Berita

Ini Dia Penyebab Kamu Bisa Mabuk Darat Saat Naik Bus!

Motion sickness atau mabuk darat adalah hal yang menyebalkan. Apalagi buat kamu yang suka traveling dengan menggunakan bus baik dalam maupun luar kota.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan mabuk darat itu terjadi. Entah karena kondisi fisik yang lagi menurun hingga posisi duduk yang nggak ideal.

Namun, kebanyakan kasus terjadi karena kamu salah memilih posisi duduk di dalam bus, lho. Meski nggak semuanya bakal terpicu, nyatanya berada di barisan kursi paling belakang saat bus berjalan bisa bikin kamu mual dan mabuk.

Well, semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah, sih. Salah satu alasannya adalah soal sistem kemudinya. Hampir di semua moda darat termasuk bus memiliki sistem kendali roda depan yang akan bergerak mengikuti kemudi. Sedangkan roda belakang berfungsi sebagai penggerak dimana mesin akan lebih dominan menggerakkan roda belakang.

Ketika bus melewati tikungan, orang yang duduk di baris depan nggak akan merasa pusing karena mereka bergerak secara statis bersama alur roda depan. Sedangkan orang yang duduk di bagian belakang akan terkena efek haluan mobil.

Penumpang yang duduk di belakang cenderung nggak bisa melihat ke bagian depan, sehingga otak mengalami kebingungan dalam mengatur panca indera untuk bereaksi.

Di sisi lainnya, mata akan melihat benda-benda yang berada di sekitarnya berada dalam kondisi statis, namun indera perasa lain menangkap bahwa adanya guncangan dan pergerakkan yang menandakan mereka nggak diam.

Tubuh yang tidak terbiasa dengan kondisi ini akan mengirim sinyal ke otak. Bagian otak bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dengan tubuh.

Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh, biasanya berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh keracunan. Otak akan bereaksi menghilangkan racun dari tubuh dengan cara muntah atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

Sebenarnya, hal ini juga bisa terjadi dengan kamu yang menumpang mobil biasa, baik sedan maupun minibus. Namun, kemungkinan mabuk darat terjadi jauh lebih kecil karena bus memiliki dimensi yang lebih panjang dan ruang yang lebih besar, menciptakan sensasi gravitasi yang lebih besar pula.

Ada banyak cara buat mencegah mabuk darat. Jika kamu nggak bisa mendapatkan posisi duduk paling depan, sediakan saja pil anti mabuk buat jaga-jaga selama perjalanan.

Selain itu, pastikan kamu makan sesuatu sebelum berangkat. Karena, perut kosong akan meningkatkan asam lambung yang memicu sensasi mual.

Liburan naik bus? Seru banget, lho!  Kamu bisa pesan tiket bus, lewat Pegipegi. Selamat liburan!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top