Rekomendasi

Ini dia 6 penginapan Eco Friendly di Indonesia

misool eco resort

Travelers, pernah dengar tentang penginapan eco-friendly? Atau bahkan kamu pernah menginap di salah satu hotel yang memiliki label eco-friendly? Lalu apa sih maksudnya?

Penginapan eco-friendly atau kerap disebut sebagai eco-hotel ini adalah hotel atau akomodasi yang dibangun dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, atau bahkan dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan dengan gaya dan struktur bangunannya. Biasanya, penginapan semacam ini berlokasi di area yang masih alami, seperti di hutan atau pantai, dan rancang bangunnya terinspirasi dari metode-metode pembangunan tradisional yang dipraktekkan oleh para pengrajin lokal.

Menarik bukan? Lebih menarik lagi, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki penginapan eco-friendly lho! Penasaran? Intip cerita dari Pegipegi yuk!

The Lovina Dolphin Ecolodge, Bali

lovina dolphin

Penginapan eco-friendly ini beroperasi dengan memperhatikan standar-standar lingkungan yang tinggi, dan telah menerima sertifikasi Green Globe yang menunjukkan bahwa operasional dan karakteristik bangunannya tidak menimbulkan dampak merusak terhadap lingkungan. Lovina Dolphin Ecolodge juga menjadi sarana bagi kamu yang ingin menyelami habitat lumba-lumba di pantai utara Bali. Terletak di sebuah lembah di Lovina, penginapan yang tenang dan asri ini memiliki pemandangan pepohonan dengan lautan biru yang menghiasi latar belakangnya. Hanya dalam beberapa menit, kamu bisa mengunjungi kawanan lumba-lumba yang berenang dengan riangnya di lepas pantai Lovina.

Misool Eco Resort, Raja Ampat

misool eco resort

Berlokasi di pulau pribadi di Raja Ampat, yakni Pulau Batbitim, Misool Eco Resort merupakan kumpulan dari 9 cottage mewah yang berdiri menghadap laguna dengan air biru kehijauan yang jernih, dan pasir putih halus sebagai tempat berpijaknya. Lebih hebatnya lagi, Misool dibangun atas konsep eco-friendly dan mendukung berbagai inisiatif konservasi dan memberikan kesempatan kerja yang besar kepada warga lokal. Laut dan alam di sekitar Pulau Batbitim yang memiliki taman laut menakjubkan khas Raja Ampat menambah daya tarik Misool Eco Resort di mata wisatawan dalam dan luar negeri. Pantai dengan susunan bebatuan yang eksotis, perairan jernih dan hutan hijau yang cantik dapat kamu nikmati.

Rimba Orangutan Ecolodge, Kalimantan

rimba orangutan

Penginapan eco-friendly yang satu ini terletak di pusat konservasi Orangutan, dimana kamu bisa menyaksikan kehidupan primata tersebut di alam liar. Terletak di atas Sungai Sekonyer, di salah satu sudut Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan, Rimba Orangutan Ecolodge menjadi tempat yang tepat untuk menikmati suasana hutan hujan yang eksotis, dengan habitat Orangutan, primata, dan jenis burung yang beraneka ragam. Dari penginapan, kamu bisa menjelajahi sungai menggunakan perahu kayu bernama klotok, menuju tempat-tempat pemberian makan, untuk memberi makan satwa liar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati night safari untuk mengamati kehidupan tarsier, jamur yang bersinar, kunang-kunang, bahkan burung hantu. Penginapan ini juga telah mengantongi sertifikat Green Globe.

Papua Paradise Eco Resort, Raja Ampat

papua paradise eco

Papua Paradise Eco Resort terdapat di Pulau Birie, Raja Ampat. Arsitektur resort ini terinspirasi oleh bungalow yang dibangun di atas air, menggunakan material tradisional Raja Ampat. Setiap bungalow memiliki beranda kayu, sehingga kamu bisa langsung menikmati pemandangan terumbu karang cantik dibawah jernihnya air. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pemandangan Laut Pasifik di kejauhan. Desain dan struktur bangunan tradisional memastikan keramahan Papua Paradise terhadap lingkungan; operasionalnya-pun diperhatikan sedemikian rupa sehingga ramah lingkungan. Semua bungalow dilengkapi dengan minibar, deposit box, kelambu dan meja yang menghadap ke lautan.

Bajo Komodo Ecolodge, Flores

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penginapan ini terletak di pantai dekat Labuan Bajo, di Kepulauan Flores. Pemandangan Pulau Komodo dari lantai atas restoran di Bajo Komodo Ecolodge begitu mengagumkan, apalagi pada saat matahari terbenam. Dari penginapan ini, kamu bisa memulai perjalanan menjelajahi titik-titik snorkeling dan diving terbaik di dunia. Penginapan ini juga sudahmemiliki sertifikat Green Globe lho!

Saribuana Eco Lodge, Bali

saribuana eco lodge

Penginapan eco-friendly ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin bersantai dan menghilangkan penat akibat kesibukan sehari-hari. Terletak di tengah alam nan asri, Saribuana Eco Lodge dibangun dengan menggunakan material yang ramah lingkungan. Selain itu, peralatan dan bahan-bahan yang digunakan untuk memfasilitasi pengunjung, seperti perawatan spa, seprai, bantal, dan sebagainya menggunakan bahan yang natural dan organik, seperti serat bambu dan microfiber. Penginapan ini sendiri terletak di ketinggian 700 meter di lembah Gunung Batukaru; sebuah tempat yang tepat untuk kamu yang mencintai alam.

Selain yang Pegipegi sebutkan di atas, masih banyak penginapan eco-friendly lain yang bisa jadi pilihan kamu ketika pergi berkeliling Indonesia. Selamat berburu ya!

 

Butuh info tentang hotel-hotel lain di seluruh Indonesia? Pegipegi punya banyak promo menarik untuk kamu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 724 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top