Destinasi

Ini Dia 7 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Liburan tidak selalu identik dengan pergi ke gunung, pantai, luar kota, atau luar negeri. Sekadar membaca buku pun bisa travelers lakukan sembari bersantai. Di perpustakaan, misalnya. Selain bisa menikmati suasana yang tenang, travelers juga bisa mencari sumber pengetahuan dari koran, literatur, peta, hak cipta, dan masih banyak lagi.

Nah, PegiPegi mau share sejumlah perpustakaan ternama di dunia, yang dikenal dengan koleksinya yang lengkap, interior dan eksterior menawan, serta tentunya ukuran yang besar. Berikut 7 perpustakaan terbesar di dunia:

  1. New York Public Library

_newyorklibrary

Terletak di jantung Amerika Serikat (AS), New York, perpustakaan ini dibangun pada 1895. Bangunan arsitekturnya boleh saja bergaya tempo dulu, namun terlihat sangat modern di dalamnya. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 11 juta buku. Tak hanya itu, New York Public Library juga memiliki sekitar 53,1 juta koleksi yang terbagi menjadi 87 cabang.

Di sini, kalian bisa meminjam buku yang diinginkan, tapi ada beberapa cabang riset yang tidak diperbolehkan. Perpustakaan umum yang dikelola secara pribadi ini juga sering menjadi tempat syuting film Hollywood ternama, antara lain The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

  1. Library of Congress Amerika Serikat

_libraryofcongress

Perpustakaan yang terletak di Washington DC, AS ini diperkirakan mempunyai koleksi buku mencapai 151,8 juta dan menjadi perpustakaan nasional di Amerika. Kendati terbuka untuk umum, hanya pejabat tinggi saja yang bisa meminjam buku di perpustakaan ini. Perpustakaan ini bahkan pernah masuk ke dalam catatan Guinness Book of Record karena banyaknya ruang rak yang tersedia.

  1. British Library

_britishlibrary

Berlokasi di London, Inggris, perpustakaan ini diklaim menjadi yang terbesar di dunia. Koleksi perpustakaan nasional United Kingdom (UK) ini berisikan lebih dari 170 juta buah. Uniknya, setiap tahun koleksi di perpustakaan ini diprediksi terus bertambah sebanyak 3 juta buah.

  1. National Library of China

_nationallibrarychina

Salah satu perpustakaan terbesar yang ada di Asia dan terletak di Beijing, China. Tidak hanya berisikan koleksi literatur China mulai dari teks hingga tulisan kuno, perpustakaan ini juga mempunyai koleksi terbesar buku berbahasa asing, yakni lebih dari 115 bahasa.

  1. Bibliotheque Nationale de France

_bibliofrance

Awalnya adalah perpustakaan milik kerajaan. Didirikan pada 1461, Bibliotheque Nationale de France akhirnya diresmikan menjadi perpustakaan nasional Prancis pada 1972. Perpustakaan ini berisikan seluruh publikasi di Paris termasuk koleksi buku dan jurnal dengan 31 Juta aset perpustakaan lainnya. Pengunjung yang datang ke tempat ini diperkirakan sekitar 1,3 juta pengunjung tiap tahunnya.

  1. National Diet Library Jepang

_dietlibraryjapan

Merupakan satu-satunya perpustakaan nasional di Jepang. Dibangun pada 1948, perpustakaan ini mempunyai dua cabang yakni di Tokyo dan Kyoto serta 27 cabang lain di Jepang. Perpustakaan ini berisi banyak sekali dokumen resmi terkait Perang Dunia dan juga literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan Kerajaannya. Satu juga pengunjung setiap tahunnya menyambangi tempat ini karena mempunyai koleksi yang mencapai 35,6 juta buah.

  1. National Library of Russia

_nationallibraryrussia

Perpustakaan Nasional Rusia ini merupakan perpustakaan tertua di Rusia. Terbuka untuk umum, para pengunjung dapat tenggelam dengan membaca berbagai literatur berkualitas secara gratis yang berisikan sejarah, warisan nasional, riset, sampai kebudayaan Rusia. Dibangun pada 1795, perpustakaan ini mengupas habis sejarah Rusia dengan koleksi sebanyak 36,5 juta buah sebagai sarana pengetahuannya.

(Visited 690 times, 1 visits today)

Comments

To Top