lokasi surfing yang menjanjikan ketenangan adalah pantai di sepanjang Pulau Nihiwatu yang terletak di Sumba Barat, Kepulauan Nusa Tenggara. Disini kamu dapat menikmati paduan antara alam yang cantik, keunikan budaya, keramahan penduduk lokal berikut sensasi mengendarai ombak yang menantang. Dikenal dengan julukan Left God Waves, pihak resort yang merupakan pengelola tunggal Pantai Nihiwatu membatasi hingga 10 orang surfer saja yang boleh mengendarai ombak Nihiwatu dalam satu hari. Ini dilakukan sebagai upaya menjaga privasi serta keamanan pengunjung hotel lainnya.

Tunggu apa lagi, travelers? Siapkan papan selancar kamu dan pesan tiket sekarang juga!

(Visited 829 times, 1 visits today)

Comments

2 Comments

Comments

To Top