Tips

Ini Dia 5 Bahayanya Berkendara Dengan Muatan Lebih!

Liburan dengan berkendara adalah hal yang mengasyikan. Selain lebih santai, kamu dapat mengajak keluarga dengan biaya yang lebih hemat.

Mau jalan kapan saja, aman. Mau mampir kemana saja, lebih aman!

Semakin besar mobil yang kamu miliki, semakin banyak anggota keluarga yang dapat kamu ajak. Demikian pula dengan barang bawaan selama liburan.

Tapi, kamu harus tahu, berkendara dengan muatan banyak justru sangat berbahaya? Nah, sebagai referensi kamu liburan, berikut lima alasan kenapa berkendara dengan muatan lebih itu berbahaya. Simak, ya!

1. Rem Makin Kerja Keras

Secanggih apapun mobilnya, mau Ferrari atau Datsun, rem akan bekerja lebih keras ketika muatannya sudah berlebih. Rem mobil cenderung bekerja lebih efisien pada mobil yang bermuatan ringan. Jika muatannya berlebih, mobil akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengerem. Semakin lama rem bekerja, semakin panas kampasnya menghimpit cakram. Resikonya, rem bisa terbakar.

2. Akselerasi Lambat

Membawa muatan harus menyesuaikan dengan kapasitas mesin yang dimiliki mobil. Kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin 1.000-1.200 cc dapat berakselerasi lancar dengan membawa kurang dari lima orang. Intinya, semakin banyak muatan yang dibawa, semakin lambat akselerasinya. Sehingga, bahan bakar yang terbuang jauh lebih banyak.

3. Memperpendek Usia Suspensi dan Ban

Kedua komponen ini sama vitalnya dengan rem. Yang pertama soal suspensi. Tugasnya menopang bodi kendaraan. Nah, semakin berat muatan yang dibawa, semakin berat pula kerja suspensi yang bergerak naik-turun.

Jika suspensi sudah kesulitan menahan beban, ban adalah korban selanjutnya. Beban berat akan menahan ban untuk bekerja maksimal. Terutama saat belok, di mana ban bakal mencari grip sehingga membuatnya cepat aus.

4. Sulit Dikendalikan

Kendaraan dengan muatan lebih sudah pasti sulit dikontrol. Mulai dari sistem transmisi hingga pengendalian kendaraan pada stir. Ketika melakukan manuver, muatan yang berlebih akan membuat body-roll bekerja berat. Sehingga, mobil akan sulit melakukan gerakan mendadak, seperti belok maupun menyalip mobil yang ada di depan. Hal ini berlaku juga pada sistem transmisi saat menghadapi jalan yang menanjak.

5. Mesin Cepat Panas

Semakin lama akselerasi yang dihasilkan, semakin keras juga mesin utama bekerja. Jika demikian, suhu udara dalam mesin pun akan meningkat drastis, membatasi sirkulasi udara di dalam kap. Nggak heran, mobil dengan muatan berlebih cenderung memiliki resiko overheating yang lebih besar.

Mau berselancar? Sekalian liburan, yuk! Biar mudah, kamu bisa pesan tiket pesawathotel, dan tiket kereta apinya lewat Pegipegi. Selamat liburan.

cari tiket pesawat cari hotel murahcari tiket kereta api

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top