Tips

Ini Dia Perbedaan Antara Kue Pancong, Rangi dan Bandros!

Pecinta kuliner tradisional pasti sudah nggak asing dengan kue pancong, bandros dan rangi. Keberadaan keduanya pun sangat mudah ditemui di lingkungan rumah.

Menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya, ketiga kue ini sama-sama menciptakan rasa manis dan gurih di lidah. Apalagi disajikan hangat-hangat, makin menambah kelezatannya.

Meski serupa, ternyata ketiga kue tradisional ini punya perbedaan masing-masing, lho. Beberapa di antaranya pun terwakilkan pada rasanya.

Nah, biar nggak bingung, Pegipegi punya catatan perbedaan dari kue pancong, rangi dan bandros yang bisa jadi referensi kamu. Simak di bawah ini, yuk!

Bahan Baku

Bisa dibilang, ketiga kue di atas menggunakan kelapa sebagai bahan baku utama. Namun, baik pancong, rangi dan bandros punya bahan baku pelengkap yang berbeda. Jika pancong menggunakan tepung beras, santan untuk membuatnya, maka rangi memakai tepung sagu untuk mengikat adonan.

Sedangkan, kue gandos menggunakan bahan yang nggak jauh berbeda dari kue pancong. Hanya saja kue ini juga menggunakan telur ayam sebagai pelengkapnya.

Soal Rasa

Secara bahan, kamu sudah bisa membayangkan gimana rasanya, pasti ada rasa gurihnya dari kelapa. Nah, yang berbeda adalah pacong memiliki dominan rasa asin seperti bandros. Sedagkan rangi punya sedikit rasa manis di atasnya.

Asal Muasal

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, pasti sadar kalau kue pancong dan rangi adalah kuliner khas Betawi. Sedangkan, bandros merupakan panganan yang cukup dinikmati masyarakat di Jawa Barat.

Bentuk dan Ukuran

Jika dilihat dari jauh, ketiganya punya bentuk yang serupa. Tapi, ukurannya sudah pasti beda, khususnya kue ragi. Kue pancong dan bandros punya ukuran yang sama karena cetakannya sama, cetakan kue pukis. Sedangkan kue rangi terlihat lebih pendek dan kecil karena cetakannya nggak memiliki cekungan di dalamnya.

Foto: Pesona Travel

Sudah tahu perbedaannya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top