Tips

Ini Dia 5 Tips Memilih Santap Sahur yang Benar

Buat umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan, sahur menjadi awal dari segalanya. Sebelum matahari terbit, kamu dianjurkan untuk makan pagi sebelum menempuh puasa 12 jam lamanya.

Sayangnya, banyak yang salah kaprah soal pemilihan menu untuk sahur. Beberapa orang berpikir dengan mengonsumsi banyak makanan saat sahur, kamu akan tahan lapar hingga adzan Magrib berkumandang.

Padahal, untuk mengarungi puasa seharian, tubuh kamu nggak cuma membutuhkan satu gizi, misalnya karbohidrat saja. Kandungan mineral hingga protein juga dibutuhkan tubuh yang harus berjuang menahan haus dan lapar.

Nah, biar puasa kamu lancar, Pegipegi punya beberapa tips memilih makanan yang harus kamu konsumsi saat sahur. Simak ya!

Sumber Energi Karbohidrat

Foto: Quora

Sebagai sumber energi bagi tubuh, karbohidrat sangat dibutuhkan buat kamu menjalani puasa. Dalam artian, ialah menjaga kamu tetap memiliki energi untuk beraktivitas seharian.

Anyway, karbohidrat itu nggak selalu datang dari nasi, kok. Buat kamu yang sedang melakukan diet atau mengidap penyakit diabetes, kamu bisa mengonsumsi nasi merah, roti gandum hingga sereal sebagai sumber karbohidrat yang kaya akan serat.

Pentingnya Protein

Foto: nibblemethis

Nah, jika di dalam piring kamu sudah ada sumber karbohidrat, saatnya cari temannya, protein. Namanya juga teman, protein berfungsi sebagai cadangan energi jika unsur karbohidrat kamu habis sebelum bedug Maghrib.

Kamu bisa menemukan sumber protein di daging ayam, sapi, telur, ikan, hingga kacang-kacangan. Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi lemak karena justru kombinasi lemak dan protein akan membuat kamu mengalami dehidrasi berat.

Kombinasi Sayur dan Buah

Foto: boyslife

Dalam aturannya, manusia membutuhkan delapan gelas sehari untuk memenuhi asupan mineral. Nah, dalam kondisi puasa, kamu nggak mungkin minum delapan gelas saat sahur sekaligus. Guna mencadangkan mineral, kamu bisa mengonsumsi banyak sayur dan buah yang memiliki serat halus dan mengeyangkan. Jadi, selain nggak mudah haus, kamu juga nggak mudah lapar.

Say No to Pedas, Santan dan Gorengan

Foto: pleasenotepaper

Sebenarnya, ketiga hal tersebut jadi godaan terbesar. Nggak cuma saat sahur, tapi saat puasa dan buka. Nah, karena ketiganya sulit dicerna, memicu radang tenggorokan dan bisa menimbulkan asam yang berlebih ke lambung, lebih baik kamu menghidari makanan yang terlalu pedas, mengandung banyak santan serta minyak. Agar, puasa kamu selama sebulan nggak terganggu, deh!

Kurangi Makanan Instan

Foto: teacher-chef

Secara fungsi, makanan instan seperti mie, chicken nugget dan sosis jadi penyelamat jika kamu nggak sempat masak saat sahur. Tapi, kamu tahu nggak, makanan instan memiliki sifat mengenyangkan sementara waktu saja. Jadi, nggak cocok buat kamu konsumsi saat sahur. Selain itu, bahan pengawet yang terkandung juga membuat tubuh kamu makin nggak sehat.

Foto utama: nytimes

Sambil santap sahur, yuk berburu tiket mudik. Bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 147 times, 1 visits today)

Comments

To Top