Tips

Ini Dia Rute Menuju Desa Wisata, Cemoro Lawang di Jawa Timur

Para pecinta wisata alam, pasti pernah mendengar Desa Cemoro Lawang yang melengenda. Yap, desa yang satu ini merupakan pintu masuk ke kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

Cemoro Lawang bukan hanya sekedar desa biasa. Berlokasi di lereng pegunungan Tengger, desa ini menawarkan pemandangan cantik dari ketinggian 2.220 mdpl.

Di pagi hari, udaranya sangat dingin dan dipenuhi kabut. Pastinya kamu tidak boleh melewati sunrise (matahari terbit) di sana. Dari ujung Cemoro Lawang, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok yang diselimuti kabut, juga hamparan lautan pasir yang eksotik.

Nah, untuk berwisata ke Desa Cemoro Lawang, ada berbagai rute yang bisa kamu tempuh, nih. Sebagai referensi kamu, berikut rute utama yang bisa kamu pilih jika ingin main ke sana. Simak, yuk!

1. Dengan Angkutan Umum

Cocok bagi para backpacker, Desa Cemoro Lawang bisa kamu tempuh dengan menumpang angkutan umum. Kamu dapat memulai perjalanan dari Terminal Bus Bayuangga di kota Probolinggo.

Dari situ, silahkan pilih angkutan umum bernama Bison. Bus mini yang memiliki kapasitas hingga 15 orang ini bakal mengantarkan kamu langsung ke Cemoro Lawang yang memakan waktu hingga satu hingga dua jam.

Tarif Bison bervariasi, terganggung momen liburan di kawasan tersebut. Namun, normalnya, kamu dapat menumpang bison hingga ke Cemoro Lawang dengan harga Rp 30 ribu perorang.

2. Dengan Kendaraan Pribadi

Selain angkutan umum, kawasan Desa Cemoro Lawang dapat diakses dengan kendaraan pribadi. Untuk menuju ke lokasi, kamu dapat melewati jalan raya Pasuruan-Probolinggo.

Usai melalui pertigaan di jalur tersebut, kamu diwajibkan mengarahkan kendaraan menuju Desa Ngadisari. Kondisi jalan ke Cemoro Lawang beraspal baik, walaupun di beberapa titik kondisi jalan menyempit dan belum diperlebar. Kamu bisa ke sana menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor.

Lantaran kawasan ini sering diguyur hujan dari kabut, mohon berhati-hati dengan kontur aspal yang licin. Jangan lupa untuk membawa jas hujan lebih jika kamu mengendarai sepeda motor.

Wah, kira-kira kamu tertarik buat main ke sini?  Sekalian liburan di Probolinggo, yuk, pesan hotel murah di Probolinggo lewat di Pegipegi, ya!

cari hotel murah lain di Madura

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top