Kuliner

Ini Dia Kuliner Legendaris Malang Yang Wajib Dicoba

Punya rencana liburan ke Malang akhir pekan ini? Kapanpun kamu merencanakan wisata ke Malang, satu hal yang harus kamu lakukan adalah jelajah kuliner legendaris Kota Apel itu. Pegipegi sudah merangkum tempat-tempat makan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Malang. Hmm….siap-siap lapar ya!

Warung Lama Haji Ridwan (sejak 1925)

Warung_Lama_Haji_Ridwan_1

Sebelum Indonesia merdeka, Warung Lama Haji Ridwan sudah dikenal masyarakat Malang berkat citarasanya yang lezat dan khas. Di sini, kamu bisa mencicipi aneka menu masakan Jawa kuno yang sudah dihadirkan sejak dulu dan masih memiliki rasa khas yang sama. Beberapa menu yang bisa kamu coba di restoran ini antara lain: daging dan ayam panggang bumbu rujak, krengsengan, sate komoh, sate usus sapi maupun nasi rawon. Warung Lama H. Ridwan sendiri berlokasi di Jalan Pasar Besar.

Soto Daging Rahayu (sejak 1928)

soto-daging-rahayu

Tidak jauh dari lokasi Warung Lama H. Ridwan, tepatnya di dalam pasar besar, seberang toko pecah belah Santosa, terdapat warung penjual soto daging milik Hj. Puji Astutik atau lebih dikenal dengan Tutik. Meskipun warungnya terlihat sederhana, tapi pamor tempat makan ini tidak kalah dari Warung Lama H. Ridwan yang legendaris. Soto daging Tutik memang memiliki citarasa yang khas. Sebagai penyedap, Tutik menggunakan koya dari kelapa dan bukannya dari kerupuk layaknya soto daging pada umumnya.

Toko Oen (sejak 1930)

obe

Terletak di dekat alun-alun kota Malang, Toko Oen adalah tempat makan yang sudah dikenal luas oleh wisatawan seluruh penjuru Indonesia. Menu andalan yang populer di Toko Oen adalah varian es krim home-made-nya, seperti halnya Ragusa di Jakarta. Rasa seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, Sparkling Delight atau es krim buah yang disajikan dengan kembang api menyala hingga Morkus dengan citarasa kopi, semua begitu menggoda untuk dicicipi. Bukan hanya es krim, di Toko Oen kamu juga wajib mencoba menu bistik lidah yang sudah melegenda.

Rumah Makan Cairo (sejak 1952)

rumah-makan-cairo

Dari namanya saja sudah jelas kalau rumah makan ini menyajikan menu khas Timur Tengah. Berada di Jl. Kapten Tendean 1, rumah makan ini populer berkat menu sate kambingnya. Tidak heran, banyak pelancong dari berbagai kota yang menyempatkan diri datang ke Rumah Makan Cairo. Sejak awal berdirinya, rumah makan ini menjadikan daging kambing sebagai bahan utama dari setiap menu yang disajikan. Irisan dagingnya pun lumayan besar lho. Wah, makin tergoda deh datang ke sana!

Bakso President (sejak 1977)

31

Meskipun usianya ‘lebih muda’ dibandingkan tempat-tempat makan legendaris lainnya, popularitas Bakso President tidak kalah lho! Berawal dari sang perintis, Abah Sugito yang mengawali usahanya sebaga penjual bakso pikul keliling, kini Bakso President menjadi salah satu tujuan wisata kuliner wajib para turis yang berkunjung ke Malang. Letaknya yang bersebelahan dengan rel kereta api membuat sensasi makan di tempat ini semakin seru. Harganya sendiri masih terbilang terjangkau, mulai dari Rp10.000 untuk bakso saja hingga Rp20.000 untuk campur spesial.

Rawon Brintik (sejak 1942)

2616534_20130714085649

Warung nasi rawon ini diambil dari istri sang perintis yang konon kabarnya memiliki rambut keriting (brintik). Terletak di Jl. K.H, Ahmad Dahlan 39 Malang, daging rawon di sini terasa sangat empuk di mulut. Penyajian hidangannya juga khas layaknya rawon di kota Malang, di mana rawon dan nasi dicampur dalam satu piring. Mau lebih nikmat? Tambahkan sambal dan kerupuk udang atau kerupuk belinjo yang sudah tersedia di masing-masing meja.

Pecel Kawi (sejak 1975)

Pecel Kawi 2

Nah, tempat makan ini juga bisa dikatakan salah satu ikon kuliner legendaris Malang. Berlokasi di Jalan Kawi Atas No. 43B/46, kualitas rasa khas Pecel Kawi sudah diwariskan secara turun-temurun. Bumbu pecelnya terasa sangat gurih dan dijamin membuat kamu ketagihan. Kalau kamu ingin mencoba sarapan dengan menu khas Malang, datang saja langsung ke Pecel Kawi yang buka setiap hari mulai pukul 05.30 sampai 21.00.

Duuh, baca soal tempat-tempat makan itu membuat perut terasa lapar ya, travelers? Kalau begitu, tunggu apa lagi, mulai rencanakan perjalanan ke Malang bersama Pegipegi yuk!

(Visited 6,000 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top