Kuliner

Ini Dia Alasan Kenapa Petis Melekat di Berbagai Kuliner khas Surabaya

Jalan-jalan ke Surabaya nggak lengkap kalau belum berburu kulinernya. Soalnya, ada satu hal yang bikin menarik dari sajian tradisional khas kota Pahlawan, petis.

Mulai dari kelezatan rujak cingur hingga tahu tek khas Surabaya, semuanya nggak terlepas dari bumbu yang satu ini. Maklum, cita rasa gurih dan manis terasa menyatu dengan hidangan yang disajikan.

Petis sendiri merupakan sebuah bumbu masakan khas Indonesia yang terbuat dari olahan ikan atau udang. Dimasak hingga airnya habis, petis berperan layaknya sebagai pasta yang melumuri topping dari sebuah masakan.

Nggak cuma itu, petis juga kerap disajikan sebagai cocolan pengganti bumbu kacang atau sambal. Dengan proses pembuatan yang unik, banyak pecinta kuliner jatuh cinta sama bumbu yang satu ini karena warna dan rasa pekat yang ditawarkan.

Nah, warna hitam atau cokelat yang tampak pada penampilan petis ini berasal dari perpaduan garam dan karamel gula merah saat proses produksinya. Punya tekstur yang halus dan nggak berbentik, petis pun punya aroma yang segar dan cenderung nggak amis.

Jika ditilik sejarahnya, petis sendiri sudah menjadi bumbu tradisional yang berusia ratusan tahun. Karena bahan bakunya berasal dari udang atau ikan, kawasan pesisir utara Jawa pun dikenal sebagai tempat yang ideal untuk memproduksi petis lezat.

Bahkan, jenis petis terbaik di Pulau Jawa bisa ditemukan di kota Sidoarjo yang berdekatan dengan Surabaya. Sehingga, nggak heran kalau sebaran petis bisa banget ditemukan pada kuliner khas Surabaya, lho.

Selain Surabaya, kota-kota besar di pesisir Pantai Utara Jawa lainnya seperti Cirebon atau Semarang juga menggunakan petis sebagai bumbu masak mereka. Salah satu kuliner petis yang wajib kamu coba adalah tahu gimbal khas Semarang.

Pengin main ke Surabaya? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Surabaya  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top