Berita

Ini dia kereta api paling cepat sejagat

Ketika Indonesia masih berkutat dengan penambahan armada angkutan kereta untuk lebaran dan liburan agar makin akomodatif, negara-negara di Eropa dan Asia sedang sibuk menciptakan alat transportasi kereta yang dapat meluncur secepat peluru ketika ditembakan. Diperlukan teknologi canggih dan sumber daya manusia luar biasa untuk dapat merealisasikan kenyataan tersebut. Dan sekarang, penumpang di negera-negara tersebut sudah dapat menikmatinya. Nah kali ini, Pegipegi mau ajak travelers semua untuk mengintip kereta api tercepat di dunia yang pernah tercatat sejarah.

 

1. Shanghai Maglev, Cina

Foto 1 Kereta Tercepat di Dunia

Shanghai Maglev masuk daftar teratas dalam kereta api tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum operasional mencapai 430 km/jam. Kereta cepat ini mulai beroperasi secara komersil pada bulan April 2004 dan berjalan di atas Shanghai Maglev Line sejauh 30,5 km dan menjadi magnetic levitation line yang memanjang dari Longyang Road Station Metro Line 2 dan berakhir di Shanghai Pudong International Airport. Armada yang dimiliki dan dioperasikan oleh Shanghai Maglev Transportation Development Co. ini dikonstruksi oleh joint venture Siemens dan ThyssenKrupp untuk memanjakan penumpang yang ingin bergerak cepat.

 

2. Harmony CRH 380A, Cina

Foto 2 Kereta Tercepat di Dunia

Harmony CRH 380A punya kecepatan operasional maksimum 380 km/jam dan sekarang ini menempati tempat kedua sebagai kereta tercepat di dunia. Electric Multiple Unit (EMU) mencatat kereta ini dapat menempuh 486 km/jam selama operasi ujicoba untuk menempuh jarak antarkota Shanghai – Hangzhou pada bulan Desember 2010. Armada ini mulai digunakan pada bulan Oktober 2010 yang menghubungkan Beijing – Shanghai dan memberi layanan harian antara rute Wuhan hingga Guangzhou. Kereta ini diciptakan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai universitas di Cina.

 

3. AGV Italo, Italia

Foto 3 Kereta Tercepat di Dunia

AGV Italo adalah kereta api pertama dalam seri AGV yang memiliki kecepatan maksimum operasional mencapai 360 km/jam. Kereta ini juga penah memecahkan rekor kecepatan hingga 574, 8 km per jam pada bulan April 2007. Dianggap sebagai kereta modern di Eropa, AGV Italo dibuat oleh Alstom dan kini melayani rute Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano. Kereta cepat ini sudah mengikuti standar TSI Eropa, meliputi keselamatan, ketepatan waktu, ketersediaan, kesehatan, proteksi lingkungan, dan teknik.

 

4. Siemens Velaro E/AVS 103, Spanyol

Foto 4 Kereta Tercepat di Dunia

Velaro E didesain sebagai AVE S 103 di Spanyol dan menjadi seri produksi kereta berkecepatan tinggi di dunia dengan kecepatan operasional mencapai 350 km/jam. Bahkan kereta ini pernah mencatatkan rekor 400 km/jam dalam tes ujicoba di Spanyol. Kereta yang dipesan oleh Spanish National Rainways Renfe yang dikirim pada bulan Juli 2005 dan mulai beroperasi pada bulan Juni 2007 melayani rute dari Barcelona – Madrid. Deutsche Bahn telah berhasil mengembangkan dan sukses mendesain unit-unit kereta hingga dapat beroperasi hingga kini.

 

5. Talgo 350 (T350), Spanyol

Foto 5 Kereta Tercepat di Dunia

Talgo 350, yang mulanya diberi nama RENFE AVE Class 10 memiliki kecepatan maksimum 365 km/jam selama masa uji coba. Kereta yang beroperasi dengan kecepatan maksimum 350 km/jam ini dikembangkan oleh Patentes Talgo (Tren Articulado Ligero Goicoechea Oriol) dan dihasilkan oleh Patentes Talgo yang berkolaborasi dengan Bombardier Transportation. Lebih populer dengan nama El Pato atau “The Duck” dalam bahasa Spanyol, kereta ini juga beroperasi untuk melayani rute Madrid – Zaragoza – Lleida dari line Madrid – Barcelona sejak tahun 2005. Sekarang ini ada lebih dari 46 seri yang beroperasi di negara ini.

 

Setelah tahu kereta-kereta tercepat di dunia, sekarang jadi mikir, kapan ya Indonesia punya armada transportasi secepat itu?

 

(Visited 1,768 times, 1 visits today)

Comments

To Top