Kuliner

Ini dia 5 Jajanan Tradisional Terlezat punya Indonesia!

Hampir semua orang setuju kalau Indonesia memiliki ragam kuliner yang kaya. Bukan hanya makanan utama, tapi jajanan dan kue tradisional khas Indonesia juga bisa membuat kita ketagihan. Nah, kali ini pegipegi akan mengajakmu untuk mengintip 5 jajanan tradisional terfavorit di Indonesia. Simak yuk!

1. Kue Cubit

Kue Cubit

Siapa sih yang dapat melupakan kenikmatan dari kue dengan bentuk yang imut ini? Kue berbahan tepung dan telur ini di masak dalam cetakan dengan bentuk yang lucu, seperti bunga dan ikan. Ukurannya yang kecil-kecil dengan taburan meises di atasnya memang paling pas untuk dijadikan camilan. Sayangnya, kini kue cubit sudah sedikit susah untuk ditemui, padahal masih banyak lho yang menggemari jajanan ini. Biasanya kalian dapat menemukan penjual kue cubit di pinggir jalan atau di pameran makanan tradisional. Harganyapun sangat ramah di kantong, mulai dari Rp 5.000 – Rp 10.000 saja. Untuk kamu yang belum pernah mencoba kue cubit setengah matang, coba deh! Dijamin kamu akan ketagihan 🙂

2. Putu Mayang

Putu Mayang

Berwarna-warni cerah dengan bentuk bulat keriting yang unik, Putu Mayang ini bisa dibilang sebagai salah satu jajanan tradisional nusantara yang paling indah. Meskipun berwarna-warni cerah, kamu tidak perlu khawatir, karena pewarna yang digunakan untuk membuat putu mayang ini berasal dari bahan pewarna alami. Terbuat dari ubi merah, putu mayang ini biasanya dinikmati dengan saus santan yang gurih seperti serabi bandung. Rasa manis dan gurih serta teksturnya yang lembut dan kenyal sangatlah cocok apabila dinikmati dengan segelas teh hangat.

3. Klepon

klepon

Ceeeessssss….! Begitulah kenikmatan yang akan kamu rasakan ketika menggigit jajanan nusantara yang satu ini. Sensasi rasa manis dari gula jawa cair yang terpancar ke seluruh mulut akan memberikan kenikmatan tersendiri yang luar biasa. Berbentuk bulat, berwarna hijau ataupun merah muda dan terbuat dari tepung beras, biasanya klepon ini di sajikan di atas daun pisang bersama dengan parutan kelapa. Kamu masih bisa menemukan jajanan nusantara ini di berbagai pasar tradisional dengan harga yang dijamin murah!

4. Getuk

Getuk

Getuk! Ya, jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong ini sangat digemari, khusunya di daerah Jawa. Bahkan di Jawa sendiri, terdapat lebih dari 15 macam getuk yang semuanya memiliki bentuk, rasa, dan warna berbeda. Memang di daerah kota besar seperti Jakarta, Getuk sudah sangat susah untuk ditemui. Maka dari itu tak sedikit yang menjadikan Getuk sebagai oleh-oleh khas dari daerah Jawa. Getuk dengan tekstur yang kenyal dan warna yang beragam inibiasanya disajikan bersama dengan parutan kelapa ataupun lelehan gula jawa. Wah, rasanya dijamin maknyuss!

5. Bika Ambon

Bika Ambon

Nah, jajanan nusantara yang tak kalah lezat lainnya adalah Bika Ambon! Kue basah yang berasal dari Medan ini memang memliki kelezatan yang tiada duanya. Teksturnya yang lembut dan kenyal, serta kombinasi rasa yang khas, mulai dari manis hingga gurih, menjadikan kue ini oleh-oleh favorit dari Medan. Meskipun berasal dari Medan, Bika Ambon kini sudah dapat diemukan hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Untuk menambah kenikmatan dari kue ini, biasanya bika ambon disantap bersama dengan segelas teh ataupun kopi.

Lagi cari tiket pesawat ke Medan? Langsung cek aja di Pegipegi!

 

 

(Visited 2,172 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top