Destinasi

Ini Dia Museum-Museum Unik dan Keren di Indonesia!

Travelers, tau gak sih kalau ternyata negara kita memiliki banyak museum yang unik dan keren? Banyak karya dari seniman handal yang menakjubkan dan pastinya akan membuat kamu terkagum-kagum. Selain dapat menambah pengetahuan, berwisata ke museum tidak membosankan loh! Bahkan tidak sedikit dari masyarakat sekarang yang menjadikan museum sebagai kunjungan rutin mereka. Ingin tau lebih banyak soal benda-benda kuno nan antik dengan nilai seni yang tinggi? Simak ya rekomendasi 5 musem unik dan keren di Indonesia dari PegiPegi!

1. Museum Anak Kolong Tangga, Yogjakarta

Museum Anak Kolong Tangga, Jogja

Yuk, bernostalgia dengan mainan tradisional! Sebagai museum mainan anak pertama di Indonesia, museum ini didirikan karena timbulnya kekhawatiran akan anak-anak dan remaja yang sudah cenderung melupakan tradisi budayanya sendiri. Terletak di Gedung Concert Hall, Taman Budaya Yogjakarta, museum ini memiliki koleksi mainan yang sangat lengkap. Terdapat 9000 koleksi yang terdiri dari buku cerita, poster, gambar, komik, hingga berbagai jenis mainan seperti boneka kayu dan plastik, berbagai miniatur mobil, vespa, sepeda, truk, gasing, topeng yang berasal dari seluruh benua. Museum ini juga buka setiap hari loh! Senin-Jumat dari pukul 09.00 – 13.00 WIB dan Sabtu-Minggu dari pukul 09.00-16.00 WIB.

2. Musem Batik Danar Hadi, Solo

Museum Batik Danar Hadi, Solo

Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi ketika berkunjung ke kota Solo, ya Museum Batik Danar Hadi. Di sini kalian dapat mengetahui keragaman serta perkembangan batik yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Museum Batik Danar Hadi yang berada di Jalan Slamet Riyadi, No. 261, Solo, ini memamerkan koleksi batik-batik kuno mulai dari Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, Batik Sudagaran, Batik Indonesia, hingga Batik Cina. Lebih dari itu, di ruang workshop di museum ini kalian juga dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung sambil mencoba mempraktikkannya. Setelah selesai berkeliling, pada akhir kunjungan kalian juga dapat berbelanja berbagai cinderamata khas Solo dari Batik Danar Hadi. Cinderamata ini merupakan hasil karya yang diproduksi langsung melalui workshop museum.

3. Museum Geologi, Bandung

Museum Geologi, Bandung

Mau mendapatkan wawasan lebih mengenai Bumi yang sedang kita tinggali? Datang saja ke Museum Geologi yang terletak di Jalan Diponegoro, Bandung. Kalian dapat melihat banyak koleksi yang berhubungan dengan bumi seperti koleksi batuan serta koleksi benda-benda bersejarah seperti fosil manusia purba hingga fosil binatang yang hidup di masa lampau. Di ruang utamanya, yaitu Ruang Geologi, kalian juga dapat menemukan tulang-tulang makhluk purba seperti Dinnosaurus. Seru, ya? Lengkapnya koleksi yang ada serta nihilnya biaya masuk membuat museum ini ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota Bandung. Untuk berkunjung ke sini, perlu diingat bahwa setiap hari Jumat dan libur nasional museum ini tidak dibuka untuk umum.

4. Museum Bank Indonesia, Jakarta

bank indonesia museum

Museum Bank Indonesia yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat ini memiliki desain interior yang menarik. Ditambah dengan penggunaan teknologi yang sudah modern seperti adanya display elektronik, diorama, dan penggunaan televisi plasma pada ruang teaternya, membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan ingin berlama-lama di dalam museum ini. Tujuan utama didirikannya museum Bank Indonesia adalah agar masyarakat mengetahui benar mengenai peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa kita. Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh museum ini adalah sebuah booth dengan background uang pecahan Rp 10.000 lama, di mana pengunjung dapat berfoto dengan mengganti wajah R.A Kartini yang terdapat di pecahan uang tersebut dengan wajah mereka. Menarik, kan?

5. Museum PASIFIKA, Nusa Dua, Bali

Adventure in the World of Painting, Pasifika Museum, Bali, Indonesia

Sebagai Musem Seni terbesar se-Asia Pasifik, tak heran apabila koleksi seni yang dipamerkan di museum ini termasuk yang paling lengkap di dunia. Terdapat sekitar 600 karya seni dari 200 seniman yang berasal dari Indonesia, Malanesia Pasifik dan Polinesia, serta beberapa Negara lain di Asia. Buka setiap hari, dari pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB, museum ini berlokasi di BTDC Area Blok P, Nusa Dua, Bali. Dijamin kalian tidak akan bosan berkeliling karena semua karya maestro yang dipamerkan begitu indah!

(Visited 1,023 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top