Berita

Ini Dia Bahaya Jika Disinfektan Disemprotkan Kepada Tubuh Manusia

Wabah virus Corona yang melanda dunia menimbulkan kecemasan di masyarakat. Berbagai dicara pun dilakukan demi mencegah penularannya, termasuk dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Sayangnya, banyak yang salah kaprah tentang penggunaannya paling efektnya. Bahkan, sampai ada yang menyemprotkannya ke tubuh manusia sehingga menimbulkan efek samping yang luar biasa.

Padahal, cairan ini lebih berfungsi untuk membunuh kuman, bakteri atau virus yang menghinggap di permukaan benda. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sangat keras, seperti senyawa chlorin, hydrogen peroksida, dan creosote.

Bahkan, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) nggak merekomendasikan untuk penggunaan cairan disinfektan disemprotkan langsung ke tubuh manusia.

Nah, kira-kira apa saja sih bahaya yang didapatkan jika kamu menyemprotkan cairan disinfektan kepada tubuh manusia? Berikut faktanya.

Potensi Keracunan

Alih-alih berniat untuk membunuh virus, penyemprotan disinfektan secara langsung ke tubuh manusia justru menimbulkan bahaya kesehatan lain pada manusia seperti potensi menyebabkan keracunan dan gangguan sistem pencernaan. Hal ini dapat terjadi apabila cairan tidak sengaja tertelan.

Tubuh manusia sendiri nggak akan kuat menerima berbagai senyawa keras seperti chlorin, hydrogen peroksida, creosote, aldehid, quaternary ammonium compunds (quats), idiofor, dan alkohol.

Gangguan Pernafasan

Bahaya disinfektan yang kedua adalah disinyalir dapat menyebabkan gangguan pernapasan akibat senyawa yang ada di dalamnya apabila terhirup.

Tubuh manusia akan merespon hal tersebut apabila terjadi dalam jangka waktu yang pendek dengan mengeluarkan zat beracun tersebut melalui sistem metabolisme tubuh. Akan tetapi, jika tindakan tersebut terjadi dalam jangka panjang maka dapat menurunkan sistem pertahanan tubuh.

Hal ini tentunya dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada sistem pernapasan karena cairan disinfektan memiliki potensi tinggi terhirup secara nggak sengaja ketika disemprotkan secara langsung pada tubuh manusia.

Merusak Mata dan Kulit

Beberapa waktu lalu ada kabar mengenai seorang pria yang harus mengalami kebutaan akibat tersemprot cairan disinfektan. Ternyata, hal ini memang benar adanya.

Beberapa disinfektan kimia berpotensi untuk mengiritasi kulit dan mata Bahkan disinfektan yang korosif dapat menyebabkan kerusakan serius jika terkena kulit atau mata.

Tapi tenang, jika memang harus terpaksa menggunakan disinfektan, ada cara lain. Menurut beberapa penelitian, cairan disinfektan berbasis alkohol menyebabkan lebih sedikit iritasi kulit dibandingkan dengan penggunaan deterjen.

Nah, meski belum tahu kapan bisa ber-traveling ria kembali, sementara ini yang perlu kamu lakukan adalah selalu menjaga kesehatan, kebersihan, dan tetap #dirumahaja sampai semua kembali ‘normal’, ya. Tenang, #NantiKitaPegipegiLagi, kok! Jangan lupa pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah hanya di Pegipegi.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top