Tips

Ini Dia Rute Backpacker Menuju Pulau Kanawa di Labuan Bajo

Bagi yang pernah backpacker-an ke Labuan Bajo pasti sulit melupakan keindahan dari Pulau Kanawa. Berada di dekat Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Kanawa adalah surga abadi yang siap menyisakan kenangan manis.

Well, pertama kali menapakkan kaki di sini, mata para wisatawan langsung disuguhkan pemandangan laut dari atas bukit yang sangat mengagumkan. Hamparan pasir putih menyatu dengan suhu hangat khas Labuan Bajo, membuat liburan di Pulau Kanawa makin sempurna.

Wisata bawah lautnya pun nggak kalah serunya. Saking beningnya, kamu bahkan bisa melihat beragam terumbu karang keras (hard coral) maupun karang lunak (soft coral) beraneka warna dari bibir pantai maupun dari perahu yang kamu tumpangi.

Nah, jika kamu tertarik untuk menghabiskan liburan dengan backpacker-an ke Pulai Kanawa, Pegipegi punya rekomendasi rute yang bisa kamu tempuh. Siapa tahu dapat menjadi referensi yang baik buat petulangan kamu bersama orang terdekat ke Pulau Kanawa. Yuk, simak!

Bali ke Labuan Bajo

Pulau Kanawa terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berjarak 10 kilometer dari Labuan Bajo. Nah, untuk mencapai Labuan Bajo dengan bujet lebih terjangkau, ada baiknya kamu transit di Pulau Bali atau Lombok terlebih dahulu. Kenapa? Karena, dari sana kamu bisa memilih tiga alternatif transportasi yang bakal membawa kau ke Labuan Bajo.

Lewat Udara

Jalur ini adalah yang paling efektif untuk mencapai Labuan Bajo. Ada beberapa penerbangan dari maskapai Wins, NAM dan Garuda yang melayani penerbangan langsung ke Labuan Bajo hanya dalam waktu 1,5 jam. Harga tiket bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 800 ribuan.

Lewat Darat

Memang, perjalanan dengan bus akan memakan waktu selama beberapa hari menuju Labuan Bajo. Akan tetapi, rute yang dilewati sangatlah menantang, membuat perjalanan kamu lebih seru. Dari Terminal Ubung, Bali, kamu bisa memilih bus menuju Sumbawa Besar dengan tarif Rp 250-300 ribu. Tenang, harga tersebut sudah termasuk makan sampai tujuan.

Nah, sampai Sumbawa Besar, kamu diharuskan menumpang Elf (mobil travel) yang harganya nggak sampai Rp 200 ribu menuju ibukota Bima. Kalau mau yang lebih murah, bisa menumpang bis daerah dengan tarif Rp 20 ribu. Dari Bima, kamu tinggal lanjutkan perjalanan dengan kapal Ferry untuk mencapai Labuan Bajo. Tarifnya cukup Rp 60 ribuan.

Lewat Laut

Nah, jika kamu ingin jalan santai, jalur laut bisa jadi pilihannya. Dari Pelabuhan Benoa, ada dua kapal motor yang siap melayani perjalan kamu menuju Labuan Bajo, KM Tilongkabila dan KM Wilis. Tarifnya mencapai Rp 240 ribu termasuk makan pagi, siang dan malam. Lama waktu yang ditempuh mencapai 36-37 jam untuk sampai ke Labuan Bajo.

Menuju Pulau Kanawa

Dari Labuan Bajo, kamu wajib melanjutkan perjalanan dengan kapal yang lebih kecil. Ada dua jenis kapal yang melayani, gratis dan sewa. Nah, untuk shuttle boat gratis di sediakan pengelola resort Kanawa Beach Bungalows dari Labuan Bajo. Otomatis kamu harus melakukan reservasi dari awal.

Bagaimana yang nggak ada rencana menginap? Bisa banget! Kamu bisa menyewa shuttle boat dengan tarif Rp 400-500 ribu per kali perjalanan. Biar nggak berat, kamu bisa patungan dengan calon wisatawan lainnya. Perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa memakan waktu dua jam saja.

Jadi, udah tahu belum mau menginap di mana? Jangan lupa buat pesan tiket pesawat ke Bali dan hotel di Bali lainnya lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bali cari hotel murah di Bali

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top