Kuliner

Ini Dia Aneka Sambal Lezat khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Makan itu kurang nikmat tanpa kehadiran sambal. Mau pedas atau manis, peran sambal cukup vital, apalagi buat sebagian besar orang Indonesia.

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau Indonesia punya banyak varian sambal lezat? Nggak cuma sambal uleg yang biasa ditemukan di rumah kamu, kok.

Bahan dasarnya pun juga berbeda. Nggak cuma menggunakan cabai merah dan hijau, deretan sambal ini juga mencampurkan bumbu-bumbu lain yang mungkin nggak terlintas di pikiran.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya tujuh jenis sambal lezat khas Indonesia yang wajib banget dicoba. Apalagi, kalau pas traveling. Simak di bawah ini, yuk!

Sambal Dabu Dabu

Dari berbagai jenis sambal yang beredar di Indonesia, nama dabu-dabu sering mencuri perhatian para pecinta kuliner. Cocok untuk teman santap ikan maupun ayam bakar, dabu-dabu punya ciri khas yang nggak bisa ditiru sambal lainnya. Hadir dengan irisan tomat dan bawang merah, cabai rawit yang terkandung dalam sambal ini khusus dipilih yang segar. Sensasi pedas makin diperkuat dengan jeruk nipis, yang membuat lidah makin meledak.

Sambal Korek

Kamu penggemar sajian Bebek Goreng H. Slamet? Pasti nggak asing dengan sambal koreknya. Selian punya bentuk yang sederhana dan juga berminyak, sambal korek punya level pedas yang bisa bikin lidah terbakar! Di sajikan pada piring kecil, sambal ini mengandung cabe rawit merah yang gendut, bawang putih, garam dan minyak goreng panas dan lebih enak lagi bila habis dibuat menggoreng bebek atau ayam.

Sambal Matah

Nggak cuma dikenal dengan keindahan alamnya, Pulau Dewata, Bali juga punya sajian sambal yang unik, matah. Dari penampakan, sepintas mirip sambal dabu dabu dari Manado. Tetapi, sambal matah menggunakan terasi, bawang putih, batang serai dan daun jeruk sebagai bahan utamanya. Selain itu, sambal matah nggak menggunakan tomat. Meski demikian, cita rasa segar yang ditawarkan nggak kalah dari dabu dabu. Apalagi, kalau kamu sajikan untuk menyantap ikan goreng.

Sambal Roa

Nah, varian sambal yang satu ini benar-benar spesial. Karena, sambal tersebut menggunakan ikan roa sebagai salah satu dari bahan utamanya, lho. Berasal dari Manado, sambal roa cocok banget dinikmati dengan bubur Manado, lho. Kolaborasi cabe merah, rawit, bawang merah dan putih sangat menyatu dengan daging ikan roa yang sudah dihaluskan.

Sambal Uleg

Nah, kalau varian sambal yang satu ini cukup umum ditemukaan di manapun kamu berada. Fungsinya pun beragam, sebagai pendamping makan besar atau juga cocolan camilan. Potongan cabai hijau, merah keriting, rawit dipadukan dengan bawang merah, bawang putih dan tomat bikin sambal yang satu ini berasa mewah. Jangan lupa, hadirnya terasi yang harum menjadi ciri khas sambal uleg.

Sambal Ijo

Penggemar masakan Padang pasti doyan banget sama sajian sambal ijonya. Dengan siraman minyak yang melimpah, kamu bisa menikmati cabe lado hijau yang guroh, cabe rawit yang pedas hingga potongan bawang merah di dalam sambal ijo. Nggak lupa, ada perasan jeruk nipis yang bikin sambal khas Minang ini makin segar. Makin cocok banget disajikan bersama masakan Padang apapun jenisnya.

Wah, lagi mau traveling? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top